Pasti kamu sudah tidak asing lagi mendengar profesi sebagai UI UX Design? Profesi yang saat ini tengah menjadi tren dan sangat banyak dibutuhkan bagi perusahaan di era teknologi dan informasi seperti saat ini. Universitas Terbaik Jawa Timur yang akrab dengan digitalisasi seperti BINUS @Malang, sangat menyadari bahwa bidang TI yang ada di Indonesia sangat berkembang pesat. Terlebih lagi, Indonesia bisa menjadi tumpuan pengembangan ilmu digital pertama di ASEAN.

Yuk, Kita kupas mengenai UI UX design.

UI UX Design

User Interface (UI) adalah bagaimana cara kita agar suatu website atau aplikasi mobile seperti menu, tulisan, tata letak, tombol, warna hingga tipografi yang kita buat dapat ditampilkan kepada seseorang. UI design mencakup perencanaan flow untuk pengguna serta membuat mockup dan prototype. Sedangkan,  User Experience (UX) adalah proses bagaimana cara kita membuat website atau aplikasi agar menjadi mudah untuk digunakan oleh pengguna. UX mencakup riset bagi pengguna, mendesain flow website dan melakukan testing. Keduanya memang tidak sama namun tanggung jawab keduanya akan saling melengkapi. Menjadi seorang UI/UX Design memanglah tidak mudah kamu harus jago dalam hal desain. Pahami terlebih dahulu konsep dasarnya.

UI UX Designer Skill-set

Seorang UI UX design harus mempunyai keahlian dalam hal mendesain dan mampu dalam menggunakan tools untuk mendesain contohnya photoshop, illustrator, indesign dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, mereka harus mempunyai kemampuan untuk meneliti para pengguna website atau aplikasi mobile. Kini, para Universitas Terbaik saling berlomba-lomba untuk melakukan penelitian aplikatif ini untuk mendukung ilmu terapan bagi para mahasiswanya.

Skill lain yang juga harus dimiliki yaitu problem definition, user needs, task flow, user flow, icon design, illustration design, wireframing, prototyping, dan masih banyak lagi. Ternyata banyak juga ya skill-setnya! Seruu.. !!

Tantangan UI UX Designer

Dikarenakan profesi ini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan tantangan besar yang harus diterima adalah, kamu harus mempunyai kekreatifan yang tinggi. Mengetahui bagaimana cara mendesain supaya gambar, warna, font, dan bentuk bisa menyatu menjadi satu kesatuan.

Selain itu, bagaimana caranya kamu bisa mengetahui bahwa tampilan yang sudah kamu buat dapat mempermudah pengguna yang mungkin saja jumlahnya ratusan hingga ribuan pengguna.

Nah, setelah mengetahui sedikit tentang UI UX Design apakah kamu mulai tertarik dengan profesi ini? Atau malah kebingungan nih, cari informasi mengenai Universitas Terbaik yang bisa memberikanmu ilmu UI UX Design?

Eits.. tenang, kita punya solusinya loh. BINUS @Malang sebagai salah satu Universitas Terbaik Jawa Timur mempunyai program studi  “Interactive Design and Technology”. Program studi yang sangat cocok sekali untuk kamu yang ingin memperdalam ilmu UI UX design. Pada jurusan yang ada di BINUS @Malang ini, kamu juga akan dibekali kreatifitas dan keterampilan dengan menggunakan teknologi yang mumpuni agar kedepannya kamu siap untuk menjadi seorang UI UX Design yang handal.

Raih cita-citamu dengan menuntut ilmu di BINUS @Malang agar masa depanmu cemerlang! Karena peluang suksesmu tidak terbatas di era konektivitas ini. Segera ambil tindakan yang berani, demi pengetahuan terbaik yang layak kamu dapatkan!

BINUS @Malang

Universitas Terbaik Jawa Timur yang berlokasi di Spot Terkeren di Kota Edukasi, Malang.

Yuk Follow kita di Instagram : @binus_malang.

With   UNIVERSITY, you can be the best version of you!