Matematika dan ilmu komputer adalah dua bidang keilmuan yang berbeda. Namun, keduanya bisa dipadukan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan teknologi masa kini. Dalam mempelajari ilmu komputer, penguasaan terhadap matematika pun diperlukan. Beberapa di antaranya, matematika biner, aljabar, statistik, kalkulus, dan sebagainya.

Nah, kamu bisa mengikuti program studi Computer Science and Mathematics di BINUS UNIVERSITY. Kurikulum yang ditawarkan bertujuan untuk membekali mahasiswa seputar matematika dan ilmu komputer sekaligus penerapannya di dunia kerja. Lalu, apa saja bidang pekerjaan yang bisa kamu geluti setelah lulus dari jurusan ini? Berikut di antaranya.

Binus University

  • Teknologi Informasi

Kamu dapat menjadi software developer dan game developer selepas kuliah dari BINUS UNIVERSITY. Profesi ini sangat dibutuhkan pada masa sekarang. Software developer adalah orang yang menganalisis kebutuhan akan perangkat lunak dan mengembangkannya. Bersama dengan programmer dan system analyst, software developer mendesain sebuah sistem atau aplikasi.

Selain itu, kamu pun bisa menggeluti bidang pengembangan game. Seorang game developer membuat aplikasi khusus untuk permainan video. Game developer membuat software yang bisa digunakan untuk bermain video game di berbagai perangkat, seperti smartphone atau PC. Video game telah menjadi tren pada masa sekarang, bahkan menjadi hobi yang dipertandingkan.

  • Komputer

Profesi network specialist juga bisa kamu geluti setelah lulus dari prodi Computer Science and Mathematics. Tugasnya adalah memelihara infrastruktur jaringan IT di sebuah perusahaan. Network specialist memantau keamanan jaringan, mengumpulkan data kinerja jaringan, serta mengoptimalkan kapasitas server perusahaan.

Masih di bidang yang sama, ada pula peluang merintis karier sebagai computer simulation specialist. Computer simulation adalah simulasi yang bisa dijalankan oleh sebuah komputer untuk menunjukkan perilaku sistem yang digunakan. Simulasi komputer bisa digunakan di berbagai bidang ilmu, seperti matematika, fisika, biologi, ekonomi, dan sebagainya.

  • Industri

Di bidang industri, lulusan Computer and Science and Mathematics juga bisa menjadi seorang quantitative product planner. Product planning atau perencanaan produk adalah proses untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar sehingga bisa menentukan rangkaian fitur produk. 

Product planner bertugas mengambil keputusan soal harga, distribusi, dan promosi. Peran ini sangat dibutuhkan dalam mengembangkan sebuah perusahaan.

Profesi lain adalah sebagai optimization analyst. Tugas seorang optimization analyst adalah mengoptimalkan kinerja web untuk pelanggan. Ia dapat menyarankan perubahan dan strategi berdasarkan data demi memenuhi kebutuhan klien. 

  • Bisnis

Kamu dapat menjadi seorang Actuarial Analyst setelah lulus dari program studi ini. Tugasnya antara lain memperkirakan probabilitas biaya ekonomi dalam sebuah peristiwa, meminimalkan risiko maupun mengoptimalkan keuntungan pada sebuah perusahaan, serta menganalisis data statistik yang dikumpulkan.

  • Manajemen

Di bidang manajemen, profesi terkait adalah business analyst. Tugasnya adalah menganalisis persyaratan dalam rangka perubahan dalam bisnis atau kebijakan perusahaan. Tujuannya adalah menciptakan efisiensi, profitabilitas, dan produktivitas dalam perusahaan. Kehadiran business analyst akan membuat manajemen dalam perusahaan bergerak secara efisien dan efektif.

Masih ada banyak pilihan karier yang bisa kamu geluti setelah lulus program studi Computer Science and Mathematics. Karena itu, tak perlu ragu untuk memilih berkuliah di jurusan ini. Apalagi kamu akan mendapatkan ilmu dan fasilitas yang lengkap jika memilih BINUS UNIVERSITY sebagai tempat untuk belajar. 

Mata kuliah yang kamu pelajari di sini tergabung dalam kurikulum yang lengkap dan berkesinambungan. Beberapa di antaranya Programming Language Concepts, Data Structures, Probability and Statistics, Mathematical Statistics, Object Oriented Programming, dan sebagainya.

Selain itu, mahasiswa juga diharuskan untuk mengikuti enrichment program yang diinisiasi BINUS UNIVERSITY guna mengasah keahlian mahasiswa. Berbekal pengalaman bekerja di dunia kerja yang sesungguhnya, mahasiswa akan lebih mampu bersaing setelah lulus kuliah.