Psikologi adalah salah satu jurusan di BINUS UNIVERSITY yang memiliki banyak peminat. Di jurusan ini, para mahasiswa diharapkan dapat mempelajari berbagai hal seputar psikologi yang sangat berkaitan erat dengan kehidupan manusia. Psikologi adalah ilmu yang kompleks, tetapi sangat menarik untuk dipelajari.

Jurusan di BINUS UNIVERSITY
Sumber : Psikoma

 

Saat ini, para mahasiswa dapat mempelajari kurikulum berisi ilmu psikologi yang lengkap dan komprehensif di kampus BINUS@Bekasi. Supaya makin terjamin, sebelum lulus, mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman kerja melalui program magang. Lalu, apa saja tempat yang dapat dituju sebagai tempat magang bagi mahasiswa psikologi?

  • Perusahaan

Seperti mahasiswa lainnya di jurusan di BINUS UNIVERSITY, mahasiswa Psikologi juga dapat menjalani magang di perusahaan-perusahaan besar maupun kecil. Di Bekasi, ada banyak perusahaan yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk magang. Pasalnya, daerah penyangga ibu kota ini kini telah berkembang sangat pesat. Bekasi dikenal sebagai pusat bisnis yang ramai dan padat.

Sebagai mahasiswa Psikologi, kamu dapat bergabung di bagian Human Resource Management. Di sini, kamu belajar untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di perusahaan. Tujuannya supaya keberadaan SDM dapat terdorong untuk mendukung kinerja perusahaan.

  • Sekolah

Menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah sekolah di Bekasi adalah sebanyak 2.128 sekolah. Jumlah tersebut mencakup SD, SMP, SMA, dan SMK. Banyaknya jumlah sekolah di Bekasi adalah untuk memenuhi kebutuhan anak akan pendidikan formal secara mudah. 

Nah, kamu yang berkuliah di BINUS @Bekasi sebagai mahasiswa Psikologi juga dapat magang di sekolah-sekolah ini sebagai konselor. Dengan memanfaatkan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah, kamu dapat ikut berkontribusi di dunia pendidikan. Selain itu, kamu juga dapat belajar untuk mengenal lebih banyak pribadi melalui aktivitas magang ini.

  • Lembaga Psikologi

Tempat lain yang cocok menjadi tempat magang bagi mahasiswa Psikologi adalah lembaga psikologi. Lembaga ini biasanya menawarkan jasa layanan psikologi bagi masyarakat yang membutuhkan, seperti psikotes, asesmen, training, dan sebagainya. Di lembaga psikologi, sejumlah psikolog bergabung dan bekerja sama sesuai bidangnya masing-masing.

Mahasiswa BINUS UNIVERSITY juga dapat magang sebagai asisten psikolog di lembaga psikologi. Tujuannya supaya mahasiswa bisa belajar lebih banyak di dunia kerja secara langsung dalam menangani masalah-masalah nyata. Di Bekasi, ada sejumlah lembaga psikologi yang bisa dipilih, salah satunya Astagina Praptama.

  • Klinik Psikologi

Kamu juga bisa memilih magang di klinik psikologi. Klinik psikologi pada umumnya menawarkan layanan seperti konseling keluarga, konseling pendidikan, konseling pernikahan, psikoterapi, dan pengembangan diri. Di sini, para psikolog akan membantu klien untuk mengenal dirinya secara psikologis dan memahami kebutuhannya.

Di klinik psikologi, kamu dapat belajar dari para praktisi untuk menangani klien dan berbagai permasalahan yang biasanya dihadapi. Magang di tempat ini akan memberikan wawasan serta pandangan yang lebih objektif mengenai dunia kerja setelah lulus dari kampus.

  • Lembaga Riset

Selain itu, tempat magang lain yang bisa kamu pilih adalah lembaga riset. Lembaga ini bekerja melakukan penelitian dan survei terhadap masyarakat mengenai kondisi terkini. Tujuannya untuk mengetahui dan memahami hal-hal yang sedang terjadi di tengah masyarakat.

Di lembaga riset, lulusan Psikologi dapat menjadi research assistant. Namun, sebelum benar-benar terjun langsung ke dunia kerja, ada baiknya magang terlebih dahulu untuk pengenalan. Melalui pengalaman yang didapatkan, kamu pasti akan lebih akrab dan bisa menambah keahlian dan wawasan yang dimiliki.

Beberapa tempat ini cocok menjadi tempat magang bagi mahasiswa yang kuliah di Psikologi, salah satu jurusan di BINUS UNIVERSITY. Dengan terjun langsung ke tengah masyarakat dan memahami persoalan-persoalan nyata yang terjadi, lulusan jurusan di BINUS UNIVERSITY ini pun diharapkan makin mumpuni.