Tidak hanya memberikan bekal berupa pengetahuan dan kompetensi, BINUS UNIVERSITY juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi untuk mengikuti program Master Track Master of Information Technology. Lewat program ini, kamu bisa memperoleh gelar S1 dan S2 di bidang teknologi informasi hanya dalam tempo 5 tahun saja.

Segera ambil program Master Track Master of Information Technology di BINUS UNIVERSITY. Setelahnya, ada berbagai prospek karier yang menunggumu. Apa saja?

Binus University

Business Intelligence Analyst

Business intelligence analyst atau analis kecerdasan bisnis bertugas mengubah data menjadi informasi yang berguna mendorong kemajuan bisnis. Melalui penggunaan analisis, visualisasi, serta teknologi dan pemodelan data, seorang analis kecerdasan bisnis bisa membantu departemen, manajer, dan eksekutif lain dalam membuat keputusan bisnis untuk memodernisasi dan meningkatkan proses dalam bisnis.

Posisi ini makin banyak dibutuhkan karena perusahaan biasanya akan bergerak untuk memanfaatkan data yang mereka kumpulkan. Seorang analis umumnya menemukan penyebab kerugian dan mengidentifikasi di bagian mana perbaikan bisa dilakukan agar kerugian tidak terjadi lagi.

Business Intelligence Manager

Seorang manajer intelijen bisnis menggunakan analisis data untuk memberi masukan dan rekomendasi bagi perusahaan untuk membuat keputusan. Sebagai manajer intelijen bisnis, kamu bertanggung jawab mengelola analis dan pengembang data. Tugas kamu termasuk menilai kebutuhan perusahaan, mengumpulkan informasi, dan melaporkan tren industri kepada seluruh manajemen. Untuk bisa sukses dalam karier ini, kamu dituntut untuk bisa melakukan penelitian dan membuat saran untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

Big Data Analyst

Tugas seorang data scientist dan big data analyst sering kali tumpang tindih karena keduanya sama-sama melibatkan big data. Data scientist terlibat dalam mengumpulkan, memproses, dan menganalisis big data untuk memperoleh informasi yang menguntungkan bagi perusahaan.

Tanggung jawab seorang big data analyst adalah memahami informasi tersebut dan mengidentifikasi cara mengubahnya menjadi strategi bisnis yang dapat ditindaklanjuti. Posisi ini memiliki satu tujuan fundamental, yakni untuk membantu bisnis menemukan potensi sebenarnya dari big data dalam memengaruhi keputusan bisnis secara positif.

Cyber Security Manager

Seorang cyber security manager bertugas untuk menciptakan perlindungan sistem informasi, mendeteksi ancaman terhadap sistem tersebut, dan merespons ancaman yang terdeteksi dari dunia maya. Dalam karier ini, tugas dan tanggung jawab kamu adalah membuat rencana yang dapat dilakukan ketika terjadi serangan dunia maya atau cyber attack.

Kamu juga harus menyiapkan tindakan untuk melindungi komputer perusahaan atau organisasi dan infrastruktur database. Selain itu, kamu berkesempatan terlibat dalam pelatihan karyawan di perusahaan. Tujuannya adalah agar mereka tahu setiap tindakan keamanan sehingga seluruh aktivitas yang dilakukan di internet bisa berlangsung dengan aman.

Networking Manager

Sebagai seorang networking manager, peran kamu terdiri dari dua bagian utama. Pertama, kamu akan bertanggung jawab untuk memasang dan memelihara jaringan komputer perusahaan. Kamu juga akan melatih staf untuk memberikan dukungan teknis terbaik.

Jika ada masalah dengan sistem, kamu diharapkan memiliki rencana pemulihan agar produktivitas bisnis tidak terganggu. Karena sebagian besar organisasi maupun perusahaan makin bergantung pada teknologi, posisi ini sangat vital dalam mendukung kelancaran bisnis.

Makin besar perusahaan tempat kamu bekerja, kamu akan mengawasi dan mengelola lebih dari satu jaringan. Selain sistem yang sudah ada, kamu perlu membantu dalam mengembangkan sistem baru demi meningkatkan pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan.

Itulah beberapa posisi yang bisa kamu temukan setelah mengikuti program Master Track Master of Information Technology bersama BINUS UNIVERSITY. Daftarkan diri kamu sekarang juga dan temukan karier impian dengan menjadi BINUSIAN!