BINUS UNIVERSITY

    Biar Tidak Salah Pilih, Ini Dia Tips Memilih Kosan di Dekat BINUS@Malang

    Kamu mahasiswa baru di BINUS@Malang? Setelah euforia diterima di jurusan yang kamu incar tentunya akan ada banyak hal yang harus kamu urus, mulai dari pendaftaran ulang, hingga persiapan mental menjalani kehidupan baru sebagai mahasiswa. 

    Nah, buat BINUSIAN yang berasal dari wilayah yang jauh dari area kampus BINUS@Malang, tentunya ada tambahan tugas yang harus kamu penuhi: mencari kos yang nyaman! Hal ini perlu dilakukan untuk menghemat biaya ongkos perjalanan juga mengurangi waktu yang terbuang di jalan.

    BINUS@Malang
    Sumber : Yuk bisnis Kost

     

    Menemukan kosan yang sesuai hati dan kantong itu susah-susah gampang. Tapi ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan saat memilihnya. Apa saja? Mari kita simak bersama tips memilih kosan di dekat kampus BINUS@Malang berikut ini biar kamu tidak salah pilih.

    Tentukan Bujet yang Kamu Sanggup

    Hal pertama yang harus kamu tentukan sebelum memilih kosan adalah bujet yang sanggup kamu keluarkan. Semakin besar bujet yang kamu miliki maka akan semakin banyak opsi yang bisa kamu pilih. Hal ini karena tingkat kenyamanan yang ditawarkan sebuah rumah kos umumnya berbanding lurus dengan harga sewanya.

    Saat memperhitungkan komponen biaya kosan dari bujet uang saku bulananmu, kamu tidak hanya harus memasukkan biaya sewa kos, tetapi juga biaya lainnya. Biaya lainnya ini mencakup biaya iuran kosan jika ada, biaya listrik dan air jika dibayar terpisah, dan biaya transportasi jika jaraknya menuju kampus tidak mungkin ditempuh dengan berjalan kaki.

    Untuk rentang harga sewa bulanan kost di area sekitar BINUS@Malang sendiri bervariasi mulai dari 300-ribuan hingga 1,5 juta rupiah. 

    Survei dan Cek Fasilitas

    Setelah menentukan bujet yang masuk akal untuk kondisi keuanganmu, langkah selanjutnya adalah melakukan survei. Zaman sekarang mencari hunian memang bisa melalui berbagai laman daring, tetapi sebelum memutuskan kos yang akan kamu pilih tidak cukup hanya survei daring saja.

    Survei langsung ke lokasi yang kamu incar tetap harus kamu lakukan. Hal ini untuk memastikan lokasi, lingkungan, dan fasilitas yang ditawarkan memang sesuai dengan kebutuhanmu. Saat survei, cek setiap fasilitas yang dipunya rumah kos tersebut, baik fasilitas pribadi maupun fasilitas umum untuk penghuninya.

    Fasilitas utama yang harus kamu cek antara lain: luas kamar, perabotan, ketersediaan kamar mandi, pendingin ruangan, ventilasi udara, dan yang terpenting adalah keamanannya. Fasilitas tambahan yang mungkin kamu pertimbangkan: internet, dapur, laundry, televisi, dan lahan parkir.

    Pilih Lokasi yang Tidak Terlalu Jauh

    Jarak tempuh antara kos dan kampus merupakan hal krusial bagi kehidupanmu sebagai mahasiswa nantinya. Lokasi yang terlalu jauh akan menyulitkanmu untuk datang ke perkuliahan tepat waktu dan beristirahat cukup. Namun, jika harga sewa di area sekitar kampus tidak sesuai dengan bujetmu, pilihlah lokasi dengan jarak yang tidak terlampau jauh dan mudah diakses oleh kendaraan.

    Cek Lingkungan

    Meskipun kamu adalah tipe mahasiswa yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan berkegiatan di kampus, lingkungan sekitar kosan tetap harus kamu pertimbangkan. Sebaiknya pilih area yang dekat dengan pemukiman penduduk dan punya reputasi keamanan yang baik, yang artinya punya tingkat kejadian kriminalitas nihil hingga minimal.

    Selain itu, bagi kamu yang tidak memasak untuk diri sendiri, penting untuk memastikan akses ke restoran dan warung makan di sekitar kosan. Ketersediaan warung kelontong atau minimarket di sekitar rumah kos adalah nilai plus lain yang harus kamu perhitungkan.

    Cari yang Ada Teman Sejurusan

    Memiliki teman sejurusan yang satu rumah kos akan sangat membantu, lo! Kamu tidak hanya punya teman yang menemani perjalanan pulang-pergi ke kampus, kamu juga jadi mudah berdiskusi tentang perkuliahan dan dinamika sebagai mahasiswa.

    Nah, bagaimana? Sudah siap berburu kamar kos untuk menemani perjalananmu sebagai mahasiswa BINUS UNIVERSITY? Semoga bertemu yang sesuai hati dan bujetmu, ya! Selamat berburu kosan!