Bukan rahasia lagi jika Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan secara luas di berbagai belahan dunia. Selain mudah dipelajari, Bahasa Inggris memiliki jumlah kosa kata yang terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Penambahan jumlah kata per tahun dalam bahasa ini bahkan mencapai 8.500 kata.

Bahasa Inggris
Sumber : ESQ Course

 

Bagi mahasiswa, bahasa Inggris tidak hanya jadi sarana untuk berkomunikasi secara global. Banyaknya materi perkuliahan yang menggunakan Bahasa Inggris akan membuka lebih banyak lagi sumber pengetahuan. Ada beberapa alasan kenapa sebaiknya kamu menguasai Bahasa Inggris. Apa saja?

Mendapatkan Kesempatan Lebih Besar untuk Posisi Karier yang Bagus

Saat ini tidak hanya perusahaan global, perusahaan dalam negeri bahkan banyak yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai syarat rekrutmen. Ini menunjukkan bahwa bahasa ini memiliki peran yang sangat penting dalam dunia kerja. Semakin mahir kamu dalam berbahasa Inggris, semakin besar kesempatan bagi kamu untuk memperoleh posisi karier yang bagus.

Memungkinkanmu Membaca Literatur dari Berbagai Belahan Dunia

Dunia kita ini sangat kaya dengan berbagai bahan bacaan yang ditulis dengan beragam bahasa. Agar mudah dimengerti, tak terhitung banyaknya buku bahasa asing yang kemudian dialihbahasakan ke bahasa Inggris. Ini tentu akan semakin memudahkan siapa pun termasuk kamu untuk mengaksesnya.

Memperluas Kesempatan Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang yang Lebih Tinggi

Kalau kamu merasa pendidikan di Indonesia belum cukup, melanjutkan sekolah atau kuliah yang lebih tinggi di luar negeri adalah pilihan yang bagus. Meski ada banyak negara tujuan, namun rata-rata mereka mengharuskan mahasiswanya untuk bisa berbahasa Inggris. Sebelum mempelajari bahasa setempat, kemampuan bahasa Inggris akan sangat menolongmu saat berkomunikasi dengan penduduk setempat maupun dengan rekan-rekan sesama mahasiswa pendatang.

Lebih Mudah Berkeliling Dunia

Banyak orang yang memiliki impian untuk menjelajahi dunia untuk liburan maupun untuk menambah pengalaman. Namun tidak sedikit orang yang pada akhirnya mengalami kesulitan karena kemampuan berbahasa Inggris yang masih rendah. Selain menyulitkan, ketidakmampuan berbahasa Inggris akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri saat berada di luar negeri.

Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris, kamu bisa merencanakan kunjungan ke negara mana saja yang kamu mau. Tentu saja tanpa harus merasa kesulitan apa lagi merasa tidak percaya diri.

Memudahkan dalam Memahami Teknologi

Saat ini banyak teknologi baru baik gawai maupun perangkat lunak dibuat dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Begitu juga dengan buku petunjuk penggunaan yang juga ditulis dengan menggunakan bahasa yang sama. Bayangkan betapa sulitnya kamu harus menggunakan gawai karena di dalamnya tidak tersedia pengaturan maupun petunjuk dalam Bahasa Indonesia. 

Kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki akan memudahkan dalam memahami teknologi. Semakin mudah kita memahami teknologi, semakin maju pula pemikiran kita.

Bahasa Inggris Merupakan Bahasa Ekonomi

Saat ini perekonomian global kita dipegang oleh dua negara utama yakni Amerika Serikat dan Cina. Kedua negara tersebut menjadi bagian yang sangat menentukan ekonomi dunia. Tak heran jika bahasa yang dikgunakan oleh kedua negara juga semakin banyak dipelajari.

Amerika Serikat sebagai negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar juga menjadi kiblat bagi banyak hal, termasuk pendidikan. Jika kamu bercita-cita ingin berkarier secara global ke Amerika Serikat atau melanjutkan pendidikan ke negara tersebut, maka Bahasa Inggris harus kamu kuasai dengan baik.

BINUS UNIVERSITY sebagai salah satu kampus yang memiliki pandangan global, tidak hanya menyediakan jurusan Sastra Inggris atau English Literature bagi yang ingin menguasai Bahasa Inggris dan seluk beluk literatur, serta kebutuhannya di Era Digital. Kamu juga bisa menemukan HIMSI (Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris). Di dalamnya ada 5 divisi yakni Public Relations, Human Resources, Creative, Education hingga Student Development. Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat 3 klub yaitu jurnalisme, drama dan klub film. Semua anggota HIMSI bisa bergabung di dalamnya.