Sebagai BINUSIAN Business Hotel Management, membangun perjalanan kuliner jadi suatu keharusan. Kamu perlu memiliki pengalaman rasa yang beragam, bukan hanya menikmati makanan yang disukai saja. Langkah ini penting supaya kamu bisa mengapresiasi kekayaan kuliner lokal sekaligus memberi inspirasi untuk menciptakan hidangan baru.

BINUS @Bekasi
Sumber : Kompas

 

Jika kamu ingin mulai mencoba petualangan rasa, tidak perlu jauh-jauh kok. Ada banyak kuliner legendaris yang bisa kamu cicipi di sekitar BINUS@Bekasi. Penasaran apa saja? Yuk, kita intip bersama mana saja kuliner tersohor Bekasi yang sudah dikenal lintas generasi.

Sayur Gabus Pucung

Apa sih menu paling dicari saat menyantap makanan khas Betawi? Ibarat rendang di masakan Minang, sayur gabus pucung jadi hidangan yang harus kamu coba saat mencicipi makanan penduduk asli Bekasi.

Sesuai namanya, ikan gabus goreng jadi bintang hidangan berkuah ini. Ramuan rempah-rempah dalam sayur gabus pucung membuat penampilannya khas, yaitu berkuah hitam berkat kandungan kluwek. Rasa ikan yang asin berpadu sempurna dengan kuah gurih yang pekat. Sudah pasti lezat disantap bersama sepiring nasi hangat!

Ada dua tempat yang bisa kamu tuju untuk menikmati sayur gabus pucung. Pertama, Rumah Makan Udin Kombo di kawasan Harapan Indah. Kedua, Pondok Gabus Lukman yang berdampingan dengan Kompleks GOR Bekasi. 

Kue Sagon

Kue sagon bakal membawamu ke masa kecil saat berkunjung ke rumah nenek. Ya, camilan khas ini pasti sering disajikan dalam toples besar kaca di atas meja tamu. Cita rasa kue sagon gurih dengan tekstur yang lumer di mulut.

Semua berkat perpaduan tepung beras dan kelapa parut. Lebih dahulu tepung beras disangrai untuk menghilangkan aroma terigu. Kemudian, adonan tepung itu dicampur dengan kelapa parut. Lalu, kue dicetak dalam berbagai bentuk, mulai dari bulat pipih hingga persegi panjang. 

Terbayang kan aroma lezat yang merebak setelah kue ini matang? Kamu bisa membeli kue sagon di Roti Sagon Monas di Kalijaya, Cikarang Barat. Sssttt … harganya terjangkau lho, cuma Rp15.000 saja!

Wajik Ketan dan Dodol Betawi

Bagi orang Betawi, wajik ketan bukan hanya sekadar camilan manis. Tekstur wajik ketan yang lengket melambangkan perekat tali silaturahmi. Terbuat dari campuran gula merah, santan, dan beras ketan, adonan akan dikukus untuk menghasilkan wajik yang empuk dan padat.

Lalu, ada saudara dekat wajik yang juga memiliki citarasa serupa, yaitu dodol Betawi. Butuh keterampilan khusus dan kesabaran luar biasa untuk membuat dodol ini. Lamanya proses pembuatan menciptakan rasa dodol yang legit, kenyal, dan tentu saja nikmat. 

Wajik ketan dan dodol jadi camilan khas Bekasi yang wajib ada di meja saat hari raya. Namun, kamu bisa membelinya sekarang di Warung Mpok Nini, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan.

Sop Janda

Nama “Janda” dalam hidangan berkuah ini ternyata singkatan dari Jawa-Sunda. Salah satu ikon kuliner Bekasi ini memiliki citarasa yang kaya. Kuah gurih berasal dari tulang dan daging sapi yang direbus lama hingga mengeluarkan sari-sari nan lezat. 

Bumbu rempah-rempah menciptakan rasa unik, segar, sekaligus pedas. Apalagi, biasanya dalam semangkuk sop janda kamu akan menjumpai cabai ceplak ijo berukuran cukup besar. 

Nah, kamu bisa datang langsung ke Sop Janda Ma Idah di Jalan Cut Mutia atau Sop Janda Jawa Sunda di daerah Pekayon. Cocok nih buat rekomendasi santap siang, terlebih saat hujan turun. Nikmat!

Nasi Uduk Betawi 

Kelaparan saat malam hari? Tenang saja, Bekasi menawarkan berbagai pilihan hidangan untuk memadamkan rasa lapar tersebut. Jika kamu mencari makanan berat, nasi uduk khas Betawi jelas jadi pilihan utama.

Adalah Nasi Uduk Bang Bule yang disebut-sebut sebagai salah satu kuliner legendaris Bekasi. Usaha warisan keluarga ini menyajikan nasi uduk gurih dengan aneka hidangan lezat sebagai teman bersantap. 

Favorit pelanggan tak lain semur jengkol dengan bumbu kecap khas. Lalu, ada juga empal daging, semur tahu tempe, soun godog, dan dendeng sapi. Jangan lupa sambal cabai rawit hijau untuk memperkaya rasa. Hmmm … sudah terbayang seperti apa kelezatan nasi uduk ini?

 

Demikian 5 kuliner legendaris Bekasi yang wajib kamu coba. Semoga referensi ini semakin memperkaya khazanah kamu sebagai BINUSIAN Business Hotel Management ya. Pasti bisa jadi inspirasi kamu untuk menciptakan hidangan baru saat praktik di Cooking Studio BINUS@Bekasi.