BINUS UNIVERSITY

    Pentingnya Percepatan Adaptasi dan Transformasi Pendidikan di Era Kini

    Memasuki Era Society 5.0, adaptasi dan transformasi digital dalam era pendidikan, semakin dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan daya saing yang kuat dan kualitas yang unggul. Sumber daya manusia yang unggul, tidak hanya dibutuhkan untuk kemajuan dan perkembangan ekonomi, namun juga untuk tetap memanusiakan sesama manusia dalam Era yang serba instan dan penuh tantangan ini. Kedua spektrum tersebut, mendorong sumber daya manusia yang ada untuk menjadi pribadi yang cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual. 

    Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dalam hal ini menjadi garda terdepan dalam mempersiapkan lulusan-lulusan yang unggul dalam Era saat ini. Ditambah lagi dengan Pandemi global COVID-19 yang tampaknya belum kunjung reda, mendorong adaptasi dan transformasi untuk dilakukan secara lebih inovatif. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi saat ini telah mencanangkan Program Unggulan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Keduanya diciptakan untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang berwawasan luas, berkarakter tangguh siap kerja, dan mampu merancang masa depannya secara gemilang.

    Dalam mendukung hal tersebut, BINUS UNIVERSITY telah menjadi salah satu dari hanya 7 kampus pelaksana proyek percontohan Kampus Merdeka tahun 2020 lalu. Di tahun 2021 kini, BINUS UNIVERSITY tentunya akan terus berpartisipasi aktif dalam mendukung Program Pemerintah, yakni Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. BINUS UNIVERSITY juga akan terus berkomitmen melalui inovasi-inovasi untuk membawa Indonesia bangkit di masa yang berat ini. 

    Masih dalam semarak Dies Natalis 40 BINUS UNIVERSITY, penggunaan teknologi yang efektif untuk transformasi sosial dan pemberdayaan masyarakat akan segera dilaksanakan, terutama dalam menghadapi Pandemi Global COVID-19. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim turut menyampaikan keyakinannya akan partisipasi BINUS UNIVERSITY dalam Program Kampus Merdeka 2021.

    “Memasuki usia 40 Tahun, BINUS telah membuktikan diri sebagai salah satu kampus swasta berprestasi dan juga terus berinovasi. Saya ucapkan selamat memperingati Dies Natalis ke-40 kepada keluarga besar Civitas Academica Universitas BINUS.” Ungkap Nadiem dalam sambutannya di Acara Dies Natalis 40 BINUS UNIVERSITY.