Saat kalender menunjukkan akhir bulan, sudah pasti kamu perlu menghemat pengeluaran. Salah satu pos pengeluaran terbesar adalah makan. Meski harus berhemat, bukan berarti kamu hanya bisa terus menyantap mi instan lho. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya perut tetap kenyang tanpa bikin kantong bolong.

BINUS@Alam Sutera
Sumber : Detik

 

Selain memasak sendiri, kamu juga bisa cari tempat yang menjajakan makanan murah meriah alias jajanan kaki lima. Berhubung kamu sedang berkuliah di BINUS@Alam Sutera, yuk, intip mana saja rekomendasi kuliner kaki lima atau street food yang pas buat makan enak saat tanggal tua.

Pasar 8 Alam Sutera

Tentu saja yang harus disebut pertama adalah Pasar 8 Alam Sutera yang masih satu kawasan dengan BINUS@Alam Sutera. Mengusung konsep pasar modern tertutup, kamu bisa menjumpai pedagang aneka bahan segar, perlengkapan rumah tangga, serta pusat kuliner. 

Mayoritas kuliner Pasar 8 dipadati hidangan khas Indonesia dan Cina. Menjumpai aneka makanan nonhalal relatif mudah di sini, seperti Bakmi Ahiung Khas Jambi dan Kedai Tang. Untuk makanan halal, kamu bisa cicipi Rantang Medan, Warung Sop Ayam Pak No Solo, dan Bubur Ayam & Nasi Tim E’nak. 

Pasar Lama Tangerang

Sedikit bergeser ke pusat  kota Tangerang, wajib hukumnya untuk menelusuri kawasan Pasar Lama. Dari pagi sampai malam hari, Pasar Lama selalu ramai oleh pembeli yang ingin berbelanja maupun berwisata kuliner. Mengingat kawasan ini identik sebagai Pecinan Tangerang, kamu bisa mencicipi makanan kaki lima legendaris yang tidak akan dijumpai di tempat lain.

Sebut saja, Sate Haji Ishak yang menyajikan sate ayam berbumbu kacang melimpah. Lalu, ada Asinan Sayur Sewan Bedeng serta Nasi Uduk dan Ketupat Sayur Encim Sukaria. Penggemar bubur harus sabar menunggu warung Bubur Ayam Ko Iyo buka saat sore hari. Oya, jangan lupa cicipi kesegaran Es Podeng DPN Varia yang selalu laris manis!

Pasar Modern BSD

Sekarang kita main dulu ke BSD City, tepatnya di Pasar Modern BSD. Salah satu pelopor pasar berkonsep modern ini nyaris tidak pernah sepi. Saat orang berbelanja sayur di pagi hari, kamu bisa menikmati berbagai hidangan lezat yang ramah di kantong. Sebut saja, aneka jajan pasar, Roti Nogat, hingga menyeruput kopi di Rosso’ Micro Roastery.

Begitu sore datang, warung tenda mulai membuka lapaknya. Berbagai santapan lezat dan unik bisa kamu cicipi di sini. Kalau suka masakan Jepang, wajib coba Teras Jepun yang sedang naik daun. Ada juga Wakacao, Sop Kambing Oong Junaedi, aneka es di Sinar Garut, dan Permata 99 Chinese Food & Seafood. 

Pasar Modern Paramount Summarecon Serpong

Dari Pasar Modern BSD, arahkan petualangan kuliner kaki lima kamu ke Pasar Modern Paramount Serpong. Kuliner khas Pontianak dan Cina mendominasi tenda kaki lima yang buka malam hari ini. Pertama, ada Pontianak 85 yang terkenal dengan camilan ala ibukota Kalimantan Barat itu, seperti choi pan dan tau suan cakwe.

Lalu, ada Hiyoshi Rice Bowl yang menawarkan masakan Jepang dengan harga bersahabat. Ada juga Pisang Goreng Cita Rasa ala Thailand dan Cha Ko Kue dengan mi pan goreng sebagai menu andalan. 

Taman Jajan CBD Bintaro

Agak jauh memang dari BINUS@Alam Sutera, tetapi deretan warung kaki lima di kawasan ini wajib masuk daftar petualangan kuliner kamu. Mengusung konsep food court, kamu dapat memilih camilan, minuman segar, sampai makanan berat. 

Salah satu menu paling dicari adalah Nasi Uduk Pak Jhon. Buat penggemar makanan Jepang, bisa intip aneka menu Hoshiko Ramen & Fusion Sushi. Nikmati juga masakan khas Thailand di Bangkok Tomyum, serta sajian serba pasta di Pastabi. Lengkap kan?

 

Itulah 5 rekomendasi street food alias kuliner kaki lima di sekitar BINUS@Alam Sutera. Jangan lupa cek dulu jam buka tempat makan incaranmu. Rumah makan yang menempati ruko pasar kebanyakan buka saat pagi hari, sedangkan warung tenda biasanya buka sore sampai malam hari.

Jadi, kamu mau petualangan kuliner ke mana dulu nih?