BINUS UNIVERSITY

    7 Peluang Usaha di Bandung untuk Lulusan BINUS Creativepreneurship@Bandung

    Sebagai lulusan Creativepreneurship@Bandung, kamu dituntut mampu membuat rancangan business plan yang kreatif. Lulusan Creativepreneurship juga harus bisa mengeksploitasi jejaring, menganalisis pasar, serta mengeksplorasi rumusan sumber daya efektif.

    Creativepreneurship
    Sumber : Universitas 123

     

    Dengan kemampuan tersebut, kamu bisa memulai usaha dengan ide-ide inovatif. Sebagai referensi, berikut ini ada tujuh peluang usaha di Bandung yang cocok untuk lulusan Creativepreneurship@Bandung.

    Kafe Instagramable dan Punya Fasilitas Lengkap

    Bandung merupakan salah satu kota pendidikan yang memiliki banyak perguruan tinggi. Karena itu, di Bandung banyak anak muda, baik dari kalangan pelajar maupun mahasiswa.

    Rata-rata anak muda di Bandung sering berkumpul di kafe dengan teman-temannya. Sebagian dari mereka memilih kafe untuk mengerjakan tugas kelompok. Sementara itu, sisanya menjadikan kafe sebagai tempat tongkrongan di sore hingga malam hari.

    Oleh karena itu, membuka kafe adalah bisnis potensial di Bandung. Agar kafe tersebut menarik, kamu harus menghadirkan fasilitas lengkap, khususnya internet. Pasalnya, anak muda yang nongkrong kerap membutuhkan internet untuk mengerjakan tugas atau sekadar bermain medsos (media sosial).

    Selain internet, kamu mesti menyediakan toilet, musala, serta tempat duduk yang nyaman. Desain kafe juga harus mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya, banyak anak muda betah di kafe instagramable karena indah dipandang mata dan bisa berfoto selfie.

    Bisnis Fesyen Kekinian

    Sejak dahulu, Bandung dikenal sebagai pusat industri fesyen terbaik di Indonesia. Kota ini memproduksi beragam pakaian, sepatu, dan tas yang kualitasnya terjamin. Bahkan, beberapa produk buatan Bandung diekspor ke luar negeri dan dijual kembali dengan brand mahal.

    Kamu juga bisa memulai bisnis fesyen usai lulus kuliah Creativepreneur@Bandung. Namun, memulai bisnis fesyen tidak harus dengan membuka toko fisik atau berjualan secara konvensional. Sebagai lulusan kreatif, kamu bisa menjajakan produk di marketplace atau membuat toko online sendiri.

    Bisnis Pertanian Online

    Bisnis pertanian online makin marak sejak pandemi COVID-19 dinyatakan masuk ke Indonesia. Pasalnya, selama pandemi, masyarakat enggan keluar rumah sehingga membutuhkan layanan pesan dan antar produk pertanian.

    Kamu juga bisa memanfaatkan peluang bisnis tersebut dengan membuka penjualan sayuran kemasan secara online. Agar makin menarik, berikan label organik pada kemasan sayuran. 

    Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, kamu bisa bekerja sama dengan petani sayuran hidroponik. Hal itu karena mayoritas konsumen di masa kini menganggap produk hidroponik lebih bersih dan sehat.

    Buka Layanan Digital Printing 

    Digital printing merupakan bisnis yang banyak dijalankan oleh anak muda di perkotaan. Kendati persaingannya tinggi, kamu tetap bisa mendapatkan konsumen. Pasalnya, sebagian besar masyarakat kota membutuhkan jasa digital printing untuk membuat produk berbasis gambar dan tulisan cetak.

    Contoh produk digital printing yang bisa kamu tawarkan, antara lain mug, tas, banner, kaos, serta gantungan kunci. Kamu juga dapat menyediakan layanan pembuatan desain kemasan, brosur, stiker, dan berbagai media pemasaran konvensional.

    Makanan Cepat Saji

    Mayoritas masyarakat kota memiliki banyak kesibukan sehingga tidak mempunyai cukup waktu untuk masak di rumah. Mereka lebih memilih membeli makanan di restoran atau rumah makan langganan. Karena itu, layanan makanan cepat saji merupakan menjadi salah satu bisnis potensial di perkotaan.

    Jika kamu ingin membuka resto makanan cepat secara fisik, pastikan desain tempatnya simpel. Untuk luas resto, upayakan tidak terlalu besar. Pasalnya, makanan cepat saji ditujukan untuk konsumen yang ingin membawa pulang pesanannya.

    Usaha Catering

    Berbagai acara hajatan, konser, serta pertunjukan seni kerap diselenggarakan di Kota Bandung. Acara-acara tersebut biasanya memerlukan jasa catering untuk menyediakan makanan berat maupun jajanan khas Bandung.

    Jadi, kamu yang ingin membuka usaha catering, tidak ada salahnya bekerja sama dengan event organizer. Pasalnya, kegiatan besar di Bandung kerap mengandalkan event organizer untuk mengatur jalannya acara.

    Bisnis Hotel 

    Bandung merupakan salah satu kawasan yang terkenal dengan keindahan tempat wisatanya. Hampir tiap akhir pekan, Bandung selalu ramai dikunjungi wisatawan dari luar kota. Karena itu, bisnis penginapan bisa berkembang cepat di sekitar Kota Bandung.

    Untuk mempercepat perkembangan bisnis penginapan, kamu bisa memanfaatkan layanan kerja sama dengan platform penjualan tiket online. Melalui platform tersebut, kamu bisa mempromosikan bisnis penginapanmu.

    Demikian ulasan seputar peluang usaha di Bandung yang cocok untuk lulusan Creativepreneurship. Tunggu apa lagi? Mulai bisnismu dari sekarang dan raih sukses lebih awal bersama BINUS Creativepreneurship@Bandung.