BINUS UNIVERSITY

    Kuliah DKV di BINUS@Bandung, Ini 5 Prospek Karier Buat Kamu

    Apakah kamu merasa sebagai seseorang yang berjiwa seni dan kreatif, serta sangat tertarik pada dunia desain dan visual? BINUS UNIVERSITY sebagai salah satu universitas yang mempunyai visi mencetak generasi kreatif yang mengusung nilai-nilai kearifan lokal punya program studi yang pas nih buat kamu. Nama program studinya: Visual Communication Design atau Desain Komunikasi Visual (DKV).

    Salah satu kampus BINUS UNIVERSITY yang memiliki program studi kreatif ini adalah kampus BINUS@Bandung. Ada dua peminatan yang bisa dipilih BINUSIAN program DKV ini, yakni “Digital Media” dan “Animation”.

    Peminatan “Digital Media” bermisi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang media digital sehingga dapat menyelesaikan masalah komunikasi dengan menggunakan berbagai media visual termasuk media gerak digital.

    Sementara untuk peminatan “Animation”, BINUSIAN akan disiapkan menjadi praktisi di bidang animasi dan film yang mampu menciptakan ide-ide revolusioner berbasis teknologi.

    BINUS@Bandung
    Sumber : Hipwee

     

    Nah, kamu yang berminat bergabung menjadi mahasiswa DKV di BINUS@Bandung mungkin bertanya-tanya, apa saja sih prospek kariernya? Penasaran? Mari kita simak bersama 5 prospek karier lulusan DKV BINUS@Bandung berikut ini.

    • Animator

    Sebagai seorang animator, kamu akan bekerja di dunia seni yang menciptakan ilusi gambar yang bergerak saat ditayangkan. Mempunyai keahlian membuat animasi ini memungkinkan kamu untuk terjun di industri perfilman, televisi, iklan, video musik, perusahaan web, bahkan permainan video.

    Banyak animator yang memilih bekerja sebagai pekerja lepas, kontrak, dan paruh waktu. Mereka biasanya bekerja di kantor atau studio miliknya sendiri. 

    • Art Director

    Pekerjaan sebagai art director adalah satu di antara banyak jabatan di dalam dunia periklanan. Seorang art director bertugas melakukan art direction. Pekerjaan ini mempunyai tanggung jawab untuk mengarahkan elemen visual (art) dalam semua bentuk media komunikasi baik itu film, program TV, digital, atau iklan. Sebagai seorang art director, kamu akan bertanggung jawab pada aspek artistik, visual dan non verbal.

    • Concept Artist

    Mungkin pekerjaan yang satu ini sedikit asing di telingamu. Seorang concept artist adalah seseorang yang bertanggung jawab membuat desain yang memvisualisasikan dan menciptakan concept art. Biasanya concept art yang mereka ciptakan terkait dengan model karakter, lingkungan, kendaraan, dan aset kreatif lainnya, seperti properti film.

    Hasil rancangan concept art ini akan berguna bagi para pemodel, animator, dan tim efek visual untuk membuat semua perlengkapan produksi nantinya. Seorang concept artist dapat terlibat dalam proyek animasi, buku, komik, dan juga perfilman.

    • Branding Consultant

    Konsultan yang satu ini mungkin bukan pekerjaan yang familier buatmu. Pekerjaan sebagai seorang branding consultant mencakup hal-hal seperti membangun merek, memperbesar merek, memperkuat merek, dan juga bagaimana membangun citra tertentu yang akan menempati tempat di hati konsumen.

    Bagi orang yang menjalankan usaha berupa produk atau jasa, mendapatkan tempat di hati konsumen tentunya adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai. Nah, di sinilah peran seorang branding consultant. Seorang branding consultant akan membuat perencanaan dan eksekusi berbagai strategi yang akan membantu pemilik bisnis mencapai tujuan tersebut.

    • Tim Kreatif di Rumah Produksi

    Rumah produksi atau Production House (PH) adalah sebuah badan usaha yang memiliki organisasi dan keahlian dalam memproduksi program-program audio dan audiovisual untuk ditayangkan pada khalayak baik secara langsung ataupun melalui lembaga penyiaran.

    Tim kreatif dalam sebuah rumah produksi bertugas dalam mencari dan mengolah ide menjadi tayangan yang bernilai positif. Para kreatif memainkan peranan penting mulai dari proses praproduksi hingga pascaproduksi. Tidak hanya riset dan mencari ide, tim kreatif juga bertanggung jawab untuk membuat cetak biru yang siap dieksekusi oleh sutradara.

    Nah, itu dia 5 prospek karier yang bisa kamu incar jika kamu berhasil lulus dengan baik dari program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) BINUS@Bandung. Menarik-menarik ya, pekerjaan dan industri yang bisa digeluti seorang lulusan DKV! Semoga informasi di atas bermanfaat!