Membangun bisnis saat masih kuliah, mengapa tidak? Ada beberapa pilihan bisnis yang memungkinkan untuk diurus di sela-sela waktu menjadi mahasiswa. Bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan berupa uang, kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar mengelola bisnis.

Apabila kamu adalah mahasiswa jurusan Business Management di BINUS UNIVERSITY, ada modal awal nih untuk memulai bisnis. Kamu bisa sekaligus mempraktikkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah. Nah, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis bisnis yang akan dikembangkan. Bagi BINUSIAN yang tinggal di Bekasi, ini beberapa pilihannya.

Binus University
Sumber : Indo Trading

 

  • Membuka usaha kuliner

Apakah kamu suka memasak? Keahlian itu bisa kamu gunakan sebagai modal untuk berbisnis. Sebagai mahasiswa, kamu tentu terbatas dari segi waktu, peralatan, dan modal. Karena itu, mulailah dengan bisnis sederhana, misalnya membuat makanan kecil untuk dijual. Prosesnya simpel dan biaya membeli bahannya tidak terlalu mahal.

Selain itu, kamu juga dapat membuka usaha katering kecil-kecilan. Mulailah melayani dua hingga tiga pelanggan. Jika dilakukan dengan konsisten, keuntungan yang kamu peroleh cukup lumayan. Melalui proses ini, kamu bisa mengasah keahlian memasak sekaligus berbisnis kuliner.

  • Membuka bisnis les privat

Bagi kamu yang senang berkecimpung di dunia pendidikan, manfaatkan hobi itu untuk mendapatkan uang. Salah satu caranya dengan membuka les privat. Kamu bisa menawarkan jasa mendampingi anak-anak sekolah yang sedang belajar online. Dengan kehadiran guru pendamping, anak-anak akan lebih terbantu untuk memahami pelajaran.

Kamu juga dapat bekerja sama dengan mahasiswa BINUS UNIVERSITY lain untuk mengembangkan bisnis les privat ini. Makin banyak siswa yang mengikuti les privat, tentu akan makin banyak guru les yang dibutuhkan. Bukan hanya pelajaran sekolah, kamu juga bisa membuka les privat yang berkaitan dengan hobi atau keahlian tertentu, misalnya bermain musik.

  • Mengembangkan bisnis aksesori

Aksesori bukan hanya untuk wanita, tetapi juga pria. Dengan menggunakan aksesori, penampilan dapat menjadi lebih menarik. Jenis aksesori pun bermacam-macam, seperti perhiasan, topi, syal, jam tangan, kacamata, dan sebagainya. Aksesori biasanya dibuat berdasarkan tren saat itu. Dengan mengenakan aksesori, seseorang dapat menjadi lebih modis.

Kamu pun dapat memanfaatkan kebutuhan akan aksesori sebagai ladang bisnis. Pilihlah satu jenis aksesori yang menurut kamu sangat potensial dan akan menghasilkan keuntungan. Setelah itu, mulailah merencanakan proses pembuatan hingga penjualan produk tersebut. Jangan lupa, rajin promosi di media sosial agar makin banyak yang mengenal produk kamu.

  • Mengelola jasa event organizer

Sebagai mahasiswa BINUS UNIVERSITY, kamu pasti sudah terbiasa mengikuti bahkan menangani suatu pagelaran acara di kampus. Pengalaman ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis sendiri. Caranya dengan membuka usaha jasa event organizer (EO). 

Untuk memulai bisnis ini, kamu tentu harus memiliki tim yang solid dan andal. Karena itu, ajaklah beberapa teman yang memiliki minat yang sama untuk mengembangkan bisnis EO saat kuliah. Kamu bisa menangani berbagai event, mulai dari ulang tahun, acara pernikahan, hingga konser musik.

  • Jual beli barang bekas

Jangan salah, barang bekas juga masih ada nilainya. Bisnis ini pun bersifat ramah lingkungan karena memanfaatkan barang-barang yang masih layak pakai. Untuk mengembangkan bisnis ini, kamu perlu memiliki banyak kenalan mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang sebentar lagi lulus kuliah. Kemudian, tawarkan untuk menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Ide bisnis ini bisa dijalankan oleh mahasiswa BINUS UNIVERSITY karena waktunya sangat fleksibel. Kamu pun bisa belajar untuk menerapkan strategi marketing demi mendapatkan banyak pembeli. Nah, agar bisnis ini jual beli barang bekas lebih lancar, kamu harus jeli memilah jenis barang yang memiliki nilai jual tinggi.

Belajar entrepreneurship sejak masih kuliah di BINUS@Bekasi adalah modal yang sangat berharga setelah lulus nanti. Kamu pun memiliki kesempatan untuk bersaing dengan usaha-usaha lain karena telah memiliki pengalaman sekaligus ilmu yang memadai untuk mengelola bisnis.