Taekwondo menjadi salah satu cabang olahraga bela diri yang cukup diminati di Indonesia. Berasal dari Korea, seni bela diri ini punya jurus andalan berupa kuda-kuda. Jurus ini bisa dibilang memegang peran yang sangat penting, yaitu membuat lawan atau musuh tidak mudah menebak serangan yang hendak diberikan.

Taekwondo
Sumber : Klook

 

Kini, pentingnya perlindungan diri membuat orang tua banyak mengikutsertakan buah hati mereka dalam pelatihan bela diri, termasuk taekwondo. Bukan hal yang mudah mempelajari ilmu bela diri ini, tetapi tidak juga bisa dibilang sulit. Asalkan giat berlatih, kamu pasti bisa dengan mudah menguasai seni bela diri satu ini. 

Teknik Dasar Taekwondo, Pemula Harus Tahu

Taekwondo sendiri punya tiga teknik, yaitu dasar, menengah, dan teknik lanjutan. Sebagai tahap awal atau pemula, kamu tentu harus mempelajari dan menguasai teknik dasarnya. Biasanya, kamu akan dilatih dengan menggunakan sasaran atau bentuk yang sederhana sebagai permulaan, seperti melakukan gerakan tendangan dengan sasaran yang diam. 

Nah, teknik dasar taekwondo juga terbagi lagi menjadi tiga, yaitu: 

  • Teknik Memecahkan Benda Keras atau Kyupa

Berlatih teknik ini bisa menggunakan objek atau sasaran berupa benda mati, misalnya batu bata, papan dari kayu, genting, dan sebagainya. Teknik yang dilakukan bisa berwujid pukulan, tendangan, sabetan, hingga gerakan menusuk hanya dengan menggunakan jari tangan. 

  • Rangkaian Jurus atau Poomsae

Teknik berupa rangkaian gerakan awal yang digunakan dalam bertahan dan menyerang lawan dengan mengacu pada diagram khusus.

  • Bertarung atau Kyorugi

Mempraktikkan berbagai gerakan dasar yang telah dipelajari. Dua orang akan saling bertarung dengan menggunakan berbagai teknik menyerang dan bertahan yang sudah dipelajari sebelumnya. 

Tiga teknik dasar bela diri taekwondo tadi sekaligus menjadi nomor perlombaan yang diadu pada ajang kelas internasional, lho! Tidak hanya itu, pada implementasinya, ternyata masih banyak teknik maupun jurus yang dipakai, apa saja? 

 

Jurus yang Perlu Dipelajari dalam Teknik Dasar Taekwondo

Saat masih berada pada tingkat awal alias sabuk putih, anggota taekwondo tetap harus mampu menguasai beberapa jurus dasar, yaitu:

  • Kuda-Kuda atau Seogi

Kuda-kuda dalam taekwondo sangat beragam, misalnya kuda-kuda rapat atau moa seogi, kuda-kuda sejajar atau naranhi seogi, kuda-kuda duduk atau juchum seogi, dan masih banyak lagi. Sekilas, teknik kuda-kuda ini tampak sederhana, ya? Namun, saat kamu sudah berada dalam pertandingan, langkah dan kuda-kuda jadi dua hal yang sangat penting. Ini akan membuat lawan tidak bisa membaca serangan yang kamu berikan. 

  • Serangan atau Kyongkyok Kisul

Teknik selanjutnya adalah serangan yang terdiri dari pukulan atau jireugi, sabetan atau chigi, tusukan atau chireugi, dan tendangan atau chagi. Saat dipraktikkan, teknik serangan ini akan terbagi lagi menjadi lebih beragam. Misalnya, pada teknik menendang, ada tendangan ke arah depan, mengayun, melingkar, ke samping, ke belakang, atau tendangan balik dengan teknik mengait. 

  • Tangkisan atau Makki

Sementara itu, gerakan menangkis atau makki juga ada banyak. Sebut saja gerakan menangkis ke arah bawah, atas, menangkis dari arah dalam ke luar, menangkis dengan pisau tangan, dan gerakan menangkis dari luar ke dalam. Semua gerakan tersebut harus kamu kuasai, ya!

  • Sasaran pada Tubuh atau Keup So

Saat bertanding, tubuh lawan punya nilai yang tidak sama. Sesuai aturan resmi, area tubuh yang bolwh dijadikan sebagai sasaran adalah badan dan muka. Serangan pada badan bisa dilakukan menggunakan tangan atau kaki. Namun, areanya terbatas hanya pada bagian tubuh yang menggunakan body peotector, kecuali pada sepanjang tulang belakang. 

Sementara itu, sasaran area muka boleh diserang selain kepala bagian belakang. Pun, serangan hanya boleh dilakukan dengan menggunakan kaki. Nah, untuk bisa menguasai semuanya, tentu kamu harus berlatih giat. Sebenarnya, tidak harus mengikuti perlombaan, memiliki ilmu bela diri bisa kamu pakai untuk melindungi diri sendiri.

Kalau ingin belajar taekwondo lebih dalam lagi, kamu bisa bergabung dengan UKM taekwondo BINUS UNIVERSITY. Ada dua sesi latihan yang bisa kamu pilih, yaitu setiap hari Senin di Kampus Kijang dan hari Rabu di Kampus Syahdan pada pukul 19.00-21.00 WIB. Yuk, isi waktu dengan aktivitas bermanfaat bersama taekwondo BINUS UNIVERSITY!