Sebagai salah satu kampus swasta terbaik, BINUS UNIVERSITY memang memiliki misi menghasilkan BINUSIAN yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Kali ini, ada cerita menarik dari Dinda Permatasari yang berhasil menjuarai Kompetisi IT Business Case 2021.

Dinda Permatasari adalah BINUSIAN yang terdaftar dalam Jurusan Business Information Technology BINUS UNIVERSITY. Jurusan tersebut bisa kamu temukan di BINUS @Bekasi. Lalu, bagaimana sih ceritanya Dinda bisa jadi juara di kompetisi tersebut? 

Sederhananya, Dinda mengikuti ajang perlombaan Business Case yang diadakan oleh Mandiri Tunas Finance. Dinda menjelaskan bahwa kompetisi ini berbeda dengan Business Case pada umumnya karena menyangkut ilmu informasi dan teknologi.

BINUS UNIVERSITY
Sumber : Binus

 

Mencoba Memberikan Solusi untuk Penyelenggara

Jadi, selain membuat proposal, Dina dan timnya diwajibkan pula untuk membuat prototype dari proposal yang ia ajukan. Kelompoknya sendiri membuat prototype aplikasi mobile. Apa yang menjadi latar belakangnya?

Ternyata, melalui aplikasi tersebut, Dinda dan timnya menawarkan solusi yang sedang dihadapi oleh Mandiri Tunas Finance sebagai penyelenggara kompetisi. Jadi, setiap peserta mendapatkan beberapa contoh kasus yang bisa dipilih. 

Dinda mengaku kompetisi yang diikutinya ini sangat berpengaruh karena semua yang ia kerjakan di lomba tersebut adalah semua yang telah ia pelajari selama kuliah. Misalnya, ia dan timnya bisa menganalisis sebuah permasalahan dan melalui analisis tersebut ia bisa mengajukan sebuah solusi dengan memanfaatkan teknologi informasi. 

Lebih lanjut, Dinda juga menjelaskan bahwa jika dikaitkan dengan materi kuliah yang pernah ia pelajari adalah bagaimana caranya belajar software develo cycle. Mudahnya, ini adalah bagaimana me-manage sebuah proyek yang ingin dilakukan dari sebuah aplikasi.

Terkait kerja tim, Dinda berujar bahwa semua anggota timnya bekerja sama dengan baik, saling membantu dan saling mendukung satu sama lain. Dinda sendiri berperan sebagai UI dan UX Designer, juga membantu analisis dan pengerjaan proposal.

 

Tantangan Apa Saja yang Dihadapi?

Sementara itu, perihal tantangan, Dinda mengakui bahwa dirinya mengikuti kompetisi ini bersamaan dengan proses skripsinya. Jadi, ia harus pandai membagi waktu antara skripsi dan lomba. Pasalnya, bagi Dinda, keduanya sama pentingnya.

Tak hanya itu, pandemi membuat semua hal harus dikerjakan secara online. Ini menjadi tantangan berikutnya bagi Dinda yang sebenarnya lebih menyukai diskusi secara tatap muka alias offline. Namun, karena kerja sama tim yang sudah terjalin baik, komunikasi pun lebih mudah.

Tantangan terakhir yang mesti Dinda hadapi bersama timnya adalah waktu. Pasalnya, lomba tersebut mereka ikuti pada bulan Maret dengan timeline yang bisa dibilang lama.

 

Harapan untuk Diri Sendiri dan BINUSIAN

Kepada dirinya sendiri, Dinda berharap lomba yang ia ikuti ini bisa menjadi motivasi untuk dirinya sendiri untuk terus belajar lebih baik lagi. Baginya, memenangkan lomba ini tak lantas membuat dirinya hebat, tetapi ia merasa mampu melakukannya.

Sederhananya, lomba ini akan menjadi semangat untuk Dinda menjadi lebih baik lagi di masa depan. Ia pun berharap lomba tersebut bisa membantunya untuk mendapatkan karier yang lebih mudah. Sementara itu, untuk masyarakat, Dinda berharap ilmu yang dimilikinya bisa memberikan dampak positif. Begitu pula dengan tempat ia bekerja nantinya.

Pengalaman Dinda tentu menjadi cerita yang menarik, ya! Pasalnya, ia dan timnya mampu mengalahkan 146 tim lain dan menjadi juara pertama, mengalahkan peserta lain yang berasal dari berbagai universitas ternama di Indonesia dan tim selain mahasiswa. 

Nah, kalau kamu ingin mencari tempat kuliah terbaik yang mendukung impianmu, pastikan kamu memilih BINUS UNIVERSITY. Tak hanya mendapatkan bekal ilmu, kamu juga akan dibekali dengan berbagai skill yang pastinya sangat berguna untuk menunjang karier nantinya. 

Tak hanya bekerja, BINUS UNIVERSITY juga sangat mendukung BINUSIAN untuk menjadi pengusaha, lho! Yuk, daftar di BINUS UNIVERSITY sekarang dan siapkan diri untuk bergabung menjadi generasi terbaik di masa depan!