Berenang mungkin terdengar seperti kegiatan untuk bersantai, tetapi menekuni olahraga renang ternyata membawa banyak manfaat. Kamu bahkan tidak perlu jadi atlet untuk mendapatkan manfaat dari olahraga renang. Tidak peduli berapa pun usiamu, renang membawa manfaat untuk seluruh tubuh.

Olahraga Renang
Sumber : Zevit Zone

 

Inilah beberapa alasan kamu harus mencoba olahraga renang sebagai kegiatan fisik rutin.

  • Olah Fisik tanpa Menekan Sendi

Orang yang sudah lansia atau punya masalah sendi biasanya kesulitan memilih jenis olahraga yang tidak akan menyakiti tubuh. Renang adalah salah satu olahraga yang membawa manfaat untuk seluruh tubuh tanpa menekan sendi. Air membantu menopang tubuh dan mengurangi tekanan pada sendi tanpa menghalangi olah fisik. 

  • Membakar Kalori secara Menyenangkan

Berenang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membakar cukup banyak kalori. Berenang dengan gaya standar selama 30 menit rata-rata membakar sekitar 250 kalori (bisa lebih atau kurang tergantung berat tubuh dan faktor lain). Olahraga ini cocok untukmu yang cepat bosan dengan rutinitas olahraga pembakar kalori seperti lari. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai olahraga selingan di tengah rutinitas nge-gym.

  • Olahraga Kardio yang Efektif

Tahukah kamu kalau berenang bisa menjadi olahraga kardio efektif? Ketika berenang, kamu harus melakukan olah napas yang berat karena kamu ada di dalam air. Hal ini menuntut lebih banyak oksigen serta kerja otot yang lebih keras. Jika kamu berenang dengan teknik yang benar, kamu bisa membakar banyak kalori serta melatih kardio dalam waktu singkat.

  • Banyak Variasi Latihan

Berenang bukan satu-satunya latihan yang bisa kamu lakukan di dalam kolam! Kamu bisa melakukan peregangan, aerobik air, push-up di tembok kolam, dan sebagainya. Air menciptakan pemberat alami sehingga bisa melatih ototmu bahkan dengan olah fisik ringan.

  • Bagus untuk Penderita Asma

Sama seperti penderita nyeri sendi, orang dengan asma biasanya juga kesulitan menemukan olahraga yang cocok untuk mereka. Udara di kolam lebih lembap dan mengurangi risiko terpapar gejala asma akibat latihan fisik. Berenang juga membantu melatih paru-paru karena membutuhkan tarikan napas dan asupan oksigen lebih besar.

  • Membentuk Otot tanpa Menyolok

Ingin punya otot bagus tetapi tidak terlalu kekar? Berenang bisa menjadi pilihan. Olahraga ini menuntut seluruh tubuhmu bergerak di dalam air, memberimu otot yang lebih “berbentuk” dan fleksibel tetapi tidak terlalu kekar. Jika kamu menggunakan teknik berenang yang baik, hal ini mirip dengan latihan beban tanpa peralatan rumit atau tekanan yang terlalu berat.

  • Menikmati Olahraga Menyenangkan

Berenang adalah olahraga menyenangkan, dan itu penting! Ketika kamu menikmati olahraga, kamu akan lebih betah mempertahankannya sebagai rutinitas. Berenang juga olahraga yang bisa kamu lakukan bersama teman-teman. Kamu tidak membutuhkan perlengkapan aneh-aneh; cukup baju renang, kaca mata renang, pemanasan yang baik, serta air putih untuk rehidrasi.

Ingin berenang secara rutin tetapi sering tidak punya waktu? Jika kamu mahasiswa BINUS UNIVERSITY, bergabunglah dengan Bina Nusantara Swimming Club.

 

UKM Renang untuk Semua Level

Bina Nusantara Swimming Club adalah solusi untuk mahasiswa sibuk yang ingin mendapat manfaat dari berenang secara rutin. UKM ini menyambut anggota dari semua level, mulai dari pro sampai yang baru belajar berenang. Kamu bisa menikmati suasana akrab serta manfaat olahraga renang sambil belajar.

UKM ini bukan hanya untuk belajar berenang atau santai-santai, lho! Anggota yang punya bakat dan ingin menjajal kompetisi bisa mendapat latihan intens untuk menjadi atlet renang. Kamu berkesempatan mewakili kampus untuk mengikuti beragam ajang renang. Jika kamu ingin mendapat banyak teman, Bina Nusantara Swimming Club juga mengadakan beragam acara untuk menjalin keakraban antar anggota sehingga cocok untukmu yang senang bersosialisasi.

Ingin rutin berenang demi mendapat semua manfaatnya? Tidak perlu repot mencari tempat renang. Bergabunglah dengan UKM Bina Nusantara Swimming Club dan dapatkan semua manfaat renang plus kesempatan mewakili kampus di pertandingan!