Dengan kemauan yang besar, kegiatan belajar sebenarnya dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Apalagi, perkembangan teknologi yang kian pesat, plus situasi pandemi memungkinkan metode belajar daring jadi kian lazim dilakukan. Nah, sebagai BINUSIAN, kamu tentu sudah familier dengan sistem online learning Binus. Namun, tahukah kamu, selain belajar di kampus sendiri, ternyata ada platform lain yang menyediakan pendidikan berlisensi untuk meningkatkan kompetensi?

Menariknya, di platform tersebut, kamu bisa bergabung dengan program kompetensi dari sederet universitas ternama dunia, seperti MIT atau Harvard University. Cukup mendaftarkan diri, mengikuti kelas maupun pelatihan, kamu bisa tercatat sebagai mahasiswa daring, dan mendapatkan sertifikat atau bukti kelulusan, lho. Memang, harus diketahui bahwa beberapa kelas mencantumkan biaya tertentu. Namun,  tenang, ada pula program beasiswa yang bisa kamu ikuti, tentu dengan memenuhi beberapa syarat, misalnya: mengajukan esai. 

Nah, kalau kamu mulai bosan di rumah atau justru ingin menambah skill dan pengetahuan, ini daftar situs online course yang bisa kamu cek sekarang!

 

1. Coursera 

Online Course
Sumber : Indo Indians

 

Platform yang satu ini memang cukup populer dan jadi andalan mereka yang ‘haus ilmu’. Pasalnya, ada lebih dari dua ribu jenis kursus dari berbagai bidang, difasilitasi oleh para pengajar berkualitas tinggi dari lembaga pendidikan maupun universitas terbaik dunia. Dengan mendaftarkan diri, kamu akan mempelajari wawasan baru menggunakan media video, rekaman dari pengajar, bahkan bergabung dengan forum diskusi. Nah, sama seperti kuliah atau kursus pada umumnya, kamu juga akan diberikan ‘tugas’ maupun ‘ujian’ untuk mengukur efektivitas proses pembelajaran.

Usai lulus dan menamatkan proses belajar, kamu juga berhak mendapatkan sertifikat online resmi dengan syarat: membayar nominal tertentu. Kendati demikian, jika hanya ingin mengikuti proses belajarnya, kamu tak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis. 

 

2. Future Learn

Online Course
Sumber : Youtube

 

Sama seperti Coursera, ada beragam kursus maupun kuliah online gratis dari beragam bidang, seperti bisnis, teknologi (robotik), kesehatan, bahasa, psikologi, hingga budaya. Satu hal yang menarik, tidak hanya belajar, kamu juga bisa berteman dengan para pelajar serta pengajar terbaik di seluruh dunia. Oh ya, Future Learn juga dilengkapi dengan bentuk pembelajaran yang bervariasi, seperti halnya video, artikel maupun bahan bacaan lain, kuis, hingga diskusi!  

   

3. Udemy 

Online Course
Sumber : Business Insider

 

Berbeda dengan dua platform sebelumnya, Udemi merupakan situs pembelajaran daring khusus yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan skill di bidang desain grafis. Materi ajarnya bervariasi, mulai dari yang paling dasar seperti desain karakter, melukis digital, mendesain logo, dan lain sebagainya; hingga yang sudah dalam level ahli/profesional seperti desain UI/UX, game development, hingga software. Namun, harus diingat, untuk mempelajari seluruh materi tadi, ada biaya yang harus kamu bayarkan. Tenang, masih terjangkau untuk ukuran mahasiswa, kok, yaitu mulai dari $10 atau sekitar Rp140 ribuan. 

Nah, jika sudah khatam dan jago desain grafis, kamu bisa mendaftar untuk menjadi mentor, lho. Lumayan untuk menambah pengalaman dan wawasan, kan? 

 

4. edX

Online Course
Sumber : Youtube

 

Cikal bakal edX dimulai pada tahun 2012, ketika Universitas Harvard dan MIT bekerja sama untuk menciptakan platform pembelajaran daring menggunakan sistem Massive Open Online Course (MOOC). Dengan sistem ini, keduanya berharap dapat membuka akses belajar dengan partisipan sebesar-besarnya melalui jaringan internet. Pun itu sebabnya, jumlah kelas di edX sangat banyak dengan bidang bervariasi, mulai dari sains, matematika, seni, budaya, manajemen, dan lain sebagainya. 

Adapun serupa Coursera, kamu dapat belajar daring di edX melalui berbagai metode, seperti membaca silabus/bahan bacaan lain, melihat rekaman video, hingga bergabung dalam forum diskusi. Nah, tidak hanya bisa diikuti oleh BINUSIAN, mereka yang sudah lulus dan menjadi profesional di bidangnya pun dapat mengikuti kursus online di edX ini, lho.

 

5. IndonesiaX

Online Course
Sumber : Blibli

 

Selain online learning Binus, Indonesia juga punya platform kursus daring, lho. Di sini, kamu bisa menjajal beragam metode ajar, seperti video, artikel, kuis, hingga forum diskusi; dari bidang-bidang yang bervariasi. IndonesiaX bermitra dengan sejumlah kampus ternama Indonesia, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia, Universitas Airlangga; hingga organisasi maupun lembaga berkualitas. 

  

Nah itu dia lima situs pembelajaran online yang bisa kamu ikuti untuk menambah wawasan dan kompetensi. Ditambah akses online learning Binus, semoga proses belajarmu di BINUS@Malang makin lengkap, ya!