Makanan khas suatu daerah paling dicari oleh wisatawan. Bukan hanya untuk disantap di tempat, tetapi juga dibawa sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Saat ini, banyak makanan khas yang telah dikemas dengan baik sehingga lebih tahan lama dan mudah dibawa. Membelikan oleh-oleh untuk keluarga juga merupakan sebuah bentuk perhatian.   

Nah, bagi kamu yang berkuliah di salah satu jurusan di BINUS UNIVERSITY dan ingin mudik ke kampung halaman, oleh-oleh khas Bekasi berikut ini wajib menjadi buah tangan.

  • Dodol Betawi

jurusan di BINUS
Sumber : Kompas

 

Ada banyak jenis dodol yang saat ini bisa ditemukan di pasaran. Salah satunya, dodol betawi yang memiliki warna hitam kecokelatan. Dodol betawi terbuat dari ketan hitam, ketan putih, dan durian. Supaya rasanya enak, dodol betawi harus dimasak selama 8 jam lebih.

Dodol betawi sering menjadi pilihan oleh-oleh dari mereka yang baru saja pulang dari Jakarta dan sekitarnya. Kamu bisa membelinya di pasar atau toko oleh-oleh. Rasa dan aromanya yang khas membuat makanan ini disukai oleh banyak orang. 

  • Kembang Goyang

jurusan di BINUS
Sumber : Youtube

 

Bingung mencari oleh-oleh dari Bekasi untuk keluarga di rumah? Kamu bisa coba kembang goyang. Kue dengan tekstur renyah dan bentuk yang unik ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh di Bekasi. Makanan ini biasanya telah dikemas dengan rapi sehingga praktis untuk dimasukkan ke dalam tas.

Karena berjenis kue kering, kembang goyang cukup tahan lama. Jadi, kamu tak perlu khawatir makanan ini akan basi di perjalanan. Alasan lain memilih oleh-oleh ini adalah karena rasanya bisa diterima oleh semua orang, baik dewasa maupun anak-anak. Harganya pun tak terlalu mahal sehingga pas di kantor mahasiswa.

  • Bandeng Rorod

jurusan di BINUS
Sumber : Tokopedia

 

Kalau di Juwana, Pati, ada bandeng juwana, Bekasi dan sekitarnya terkenal dengan makanan bandeng rorod. Ini adalah makanan khas dari Bekasi yang berbahan bandeng tanpa tulang. Usaha pembuatan bandeng rorod di Bekasi dibangun oleh Afif Ridwan. Ia memproduksi ikan bandeng yang aman untuk dikonsumsi karena tanpa tulang dan duri. 

Bagi kamu yang kuliah di Business Management, salah satu jurusan di BINUS@Bekasi, kisah Afif Ridwan dapat menjadi pelajaran. Pengelolaan bisnis yang baik hingga menghasilkan produk yang dikenal banyak orang tentu membutuhkan banyak pengalaman. Selain berbelanja oleh-oleh, kamu pun bisa mendapatkan ilmu tambahan.

  • Wajik Ketan Hitam

jurusan di BINUS
Sumber : Resep Kue Ranyah

 

Wajik merupakan makanan tradisional dari beberapa daerah. Namun, wajik ketan hitam lebih populer berasal dari Bekasi dan sekitarnya. Makanan khas dengan tekstur yang kenyal ini bisa ditemukan di hampir semua toko oleh-oleh di Bekasi. Karena itu, kamu tak perlu bingung saat akan membeli wajik ketan hitam.

Supaya aman tiba di rumah, makanan ini harus disimpan dengan baik. Usahakan untuk tidak terkena sinar matahari langsung agar awet lebih lama. Rasanya yang lezat dan khas menjadi salah satu alasan bagi kamu untuk memilih wajik ketan hitam sebagai buah tangan bagi keluarga.

  • Kue Biji Ketapang

jurusan di BINUS
Sumber : Kompas

 

Oleh-oleh khas Bekasi lainnya adalah kue biji ketapang. Kue ini memang berbentuk seperti biji ketapang dengan rasa yang manis dan gurih. Teksturnya garing dan sangat cocok disantap sebagai camilan saat santai di rumah. Kue ini sebenarnya mudah dibuat. Namun, kue biji ketapang dari Bekasi memiliki rasa yang khas.

Kamu yang berkuliah di Business Management, jurusan di BINUS@Bekasi yang banyak diminati mahasiswa, dapat belajar untuk membangun bisnis oleh-oleh berupa kue biji ketapang. Siapa tahu, bisnis tersebut menjadi awal dari kesuksesan meski masih berstatus sebagai mahasiswa.

Nah, inilah beberapa jenis makanan khas dari Bekasi yang bisa kamu beli untuk dibawa sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah. Selamat memilih!