Animasi merupakan susunan gambar yang bergerak dalam satuan detik. Gambar yang disusun sedemikian rupa menghasilkan pergerakan yang bisa kita pahami. Misal seperti orang berjalan,mata berkedip, mulut berbicara, dan masih banyak lagi. Animasi juga banyak dipakai di berbagai produk, seperti film, iklan, hingga mendukung kebutuhan persentasi. Saat ini, animasi merupakan hal yang populer, terutama di kalangan anak muda yang dekat dengan gadget. Kemampuan membuat animasi yang menarik perhatian dan bagus, menjadi sebuah pekerjaan yang dicari-cari dan dibayar tinggi loh! Apakah kamu tertarik untuk belajar lebih dalam tentang animasi? Kelima website ini cocok banget buat kamu!

Yuk kita simak!

  1. Powtoon

Teruntuk kamu yang ingin membuat persentasi yang berbeda dari yang lain, atau ingin membuat video youtube, kamu bisa banget pakai Powtoon! Powtoon merupakan website yang menyediakan beberapa template animasi berupa background dan karakter seperti pria dan wanita. Kamu bisa sesuka hati menggabungkan berbagai unsur tersebut, termasuk gambar, kalimat, voice over, dan musik, menjadi sebuah video yang enak dipandang. Fitur gratis Powtoon memungkinkan kamu untuk bisa membuat video dengan durasi maksimal 3 menit. Jika ingin mendapat fitur lain dan durasi yang lebih panjang, kamu harus mengambil langganan berbayar.

  1. Moovly

Moovly merupakan website untuk membuat animasi gratis! Moovly menyediakan template, ribuan foto, video dan suara, serta memiliki fitur untuk upload ke youtube, seperti powtoon. Jika kamu merasa stylemu lebih cocok dengan moovly, kamu bisa banget berlangganan berbayar untuk mendapat akses yang lebih banyak lagi!

Moovly cocok digunakan untuk membuat animasi persentasi yang formal, dan ada template Doodle Marker loh!jadi kamu bisa buat video seakan-akan itu tangan kamu yang nulis! Penasaran? Langsung cobain aja deh!

  1. Animaker

Nah yang ketiga, ada animaker nih temen-temen! Animaker ini juga gak kalah keren loh! Animaker memiliki berbagai video, foto, dan sangat mudah digunakan! Ada 1000 template lebih, dan kamu bisa mendesain karakter manusia dari atas sampai bawah! Keren banget sih. Terakhir, selain gratis, kamu bisa mengecilkan ukuran video juga disini.

  1. Animatron

Meskipun namanya mirip animaker, tapi ini website yang berbeda. Kamu bisa membuat video animasi dengan dasar HTML 5. Animatron juga memberika kursus untuk kamu yang tidak tahu basic animasi. Terdapat beberapa template, seperti membuat video penjelasan, video papan tulis, dan masih banyak pilihan lainnya. Kamu bisa berlangganan gratis maupun berbayar. Untuk fitur gratis, video yang bisa dibuat hanya 1 menit, dan maksimal membuat 5 video. Tapi jika kamu sudha mulai jago, kamu bisa berlangganan berbayar dan mendapat akses yang lebih banyak!

  1. Motionden

Terakhir, ada motionden nih guys. Motionden memberikan akses video gratis, template gratis, dan berbagai fitur untuk adjust video kamu jadi sebagus mungkin. Kita juga bisa menambahkan musik, suara, text atau video kita snediri juga disini! Dan seperti wbesite-website lainnya, website ini gratis!

Nah itu dia 5 website untuk kamu belajar animasi secara gratis! Buat kamu yang tertarik dengan dunia design, komunikasi visual, hingga animasi, kamu bisa bergabung dengan jurusan Visual Communication Design BINUS @Bandung atau jurusan yang sering disebut juga sebagai DKV! Nanti kamu akan mendapat kesempatan untuk belajar di kampus BINUS@ Greater Jakarta juga loh dengan mengikuti Mobility Program! Selain itu dengan fasilitas yang maksimal dan Enrichment Program dari BINUS UNIVERSITY, kamu bisa mewujudkan ide bisnismu! Penasaran? Info selengkapnya bisa kamu akses di https://binus.ac.id/program/visual-communication-design-bandung/