Food technology atau teknologi pangan merupakan salah satu program studi yang dipelajari oleh BINUSIAN di BINUS@Alam Sutera. Jurusan ini mempelajari berbagai hal penting terkait makanan dan industri makanan. Mulai dari belajar sifat fisik, kimia, sampai mikrobiologis tentang makanan dilakukan oleh mahasiswa jurusan ini.

Karena setelah lulus kamu akan bekerja di perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor food industry, kamu harus mengetahui bagaimana kondisi dan cara kerja perusahaan-perusahaan makanan. Tak heran jika kunjungan ke pabrik atau perusahaan makanan kerap jadi rutinitas mahasiswa jurusan teknik pangan di universitas manapun di Indonesia.

Food Technology
Sumber : Binus

 

Kalau kamu masih bingung mau ingin melakukan kunjungan atau riset ke mana, ada beberapa perusahaan makanan di Tangerang dan sekitarnya yang bisa kamu pertimbangkan. Apa saja?

  • PT Anugerah Citra Boga

Lebih dikenal dengan nama Baso Karawaci, perusahaan yang beralamat di Jalan Industri Bojong Larang, No. 7, Karawaci ini merupakan produsen aneka produk olahan daging. Bermula dari usaha keluarga pada tahun 1970-an, Baso Karawaci tumbuh menjadi sebuah bisnis besar. Jika tadinya hanya menargetkan pasar tradisional, kini produk olahan daging Baso Karawaci turut meramaikan pasar modern. 

Kalau kamu tertarik membuat penelitian mengenai produk olahan daging, PT Anugerah Citra Boga bisa jadi tempat riset yang tepat untukmu.

  • PT Pondan Pangan Makmur

Kamu pasti sudah tidak asing dengan merek Pondan, bukan? Perusahaan yang memproduksi cake mix, cookies mix hingga ice cream mix ini beralamat di Jalan Industri VII No. 12 Blok M, Desa Pasir Jaya, Kota Tangerang. Perusahaan ini sudah mengekspor produknya sampai ke Amerika Serikat dan Eropa, jadi kamu bisa belajar banyak tentang produk Pondan dengan berkunjung ke pabriknya.

  • PT Olagafood

Perusahaan makanan yang berkantor pusat di Medan ini dikenal dengan produk mi instannya seperti Alhami, Santrie Mi, Alimi, hingga Maitri. Namun selain mi, Olagafood belakangan juga mengembangkan jenis produknya ke minuman kemasan. Dengan pasar yang sudah luas, kamu bisa belajar tentang jaringan bisnisnya selain belajar tentang makanan.

Pabrik Olagafood di Tangerang beralamat di Kawasan Industri Jatake atau lebih tepatnya di Jl. Industri Raya Blok H No. 14, Pasirjaya, Jatiuwung, Kota Tangerang.

  • PT Kobe Boga Utama

PT Kobe Boga Utama secara umum bergerak di empat sektor, yakni ritel, food service, export, hingga contract manufacturing. Produk makanan yang mereka hasilkan seperti Tepung KOBE, BonCabe, serta Selera Oyster Sauce. PT Kobe Boga Industri juga melayani kerja sama produksi makanan dan minuman untuk suplai industri. Perusahaan ini beralamat di Jalan Manis Raya No. 15, Kadu, Kecamatan Curug, Tangerang.

  • PT Dolphin Food and Beverages

Perusahaan ini merupakan bagian dari grup perusahaan dengan berbagai macam produk industri mulai dari cat hingga bahan kimia. Sebagai salah satu anak perusahaan, PT Dolphin Food and Beverages menghasilkan aneka camilan seperti wafer, cokelat, dan permen. Kalau tertarik untuk mengadakan kunjungan, kamu bisa datang ke Jalan Industri Raya III Blok AE, Bunder, Tangerang.

Belajar tentang teknik pangan di kelas akan memberikanmu teori dasar. Namun, datang dan melihat langsung bagaimana makanan diproduksi di pabriknya tentu akan menjadi pengalaman tersendiri.

Perlu diingat bahwa untuk melakukan kunjungan ke pabrik, biasanya mahasiswa harus memiliki izin baik dari kampus maupun dari pihak pabrik. Pastikan kamu mengikuti prosedur yang disyaratkan sebelum kamu melakukan kunjungan atau penelitian ke pabrik-pabrik makanan di atas, ya!