Memilih jurusan kuliah memang terasa sulit, terlebih jika memikirkan bahwa ini adalah saat kita akan menentukan arah karier di masa depan. Namun, hal tersebut tidak terjadi pada Natasya Aulia, mahasiswi semester 6 di BINUS@Kemanggisan.

Saat memasukkan BINUS dalam pilihan, Natasya sudah mantap ingin menggeluti bidang animasi. Setelah mengetahui kesempatannya dalam mendapatkan beasiswa 100% untuk uang pangkal, Natasya tidak berpaling lagi ke jurusan lainnya. Kesempatan yang ia dapatkan adalah satu dibanding sekian banyak kemungkinan. Dengan dukungan penuh dari orang tua, ia memutuskan untuk mengambil jurusan Visual Communication Design – Animation sekitar tiga tahun yang lalu.

Ketertarikan di Bidang Animasi

Binus University
Sumber : Binus University

Lulus dari SMA, yang Natasya inginkan adalah mencari kampus yang memiliki jurusan animasi—yang sebenarnya masih jarang ditemukan. Setelah mendapatkan kecocokan dengan BINUS, ia pun merasa beruntung karena dibebaskan dari uang pangkal. Rasanya, apa yang ia dapatkan di kampus memang sepadan dengan ekspektasinya. 

Bagi Natasya, salah satu yang membuat BINUS unggul adalah bagaimana kampus menyediakan banyak fasilitas bagi mahasiswa dan staff. Kampus juga selalu mendahulukan kepentingan mahasiswa dan staf dengan baik. Hal ini, bagi Natasya, adalah indikator sebuah institusi yang memiliki integritas. 

“Sistem di BINUS sangat strict, sehingga meningkatkan kejujuran dan kedisiplinan,” jelas Natasya. “Meski terkadang ada masalah di aplikasi BINUSMaya atau aplikasi kampus lainnya, tapi staf dan pihak BINUS selalu berusaha untuk mengatasinya dengan cepat sehingga semuanya cepat kembali ke semula.” 

 

Kesan Pertama

Hari pertama memang selalu menakutkan, tapi seluruh dosen dan lingkungan yang dihadapi oleh Natasya di BINUS@Kemanggisan benar-benar baik dan mendukung untuk belajar. Ini membuat Natasya semangat menjalani hari-hari, terlebih juga karena ia senang bisa belajar lebih fokus mengenai animasi di jurusannya. 

Visual Design Communication atau juga dikenal sebagai Desain Komunikasi Visual (DKV) memang jurusan yang mulai banyak ada di perguruan tinggi. Sayangnya, hanya sedikit yang berfokus pada animasi. Natasya melihat bahwa penjurusan yang terfokus dan langka seperti ini memang hanya ada di BINUS UNIVERSITY. Terlebih lagi, Animation Program dari DKV BINUS memiliki kualitas baik dan sudah termasuk world class university. 

Tugas-tugas yang diberikan lebih berupa project yang bisa mengasah kemandirian dan kreativitas. Sering kali, Natasya bekerja dalam tim atau saling membantu dengan teman-teman mahasiswa lainnya. Lingkungan positif yang seperti inilah yang menyumbang besar bagi perkembangan akademik mahasiswa. Pada akhirnya, segala kerepotan dalam menyelesaikan project merupakan bekal di dunia kerja kreatif nantinya. 

Adanya jurusan animasi di BINUS memberikan gambaran bahwa ke depannya akan lahir juru animasi ternama untuk melengkapi industri yang baru saja akan berkembang di Indonesia. Bukan tidak mungkin, suatu hari akan ada animasi hasil karya anak bangsa yang mampu bersaing dengan hasil karya negara lain. 

Serunya Berkuliah di BINUS

Binus University
Sumber : Binus University

Setiap satu tahun sekali, fakultas School of Design menyelenggarakan acara yang bernama Imagination Day. Pada hari itu, para mahasiswa akan sama-sama mengenakan kostum, bebas untuk menjadi siapa pun dan apa pun. Bahkan, para dosen juga ikut memakai kostum dan tetap mengajar. Menurut Natasya, ini adalah hal yang tidak ditemukan di kampus atau fakultas lain. Di DKV BINUS, Natasya menemukan keseruan ini dan selalu bersemangat untuk mengikuti acara tersebut bersama teman-teman.

 

BINUS dan Harapan untuk Maju

Bagi Natasya, BINUS adalah perguruan tinggi yang berhasil menciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat. Kedisiplinan yang diterapkan bukan memberikan ketidaknyamanan bagi mahasiswa, tetapi malah sangat membantu dalam proses akademik dan lainnya. Ini membuat para mahasiswa nyaman dan bisa ikut disiplin tanpa harus merasa terpaksa. 

Natasya berharap, program animasi di BINUS bisa berkembang lebih besar dan lebih baik sehingga menghasilkan lulusan-lulusan yang semakin berkualitas setiap tahunnya. Dengan adanya program animasi di BINUS, dunia animasi di Indonesia bisa menuju industri baru yang akan menyediakan kesempatan bagi para generasi Z yang mulai serius menekuni bidang ini dari sekarang.