BINUS UNIVERSITY

    Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang dan Manfaatnya

    Tahukah kamu bahwa bahasa Jepang tercatat sebagai salah satu bahasa tersulit di dunia? Hal ini tak lepas dari tiga karakter yang dimiliki bahasa Jepang, yakni Kanji, Hiragana, dan Katakana. Berbeda dengan bahasa yang menggunakan alfabet sebagai pelafalan, bahasa Jepang memiliki pelafalan berbeda sehingga diperlukan latihan dasar agar fasih membaca dan berbicara. Meskipun demikian, kesulitan tersebut justru membuat orang tertarik dan merasa tertantang untuk mempelajari bahasa Jepang.

    Bahasa Jepang
    Sumber : Viva

     

    Mengapa Harus Belajar Bahasa Jepang? 

    Serupa dengan bahasa lain, belajar bahasa Jepang akan menambah pengetahuan dan membuka wawasan mengenai budaya Negeri Sakura. Apabila kamu bisa berbahasa Jepang dengan baik, kamu tak akan kesulitan berkomunikasi ketika bertemu orang Jepang secara langsung. Misalnya, ketika menghabiskan waktu liburan di Jepang, kamu tidak akan salah memahami papan informasi atau petunjuk, membaca label makanan, dan lebih mudah berbaur dengan warga lokal.

    Sebagaimana diketahui, Jepang merupakan salah satu negara tujuan favorit mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Banyak universitas skala internasional yang menjadi incaran, seperti University of Tokyo, Kyoto University, dan Tokyo Institute of Technology. Berbekal pengetahuan bahasa Jepang yang baik, kamu bisa memperluas akses untuk mendapatkan beasiswa pendidikan ke Jepang. Mulai dari MEXT, JASSO, beasiswa Pemerintah Daerah, hingga beasiswa Yayasan Swasta. 

    Di Indonesia, banyak perusahaan Jepang yang membuka kesempatan untuk berkarier di berbagai industri, utamanya di bidang teknologi dan otomotif. Tanpa memahami bahasa Jepang, akan sulit bagi kamu untuk bersaing dengan kandidat lain. Lain halnya jika kamu menguasai bahasa Jepang, kamu bisa mendapatkan peluang lebih tinggi meraih karier hebat dan gaji tinggi. 

    Begini Cara Mudah Mempelajari Bahasa Jepang

    Sebelum mengetahui bagaimana cara mempelajari bahasa Jepang dengan mudah, pastikan untuk fokus pada tujuan yang ingin kamu capai. Kamu juga harus memiliki niat dan motivasi kuat. Berbekal hal ini, kamu tidak akan menyerah dan terus belajar sekalipun mengalami banyak kesulitan dan hambatan. Lantas, bagaimana cara mudah belajar bahasa Jepang? Berikut uraiannya. 

    • Pelajari Huruf

    Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempelajari hurufnya lebih dulu. Disarankan untuk belajar huruf Hiragana atau Katakana yang lebih mudah dibandingkan Kanji. Mulailah dari menulis huruf berulang kali sesuai urutan penulisan. Kamu bisa membeli buku dasar-dasar bahasa Jepang atau menggunakan aplikasi belajar bahasa Jepang untuk pemula.

    • Membaca Teks Berbahasa Jepang

    Perbanyak kosakata dengan membaca buku atau teks berbahasa Jepang. Selain menambah pengetahuan, cara ini akan memudahkan kamu memahami susunan kalimat bahasa Jepang. Membaca teks berbahasa Jepang juga membantu kamu menyempurnakan teknik membaca dengan cepat dan tepat.  

    • Mendengar Audio Berbahasa Jepang 

    Kamu juga bisa mendengar musik, menonton anime, film, atau dorama untuk menambah kosakata sekaligus membiasakan diri mendengar bagaimana penutur asli berbicara bahasa Jepang di kehidupan sehari-hari. Perpaduan antara teks dan audio akan mempercepat proses pembelajaran kamu dalam memahami pelafalan, tata bahasa, dan kosakata bahasa Jepang. 

    • Mencari Teman Pena

    Jika kamu ingin menambah teman sembari belajar bahasa negara lain, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi PenPal. Aplikasi ini biasa digunakan untuk mencari teman pena di seluruh dunia, termasuk Jepang. Berbekal aplikasi ini, kamu bisa melatih kemampuan berbahasa asing dengan penutur asli maupun orang yang fasih berbahasa Jepang. 

    • Mengikuti Himpunan Mahasiswa

    Cara selanjutnya yang dapat kamu coba adalah mengikuti Himpunan Mahasiswa. Apabila kamu seorang BINUSIAN, kamu bisa mengikuti Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMJA) BINUS UNIVERSITY. Wadah formal kemahasiswaan yang didirikan pada 10 Oktober 2002 ini merupakan tempat menampung aspirasi BINUSIAN dan membantu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan kampus. 

    Berasaskan Pancasila dan etika Jepang, HIMJA juga akan membantu BINUSIAN mengembangkan kemampuan berbahasa Jepang. Bermotokan “Kazoku no you ni, mitai he muko” (menuju masa depan sebagai keluarga), kamu akan dibimbing dengan baik sehingga mampu bersaing di dunia kerja setelah lulus dari BINUS UNIVERSITY.

    Demikianlah informasi singkat mengenai manfaat mempelajari bahasa Jepang yang perlu kamu ketahui. Terapkan cara di atas agar kamu lebih cepat menguasai bahasa Jepang.