Mural merupakan karya seni yang dilestarikan sejak 31.500 tahun lalu. Lukisan mural pertama berupa gambar gua di Lascaux, Perancis. Pelukisnya di masa itu menggunakan jus untuk membuat mural karena belum ada cat air.

Kini, seni mural menyebar ke seluruh kota di dunia dengan berbagai variasinya. Salah satu kota yang menjadi pusat seni mural adalah Malang di Indonesia. Kamu bisa menemukan beberapa spot mural terbaik di dekat kampus DKV BINUS@Malang.

Berikut ini rekomendasi spot mural di Malang yang bisa kamu kunjungi.

Kampung Lukis Sanan

DKV BINUS@Malang
Sumber : Kompasiana

 

Kampung Sanan merupakan kawasan yang terkenal dengan produk tempenya yang murah dan enak. Pasalnya, mayoritas penduduk Sanan memiliki mata pencaharian sebagai produsen tempe.

Kini, wilayah Sanan makin tersohor karena tembok rumah-rumah di sana dihiasi mural. Bentuk muralnya bermacam-macam, semisal tokoh wayang, kapal pesiar, karakter animasi, serta pemandangan alam. 

Kamu penasaran dengan lukisan mural di Kampung Sanan? Lokasi kampung berada di Jalan Sanan nomor 129, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Jika naik kendaraan roda empat dari DKV BINUS@Malang, waktu yang dibutuhkan hanya 19 menit.

Kampung Tridi

DKV BINUS@Malang
Sumber : Kompas

 

Kampung Tridi terletak di seberang Kampung Jodipan. Jarak kampung ini dari DKV BINUS@Malang sekitar 11 menit perjalanan. 

Dahulu, Kampung Tridi termasuk kawasan paling kumuh di Malang. Rumah-rumah warga berimpitan di sepanjang Sungai Brantas.

Melihat kondisi yang demikian, warga berinisiatif mempercantik kampung. Mereka mengecat rumah-rumah dengan aneka warna cerah. Selain itu, warga juga membuat lukisan mural di tembok depan rumah masing-masing. 

Kini, Kampung Tridi terkenal dengan lukisan tiga dimensinya. Kampung ini pun dibuka sebagai objek wisata murah yang bertarif hanya Rp2.000 per tiket.

Kampung Kramat Kasin

DKV BINUS@Malang
Sumber : Guideku

 

Kampung Kramat Kasin berada di area pemakaman umum Kelurahan Kasin, Kota Malang. Kendati ratusan nisan berjejer di sepanjang jalan, tidak sedikit pun muncul kesan menyeramkan. Pasalnya, tembok-tembok di Kampung Kramat Kasin dihiasi lukisan mural yang lucu dan unik.

Kamu akan menemukan lukisan mural hantu yang dibuat seperti anime dalam film kartun Jepang. Hantu pocong pun terlihat lucu karena warga melukisnya dalam bentuk pipi chubby dan mata besar mirip boneka.

Ingin tahu seperti apa bentuk para hantu yang dilukis warga Kampung Kramat Kasin? Kamu bisa berkunjung ke sana kapan saja tanpa harus membayar tiket ataupun biaya masuk kampung.

Pasar Parkiran

DKV BINUS@Malang
Sumber : Docar

 

Kamu pernah pergi ke objek wisata Jatim Park 1? Pasar Parkiran merupakan salah satu wahana di Jatim Park 1 yang terkenal dengan kulinernya. Pengunjung bisa menikmati aneka jenis kuliner khas Nusantara dan jajanan khas Jawa Timur di tempat rekreasi tersebut.

Nah, selain kuliner, Pasar Parkiran juga menawarkan wisata mural yang keren. Salah satunya adalah wahana 3D Trick. Ada lebih dari lima 3D Trick di Pasar Parkiran untuk dijadikan spot foto manipulasi. Selain itu, kamu bisa swafoto di depan lukisan glow in the dark yang estetis dan unik.

Museum Satwa Malang

DKV BINUS@Malang
Sumber : Pin Home

 

Museum Satwa Malang terletak di kawasan wisata Jatim Park 2. Fokus utama tempat ini adalah menghadirkan wisata aneka satwa dan beberapa fosil purba yang diawetkan. Fosil hewan purba tersebut dihadirkan dari beberapa negara di seluruh benua.

Selain menampilkan fosil nyata, kamu bisa melihat bentuk muralnya. Lukisan ini dibuat dengan trik tiga dimensi sehingga tampak lebih hidup. Setiap pengunjung diperbolehkan foto di depan lukisan secara bergantian.

 

Mural menjadi salah satu karya seni lukis bernilai estetis tinggi, sarat makna, dan indah dipandang mata. Jika kamu ingin menguasai seni lukis ini, pastikan kuliah di jurusan yang tepat. 

Salah satu jurusan memberikan ilmu seputar karya seni lukis adalah Desain Komunikasi Visual (DKV). Kamu bisa mendaftar di DKV BINUS@Malang yang sudah terbukti berkualitas, baik dari sisi kurikulum maupun pengajarnya. Secara keseluruhan BINUS juga menerapkan standar internasional dalam proses pendidikannya.