BINUS UNIVERSITY

    Program (2+1)+1 Mengasah Kemampuan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Melalui Research

    Menulis, apalagi sebuah karya ilmiah, bisa jadi suatu hal yang membosankan hingga menyulitkan bagi sebagian orang. Tidak semua orang mampu mengumpulkan ide, merumuskan masalah, mencari sumber rujukan, mengonsep paragraf demi paragraf, dan mengedit tulisan dengan mudah. 

    Untuk mengatasi permasalahan ini, BINUS UNIVERSITY mempunyai sebuah terobosan andal, bertajuk Program (2+1)+1. 

    Mengenal Program (2+1)+1

    Binus University

    Apakah nama programnya terkesan aneh bagimu karena dipenuhi angka? Jangan salah! Deretan angka tersebut punya makna khusus loh, yakni 2 tahun kuliah di kampus asal + 1 tahun kuliah di kampus BINUS UNIVERSITY kota lain + 1 tahun keikutsertaan Enrichment Program

    Dengan rancangan pembelajaran ini, tiap BINUSIAN diberikan kesempatan besar dalam mengembangkan keilmuan dan profesionalisme masing-masing tanpa terhalang lokasi kampus. Sebab itu, mahasiswa BINUS UNIVERSITY Malang akan memiliki pengalaman dan hasil belajar yang sama dengan mahasiswa BINUS UNIVERSITY Jakarta, pun sebaliknya. 

    Tidak hanya proses pembelajaran di universitas, pengembangan diri melalui program pengayaan khusus juga ditawarkan secara merata di Program (2+1)+1 ini, yaitu melalui enam Enrichment Program yang dapat dipilih sesuai minat dan kebutuhan mahasiswa sendiri. 

    Nah, Enrichment Program: Research Track adalah salah satu opsi menarik buat kamu yang ingin melatih kemampuan menulis ilmiah sambil menyiapkan konsep untuk skripsimu nanti. 

    Sekilas Tentang Enrichment Program: Research Track

    Binus University

    Sejatinya, program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang mempunyai ketertarikan di bidang penelitian. Namun, tidak menutup kemungkinan mahasiswa yang membutuhkan pengalaman/pelatihan lebih dalam kegiatan menulis dapat mendaftar.

    Jika pendaftaran diterima, kamu akan bertugas sebagai asisten peneliti. Selanjutnya, tugas asisten peneliti adalah mendampingi peneliti utama dalam penyelesaian proyek. 

    Selama mengikuti Enrichment Program: Research Track, mahasiswa akan dibimbing oleh peneliti-peneliti terbaik dari dalam dan luar negeri selama dua semester. Nah, sepanjang waktu tersebut, kamu akan merasakan manfaat baik dari program ini terhadap kehidupan akademikmu.  

    Manfaat Keikutsertaan Research Track

    Beberapa manfaat dari keikutsertaan program ini, adalah: 

    • Mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam menulis penelitian.

    Sudah dijelaskan sebelumnya kalau Research Track merupakan program pengayaan bagi mahasiswa yang ingin terjun langsung sekaligus berperan aktif dalam dunia penelitian. Jadi, tidak mengherankan jika pengalaman menulis ilmiah mahasiswa bertambah dengan sendirinya. 

    • Hasil penelitian dari proyek bisa dijadikan cikal bakal skripsi.

    Karena proyek yang dikerjakan adalah penelitian, mahasiswa akan dilibatkan pada penelitian dengan topik-topik sesuai bidang keilmuan masing-masing. Pada akhir program, laporan hasil penelitian bisa digunakan sebagai landasan tugas akhir mahasiswa. 

    • Mahasiswa mempunyai output kegiatan berupa jurnal atau prosiding.

    Hasil penelitian sebaiknya dipublikasikan. Sebab itu, para peneliti biasanya menerbitkan artikel ilmiah dari hasil penelitian ke beberapa jurnal dan prosiding. Kamu sebagai asisten peneliti memiliki kesempatan turut serta sebagai penulis dalam artikel-artikel tersebut. 

    • Mahasiswa berkesempatan memiliki koneksi pertemanan baru

    Mahasiswa pasti menemui banyak orang selama proses penelitian, mulai dari dosen sebagai peneliti utama, teman sesama sukarelawan, hingga sampel penelitian saat proses pengumpulan data. Semua kondisi tersebut memungkinkan kamu untuk mendapatkan teman baru yang mungkin memiliki minat penelitian yang sama.

    Siapa Saja yang Berhak Mendaftar Enrichment Program: Research Track Ini?

    Siapa pun bisa mendaftar menjadi peserta program research track. Akan tetapi, orang tersebut harus terdaftar sebagai mahasiswa aktif BINUS UNIVERSITY. Jika kamu tertarik buat melamar sebagai satu asisten peneliti, kamu hanya perlu mencari bidang peminatan yang ingin kamu ikuti. 

    Dalam research track program sendiri, kamu akan menemukan banyak opsi kelompok penelitian berdasarkan peminatannya (dikenal juga Research Interest Groups). Tenang, kelompok-kelompok yang tersedia bisa diberdayakan oleh mahasiswa dari semua jurusan di BINUS UNIVERSITY kok!

    Itulah tadi penjelasan mengenai Enrichment Program: Research Track—salah satu rancangan menarik BINUS UNIVERSITY buat peningkatan kualitas tulisan ilmiah mahasiswanya.