Pada masa pandemi ini, masih boleh nggak sih nongkrong di kafe seperti dulu? Apa pun kegiatannya, hal utama yang perlu diperhatikan adalah protokol kesehatan. Saat bepergian atau sekadar bersantai di tempat publik, 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) harus selalu dilakukan. 

Supaya lebih aman, pilihlah tempat-tempat yang juga menerapkan protokol kesehatan. Bagi yang kuliah di salah satu prodi BINUS@Malang, ada lima kafe yang bisa kamu kunjungi, nih! Kafe-kafe unik ini menawarkan suasana yang berbeda karena tampilan tata ruang yang mengesankan. Yuk, simak ulasannya di sini.

  • Habbit Eatery Coffee and Beer

Kafe di Malang
Sumber : Akulily

 

Ingin menikmati hidangan dengan suasana seperti di rumah sendiri? Kamu bisa berkunjung ke Habbit Eatery Coffee and Beer. Tempat makan ini terasa akrab dengan atmosfer yang hangat karena ditata dengan perabotan vintage. Jendela besar dan terbuka lebar di sisi ruangan membuat sirkulasi udara lebih lancar.

Kafe ini juga memiliki area outdoor yang dikelilingi tanaman hijau. Kamu bisa mengerjakan tugas sambil menikmati segelas jus jeruk atau menyantap nasi goreng tom yum. Tiap malam Minggu, live accoustic akan membuat suasana bertambah syahdu. Datang sendiri atau bersama teman satu geng di prodi BINUS UNIVERSITY, Habbit Eatery Coffee and Beer asyik dikunjungi.

  • Cafe Monstera

Kafe di Malang
Sumber : Super App

 

Tren berkebun makin diminati saat orang-orang lebih sering beraktivitas di dalam rumah. Salah satu yang paling banyak diburu adalah monstera, tanaman dengan daun yang bolong. Di Cafe Monstera, kamu bisa melihat langsung tanaman ini. Bukan hanya itu, kafe dengan konsep terbuka ini juga dikelilingi berbagai jenis tanaman hijau lain.

Menawarkan menu-menu yang menggoyang lidah, tak heran jika Cafe Monstera tak pernah sepi. Salah satu yang menjadi favorit pengunjung adalah Tiramisu Cake. Sambil mengerjakan tugas atau berdiskusi dengan teman sesama prodi BINUS UNIVERSITY, kamu bisa menikmati hidangan di area outdoor yang hijau dan menyegarkan.

  • Hideout Cafe

Kafe di Malang
Sumber : Reviewnesia

 

Satu lagi kafe di Malang yang menawarkan konsep ruang terbuka adalah Hideout. Dilihat sekilas, penataan kafe sangat minimalis dan tidak menggunakan banyak ornamen. Warna-warna netral yang menciptakan rasa relaks terlihat di setiap sudut. Bahkan, sebagian dinding masih dibiarkan natural seperti aslinya.

Hideout Cafe sangat cocok bagi kamu yang ingin berdiskusi santai dengan teman sambil menyeruput hot matcha latte. Ada pula aneka jenis makanan yang bisa dipesan. Meskipun areanya tak terlalu luas, kafe ini cukup nyaman untuk didatangi. Kamu bisa berkunjung mulai pukul 13.00 WIB tiap hari.

  • Retrorika Coffee Bar & Resto

Kafe di Malang
Sumber : Brisik

 

Tak salah jika kafe ini disebut garden cafe. Seluruh bagiannya tampak hijau oleh tanaman hidup. Pot-pot dengan model unik dipasang menggantung di langit-langit. Banyak ornamen jadul menghiasi dinding ruangan dan melengkapi suasana vintage yang terasa dari keseluruhan desain kafe ini.

Tak perlu khawatir akan bosan saat berkunjung ke Retrorika Coffee Bar & Resto, di tiap sudutnya ada hal menarik yang bisa dieksplorasi. Makanan yang disajikan pun sesuai dengan selera lidah lokal. Cocok untuk menemani momen bersantai di sela-sela kesibukan kuliah.

  • Kotask Kaffe

Kafe di Malang
Sumber : Idn Wisata

 

Kotask Kaffe adalah salah satu kafe terbaru yang bisa dikunjungi di anak kuliah prodi BINUS UNIVERSITY. Lokasinya di Jl. Raya Langsep 2b. Tempat nongkrong ini identik dengan suasana minimalis yang unik. Ada banyak ruang kosong sehingga tak terlihat padat meskipun banyak pengunjung.

Bagi kamu yang berkunjung pada malam hari, nikmati alunan musik yang indah untuk menemani kebersamaan. Menu makanan terbaik pun akan disajikan langsung oleh chef berpengalaman.

Bisnis kafe bisa dibilang cukup berkembang beberapa tahun terakhir. Adaptasi terhadap situasi pandemi memungkinkan bisnis ini masih tetap bertahan. Nah, kamu juga bisa belajar untuk mengembangkan usaha berbasis food and beverage ini. 

Sebelumnya, lengkapi diri dengan belajar di S1 Entrepreneurship – Business Creation, salah satu prodi BINUS@Malang. Ilmu yang didapatkan bisa menjadi modal untuk membangun bisnis kafe yang sukses.