Akhir-akhir ini, popularitas bidang sains dan teknologi menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Tak heran bila jutaan orang tertarik untuk mendalami program Sains, Teknologi, dan Matematika setiap tahunnya. Banyak alasan yang mendorong mereka, seperti permintaan akan lulusan yang tinggi, gaji yang menjanjikan, serta cocok untuk orang-orang yang mempunyai kejelasan gambaran karier di benak mereka.

Namun, tidak semua pelajar ingin menghabiskan waktu di universitas untuk berkutat dengan kode dan memecahkan perhitungan matematis. Sebagian bahkan tidak punya target karier di dalam pikiran mereka.

Nah, bagi kamu yang ingin tetap terbuka dengan peluang dan memiliki ketertarikan yang dalam terhadap perkembangan dunia, pendidikan di bidang humaniora bisa menjadi pilihan yang pas. Sayangnya, tidak semua universitas dengan pendidikan humaniora mampu mempersiapkan lulusan dalam menghadapi perubahan global.

Faculty of Humanities
Sumber : Binus

 

Maka dari itu, kamu patut memilih kampus yang berkualitas, yaitu BINUS UNIVERSITY. Kampus ini menyediakan tujuh jurusan menarik dalam Faculty of Humanities. Ingin tahu apa saja? Simak kilas ulasannya berikut!

 

1. Chinese Literature

Program yang telah dimulai sejak 2002 dan terakreditasi A oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) ini menawarkan studi seputar budaya, bisnis, dan pengajaran Cina. Pilihan profesi yang bisa kamu dapatkan dengan belajar di jurusan ini, antara lain penerjemah tersumpah, pendidik profesional, staf di bidang pelayanan dan pariwisata, staf kedutaan besar, pebisnis, diplomat, pembawa acara berita, dan staf di bank lokal maupun luar negeri.

 

2. English Literature

Sastra Inggris memberikan pengetahuan yang mendalam terkait bahasa Inggris dan budaya dari negara-negara yang mengutamakan penggunaan bahasa tersebut. Beberapa profesi menarik yang dapat dipilih, mulai dari penulis konten, instruktur, pembawa acara, penyiar radio dan televisi, penerjemah, diplomat, konsultan, hingga entrepreneur.

 

3. International Relations

Program ini mencetak lulusan-lulusan yang memiliki pemahaman mendalam seputar Hubungan Internasional sehingga mampu berkontribusi dalam kedamaian dan kesejahteraan dunia. Karier yang bisa dicapai, seperti analis institusi internasional, diplomat, jurnalis, staf perusahaan luar negeri, dan negosiator.

 

4. Japanese Literature

Sastra Jepang tidak hanya menyediakan kurikulum yang berkaitan dengan kemampuan menulis, berbicara, membaca, dan mendengarkan bahasa Jepang, tetapi juga mengajarkan budaya, etika, sejarah, dan komunitas Jepang secara mendalam. Lulusan program ini dapat memperoleh berbagai prospek karier, di antaranya agen korespondensi bisnis Jepang, penerjemah bahasa Jepang, pembicara bahasa Jepang, staf public relations Jepang, konsultan pariwisata, serta staf perhotelan. 

 

5. Business Law

Program ini mencetak lulusan dengan pengetahuan, profesionalisme, dan keahlian fundamental di bidang Hukum Bisnis berbasis informasi, komunikasi, serta teknologi. Kamu pun berkesempatan untuk meraih karier seperti analis hukum, advokat, jaksa, konsultan hukum, notaris, akademisi hukum, hakim, konsultan pasar modal, kurator kepailitan, pengacara hukum bisnis, arbiter, dan petugas perlindungan data pribadi.

 

6. Primary Teacher Education

Pendidikan ini mencetak guru sekolah dasar yang bisa mengajar, menginspirasi, dan menginovasi masyarakat melalui edukasi bermutu tinggi. Selain itu, lulusan Primary Teacher Education juga bisa menjadi peneliti, editor, penulis buku, dan konsultan yang berhubungan dengan jenjang Sekolah Dasar.

 

7. Psychology

Melalui pengetahuan sistematis tentang tingkah laku manusia dan proses mental yang diberikan, lulusan Psikologi dapat menggapai karier-karier seperti desainer pengembangan komunitas, manajer HR, konsutan psikologi, dan pengajar.

 

Itulah tujuh jurusan yang bisa dipilih dari Faculty of Humanities di BINUS UNIVERSITY. Manakah yang paling sesuai dengan minat kamu? Sebaiknya, tentukan jurusan yang akan ditempuh dengan pertimbangan yang matang supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Perlu diingat pula! Tak perlu ragu untuk melanjutkan pendidikan di BINUS UNIVERSITY. Itu karena kampus bertaraf internasional ini menyuguhkan pendidikan yang fleksibel dan efisien. Jadi, kamu tak perlu menunggu-nunggu lagi! Gabung segera ke BINUS UNIVERSITY sekarang juga!