Public Relations (P.R.) adalah ilmu membangun komunikasi yang efektif untuk membangun hubungan atau meng’create’ citra positif di mata publik, sehingga kredibilitas suatu lembaga yang diwakili P.R. menjadi bernilai.

P.R. di sebuah perusahaan punya tugas untuk membangun reputasi perusahaan dalam perspektif pelanggan, stakeholder, dan publik secara luas. Tujuannya jelas, supaya semakin banyak orang yang ingin berkoneksi dengan perusahaan tersebut.

Nah di artikel ini, ada 5 langkah yang bisa kalian terapkan supaya bisa menjadi P.R. yang profesional, karena profesi ini memiliki peran penting dan jenjang karir yang cukup menantang! Yuk langsung disimak :)

  1. Berpikir Kreatif

Kamu harus mampu untuk bikin ide dan bahkan cara komunikasi baru untuk mengintegrasikan beberapa informasi yang ada. Berpikir kreatif sebagai P.R. adalah seni tersendiri untuk menciptakan hubungan, sehingga mampu menceritakan nilai brand secara unik dan mudah diingat.

  1. Personable

Personable adalah daya tarik, dalam artian P.R. harus pandai-pandai mengambil hati publik supaya dapat menerima kesan yang baik kepada kalian dan dapat dipercaya dengan opini yang disampaikan.

  1. Pemikiran Strategis

Kemampuan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena sangat dibutuhkan dapat menganalisa kondisi industri terupdate. Seorang P.R. harus bisa berpikir taktis maupun strategis dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis.

  1. Akrab dengan Teknologi

Kini, teknologi sangat erat hubungannya dengan cara kita berinteraksi. Maka, tidak ada pilihan lain bagi P.R. untuk menguasai teknologi informasi. Terlebih lagi kini social media banyak dimanfaatkan untuk membangun hubungan profesional bisnis, misalnya di platform Linkedin.

Itulah beberapa poin yang perlu kalian perhatikan untuk meniti karir sebagai Public Relations. Profesi ini menarik karena akan terus bertemu dengan relasi baru, seru karena kaya akan pengalaman, dan sekaligus menantang karena berpotensi untuk dekat dengan konflik komunikasi.

Untuk kalian yang ingin dapat mengenal lebih jauh tentang Public Relation, dan ingin mengejar karir sebagai komunikator perusahaan ulung, ada pilihan studi menarik nih bersama BINUS @Malang, Universitas Terbaik Jawa Timur dengan Program S1 Public Relations yang relevan dengan era revolusi industri 4.0.

Suka membangun professional network dalam industri dan berelasi dengan media? mungkin P.R. adalah profesi yang cocok untukmu. Persiapkan diri kamu sekarang juga bersama BINUS UNIVERSITY  :)