Kesadaran hidup sehat masyarakat meningkat sejak pandemi Covid-19. Semakin banyak orang yang gemar berolahraga, termasuk bersepeda. Tua muda ramai-ramai menggowes sepeda pagi maupun sore hari. Apakah kamu salah satunya?

Jika ya, bersepeda memang sedang tren setahun belakangan. Kegiatan ini jadi ajang relaksasi sekaligus refreshing usai berkutat dengan berbagai aktivitas online di rumah. Menghirup udara segar, menikmati pemandangan berbeda selain layar gadget, hingga bertemu dengan sesama pesepeda jadi pengalaman menyenangkan.

BINUS @Bekasi
Sumber : Sindo News

 

Buat kamu yang tinggal di sekitar BINUS@Bekasi, ada banyak lho trek bersepeda yang bisa kamu coba. Relatif mudah diakses dari BINUS UNIVERSITY, 5 trek ini wajib masuk daftar tempat gowes pilihanmu.

Summarecon Mall Bekasi (SMB) Loop

Bagi kamu yang lebih suka sepeda santai, SMB Loop harus masuk daftar pertama. Trek ini disebut-sebut sebagai tempat favorit pesepeda Bekasi yang ingin menggowes sembari menikmati suasana jelang matahari terbit maupun terbenam. Apalagi, lokasinya pun tidak jauh dari BINUS UNIVERSITY.

Dengan panjang jalur sekitar 6,5 km, kamu bisa memutari kawasan Summarecon Mall Bekasi yang menyajikan jalanan relatif mulus dan lurus. Paling tidak kamu akan melalui empat putaran, termasuk melintasi landmark piramida terbalik Summarecon. Pas nih buat gowes santai bareng teman-teman.

Yukayuh Bike Hub

Cari trek sepeda yang unik? Datang saja ke Yukayuh Bike Hub, yaitu suatu trek sepeda layang yang berlokasi di area Metropolitan Mall (MM) Bekasi. Berada persis di parkir timur MM, tempat ini dibuka sebagai arena bersepeda sekaligus titik persinggahan mereka yang hendak melintasi sekitar Bekasi.

Bukan cuma trek melayang, pengelola juga menyiapkan berbagai spot foto menarik, cocok untuk ber-selfie ria. Karena berada di kawasan MM, kamu perlu membayar tiket senilai Rp35.000 per orang untuk masuk Yukayuh Bike Hub. Harga tersebut sudah dilengkapi voucher tenant F&B Rp20.000. 

Danau Cibeureum

Sedikit bergeser ke daerah Tambun, ada Danau Cibeureum yang berpunggungan dengan Perumahan Grand Wisata Tambun. Danau alami ini masuk dalam daftar destinasi wisata Kabupaten Bekasi lho. Wajar jika saat akhir pekan Danau Cibeureum cukup ramai dikunjungi pesepeda. 

Jauh-jauh gowes sepeda ke sini, paling pas diakhiri dengan mengisi perut. Di sekeliling danau banyak warung yang menghidangkan aneka makanan dan minuman dengan harga bersahabat. Kamu wajib coba toge goreng, makanan khas Sunda yang punya citarasa unik. Pasti bikin semangat gowes lagi deh!

Sasak Mare

Mengayuh sepeda di atas jembatan kayu pasti terasa mendebarkan sekaligus menyenangkan. Kamu bisa menjajal Sasak Mare di Jalan Cisaat, Desa Kertarahayu, Setu. Jembatan ini tengah naik daun di kalangan pegowes Bekasi karena menghadirkan tampilan yang instagramable. 

Jembatan kayu tersebut seolah membelah sawah yang terbentang luas. Kamu bisa melaju perlahan sambil menikmati udara sejuk, pepohonan hijau, dan langit biru yang tampak bersih. Namun, kamu bakal butuh waktu agak lama untuk antre foto karena tempat ini begitu populer. Sebagai alternatif, coba telusuri lagi kawasan sekitar Sasak Mare, masih ada kok spot foto alami yang nggak kalah keren!

Jatiasih

Penggemar mountain bike wajib banget mencicipi Jalur Jatiasih alias JJ. Trek tunggal ini punya jalur khas dengan berbagai tantangan yang bakal memicu adrenalin kamu. Plus, Jatiasih menawarkan suasana perkampungan asri dan tenang, bertolak belakang dengan kota Bekasi yang begitu sibuk.

Berlokasi tepat di daerah perbatasan Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi, kamu bisa menjumpai trek mangkok sawah hingga turunan ala Grand Canyon. Dengan medan tanah, otomatis Jalur Jatiasih bakal licin saat hujan. Pastikan kamu sudah mengenakan peralatan keselamatan sebelum mengayuh sepeda ke jalur menantang ini.

 

Itu dia 5 trek bersepeda yang bisa kamu jumpai di sekitar BINUS@Bekasi. Kira-kira mana trek yang akan kamu coba lebih dahulu?