Kampus BINUS@Alam Sutera beralamat di Kav 21, Alam Sutera, Jalan Jalur Sutera Barat, Pananggungan Timur. Karena dikenal sebagai areanya mahasiswa, mencari rumah kos di kawasan ini sebenarnya tidak sulit. Namun, kamu tetap harus memiliki pertimbangan-pertimbangan tersendiri agar tidak salah memilih kos-kosan.

BINUS@Alam Sutera
Sumber : Cermati

 

Lalu, bagaimana caranya agar bisa memperoleh kos-kosan sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Simak tipsnya berikut ini!

Tentukan Bujet

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mencari rumah kos adalah menentukan seberapa besar bujet yang bisa kamu sediakan. Di kawasan Alam Sutera, harga kamar kos cenderung beragam dengan fasilitas yang berbeda-beda. Dengan memiliki estimasi bujet, kamu bisa menentukan pilihan dengan mudah.

Perlu diperhatikan bahwa harga kamar kos sangat bergantung pada fasilitas yang disediakan. Makin lengkap, maka biayanya akan makin mahal. Begitu juga jaraknya dari kampus. Makin dekat, biasanya pengelola kos akan mematok harga yang lebih tinggi. Pertimbangkan baik-baik apa yang paling kamu butuhkan agar biayanya tidak melampaui bujet.

Ketahui Fasilitas Apa Saja yang Disediakan

Fasilitas kamar kos memang memengaruhi harga sewanya. Namun kamu juga perlu mempertimbangkan dengan baik pilihan fasilitasnya. Fasilitas internet gratis misalnya, mungkin akan kamu butuhkan untuk mengerjakan tugas kuliah. Begitu juga dengan area parkir dan dapur umum. Kalau keberadaan fasilitas-fasilitas itu makin memudahkan kamu, tidak ada salahnya membayar sedikit lebih mahal.

Tanyakan dengan Jelas Apa yang Tidak Termasuk Biaya Kos

Kamu mungkin akan menemukan kos A dengan harga Rp500.000 per bulan. Di sisi lain, ada kos B yang mematok harga Rp700.000 setiap bulan. Sekilas, kos A pasti terkesan lebih murah bukan? Jangan buru-buru ambil keputusan kalau kamu belum mempelajari dengan baik layanan apa yang ditawarkan oleh setiap pengelola.

Kamar kos A bisa saja mematok harga murah karena kamu harus membayar listrik, air, dan sampah sendiri. Sementara itu, kos B harganya jadi lebih mahal karena sudah termasuk listrik, air, biaya kebersihan, bahkan internet gratis. Tanyakan dengan jelas pada pengelola tentang apa saja yang termasuk ke dalam biaya bulanan dan apa saja yang tidak. Dengan begitu, kamu tidak akan terjebak iming-iming biaya murah.

Pastikan Keamanan di Area Kos dan Sekitarnya

Hal lain yang tidak kalah penting adalah keamanan di area kos maupun lingkungannya. Kamu tentu tidak mau tinggal di kawasan yang ternyata rawan kejahatan di malam hari atau berisik karena posisinya terlalu dekat dengan rel kereta. Untuk bisa tinggal dengan nyaman di kos-kosan, kamu harus memastikan tidak ada hal-hal yang akan mengganggu kamu di sana.

Kamu bisa bertanya pada penduduk sekitar atau pada anak-anak kos yang sudah lebih dulu tinggal di sana. Meskipun akan memakan waktu cukup lama, kamu akan mendapatkan lokasi terbaik yang mendukung perkuliahanmu di BINUS@Alam Sutera.

Manfaatkan Aplikasi Pencari Kos

Agar lebih memudahkan proses pencarianmu, kamu bisa meminta rekomendasi dari senior atau teman-temanmu. Kalau tidak ada, aplikasi pencari kos bisa membantu kamu menemukan lokasi terbaik. Beberapa aplikasi ini tidak hanya bisa menjadi sumber informasi area kos yang murah, tetapi juga bisa memberimu gambaran tentang situasi di kos yang tertulis pada bagian review.

Sebelum memutuskan untuk menyewa salah satu kos, jangan lupa untuk datang langsung ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Dengan melihat langsung kondisi kos, kamu bisa meyakinkan diri untuk tinggal di sana atau tidak.

Itulah beberapa tips mudah mencari kos-kosan. Semoga kamu menemukan kos-kosan terbaik agar masa perkuliahanmu di BINUS@Alam Sutera lancar dan menyenangkan.