Kehidupan di zaman digital saat ini membuat komputer dan pemahaman tentang pemrograman dibutuhkan di mana pun. Tak heran, lulusan Ilmu Komputer sangat dicari-cari. Studi tentang ilmu komputer meliputi pembelajaran proses metodis yang sistematis sehingga dapat membantu mengakses, mengakuisisi, merepresentasi, memproses, menyimpan, dan mengomunikasikan informasi.

Ada banyak kesempatan kerja yang bisa diperoleh oleh lulusan fakultas ini. Tidak hanya terbatas pada lokal, tetapi hingga ke luar negeri. Belum lagi, hampir semua industri di dunia saat ini mengandalkan komputer untuk dapat bekerja dengan baik.

School of Computer Science
Sumber : Rencanamu

 

Bagaimana cara untuk mempelajari ilmu komputer secara mendalam? Jawabannya ada di 11 jurusan dalam School of Computer Science dari BINUS UNIVERSITY. Seperti apa program-program tersebut? Berikut ulasan singkatnya!

 

1. Computer Science

Jurusan ini mencetak sumber daya manusia yang andal dalam berbagai spesialisasi ilmu komputer, misalnya, sistem cerdas, teknologi basis data, multimedia interaktif, pembuatan perangkat lunak, dan teknologi jaringan.

 

2. Computer Science@Bandung

Computer Science@Bandung mengajarkan tentang proses dan teknik pengembangan berbasis komputer dengan beberapa pilihan spesialisasi, antara lain, sistem cerdas, pengembangan teknologi gim atau mobile, keamanan sistem, dan IoT (Internet of Things). Peroleh berbagai prospek karier, mulai dari insinyur web, konsultan teknologi informasi, pemrogram multimedia, ilmuwan data, pelatih, pengajar, hingga analis sistem.

 

3. Computer Science@Malang

Belajar di jurusan Computer Science@Malang membuat kamu mampu memahami pengembangan perangkat lunak berbasis web maupun hardware dengan dukungan analisis mahadata, teknologi basis data, multimedia interaktif, kecerdasan buatan, teknologi gim, serta jaringan komputer.

 

4. Cyber Security

Bagi yang tertarik dengan pengujian dan pembuatan keamanan sistem siber, program yang satu ini dapat menjadi pilihan pas. Lulusan Cyber Security bisa bekerja sebagai spesialis jaringan komputer, analis sekuriti, penguji peretasan, penyelidik forensik siber, maupun pengembang keamanan perangkat lunak.

 

5. Data Science

Data Science menyediakan pembelajaran tentang teknologi mahadata sebagai kerangka kerja dan solusi untuk menyimpan data. Lulusan bisa memilih beragam profesi, seperti ilmuwan data, insinyur mahadata, analis data, pemvisual data, administrator, dan insinyur mesin pembelajaran.

 

6. Game Application and Technology

Jurusan Game Application and Technology mendidik murid-muridnya dalam merancang gim secara keseluruhan. Beberapa profesi yang bisa diambil meliputi penyedia konten, perancang gamification atau gim kompleks, staf atau pimpinan di bidang teknologi, pembuat teknis gim, konsultan, pengembang, dan entrepreneur.

 

7. Mobile Application and Technology

Program ini sangat tepat untuk kamu yang ingin belajar membuat aplikasi mobile yang berkaitan dengan Internet of Things (IoT), Virtual Reality (VR), Embedded System, dan Augmented Reality (AR). Setelah lulus, jumpai prospek karier seperti pengembang gim, mobile user experience engineer, arsitek tampilan antarmuka, pengembang aplikasi, dan tenaga pendidik.

 

8. Computer Science and Mathematics

Jurusan Computer Science mencetak lulusan yang ahli dalam memecahkan masalah matematis dan mengomunikasikannya ke dalam pembuatan perangkat lunak.

 

9. Computer Science and Statistics

Program ini menyediakan pembelajaran solid dalam meningkatkan analisis statistik, mengolah informasi dari berbagai basis data, serta mengembangkan keahlian dalam mengomunikasikan analisis statistik ke dalam teknologi informasi.

 

10. Master of Information Technology

Master of Information Technology menekankan pendidikan pada beberapa aspek, yakni memberikan saran, meneliti, menilai, menyusun strategi, mengomunikasikan, mengelola, serta menginovasi hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi.

 

11. Software Engineering

Terakhir, ada program studi yang mencetak lulusan ahli dalam membuat peranti lunak untuk perangkat desktop dan mobile, maupun web. Beberapa prospek karier yang bisa kamu capai, antara lain, pengembang, pemrogram, konsultan teknologi informasi, pengajar, analis sistem, manajer proyek, peneliti, dan entrepreneur.

 

Itulah 11 jurusan dari School of Computer Science yang bisa kamu perdalam di BINUS UNIVERSITY. Setelah membaca ulasan di atas, adakah program yang menarik minat atau sesuai dengan kebutuhan? Apa pun pilihannya, tidak perlu ragu-ragu untuk mengikuti perkuliahan di BINUS UNIVERSITY yang berkualitas, ya!