Hidup di era digital mau tidak mau menuntut kita untuk lebih kreatif dalam mengasah skill. Jika sebelumnya beberapa keterampilan di pandang sebelah mata, di era digital ini kita akan memiliki banyak kesempatan karena hampir semua bidang membutuhkan kemampuan kita untuk dikombinasikan dengan teknologi.

Salah satu keterampilan yang kerap bersinergi dengan teknologi dan cukup menarik adalah Desain Komunikasi Visual atau kita kenal dengan DKV. Bagaimana tidak? Saat ini hampir setiap startup yang baru berkembang pasti membutuhkan seseorang dengan kemampuan mumpuni di bidang DKV untuk memajukan perusahaan mereka. 

Inilah mengapa melalui School of Design-nya BINUS UNIVERSITY menawarkan program pembelajaran desain berbasis teknologi untuk mahasiswa yang ingin menjadi manusia berdikari sekaligus kreatif di era digital.

BINUS School of Design

BINUS School of Design
Sumber : Archdaily

 

Lingkup School of Design BINUS tidak hanya tentang DKV saja. Kampus ini juga menawarkan beberapa program studi untuk Program Sarjana S1 (undergraduate program), yaitu:

1. Desain Interior

Pada Desain Interior, mahasiswa tidak hanya belajar segala hal terkait konstruksi ataupun interior, tetapi juga keterampilan mereka dalam mewujudkan sebuah ide memanfaatkan software komputer. Inilah mengapa, dalam Desain Interior ada beberapa hal yang bisa dipelajari mahasiswa.

Dalam mengasah skill Drafting and Detail Construction, Computer 2D Drawing, Computer 3D Drawing for Interior, Interior Drawing, dan Interior Forecasting, mahasiswa akan dibimbing oleh dosen dan pengajar profesional dengan kemampuan mumpuni di bidang digital sekaligus desain.

2. Desain Komunikasi Visual

Program unggulan di BINUS School of Design ini menawarkan beberapa pembelajaran menarik memanfaatkan beberapa software dan teknologi. Di DKV, mahasiswa tidak hanya diajari untuk membuat desain tetapi juga menciptakan hasil karya untuk dipublikasikan secara umum.

Setidaknya ada beberapa hal yang akan dipelajari mahasiswa di Desain Komunikasi Visual, di antaranya, Animasi, New Media, Creative Advertising, dan beberapa program pembelajaran lainnya. Inilah mengapa jurusan DKV cukup populer, tidak hanya di BINUS UNIVERSITY saja tetapi kampus lainnya.

3. Film

Jurusan Perfilman di Indonesia termasuk langka, BINUS UNIVERSITY termasuk salah satu universitas yang menyelenggarakannya dan mengombinasikan dengan teknologi agar mahasiswa bisa survive di era digital. Sebagaimana jurusan lain di School of Design, BINUS juga menawarkan beberapa program pembelajaran seru di film.

Beberapa di antaranya adalah, Cinema and Social Studies, Hollywood and Genre Studies, Scriptwriting, Production Workshop I dan II, serta Narrative Directing. Didukung ruang kelas, sarana prasarana serta tim pengajar memadai, BINUS berharap lulusan jurusan ini bisa berkontribusi besar terhadap perfilman Indonesia.

Peluang Karier dan Enterpreneur

BINUS termasuk salah satu universitas yang menyiapkan setiap mahasiswanya untuk bisa memiliki karier atau menjadi pengusaha begitu mereka lulus. Inilah mengapa selama belajar di BINUS UNIVERSITY, mahasiswa akan mengikuti beberapa program untuk mengasah skill mereka.

Sesekali mahasiswa juga mengadakan showcase untuk menampilkan karya dan melihat apakah karya tersebut cukup diterima oleh banyak orang dan memiliki potensi komersial. Program Studi di School of Design pun tidak hanya diselenggarakan di satu kampus saja.

Ada beberapa kampus BINUS di luar Jakarta yang juga menawarkan salah satu atau seluruh program studi School of Design, seperti BINUS UNIVERSITY di Malang dan Bandung. Saat ini BINUS School of Design telah mencetak lulusan kreatif dan kompetitif yang bekerja di beberapa bidang profesi. Sebut saja interior designer, animator, enterpreneur, graphic designer, web designer atau developer, dan film critics

Jadi, tertarik menjadi bagian dari BINUS UNIVERSITY School of Design? 

Itulah ulasan tentang BINUS School of Design dan beberapa program studi di dalamnya. Semoga ulasan tersebut membuat kamu tahu lingkup pembelajaran apa saja yang ditawarkan dan seperti apa masa depan yang akan diwujudkan bersama BINUS UNIVERSITY. Semoga bermanfaat.