BINUS UNIVERSITY

    Pendidikan dan Perubahan Global yang Kian Pesat: Kita Harus Berlari bahkan Melompat

    “Perubahan Global yang Terjadi Tidak Hanya Menuntut Kita untuk Berjalan, tapi Kita Harus Berlari bahkan Melompat” Ungkap Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

    Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Nadiem dalam sambutannya di Acara Dies Natalis 40 BINUS UNIVERSITY. Lalu, bagaimana dunia pendidikan dapat menghadapi transformasi yang terjadi dengan begitu pesatnya di seluruh dunia, bahkan sebelum terjadinya COVID-19? Lalu dengan masih tingginya angka penularan Pandemi COVID-19, bagaimana dunia pendidikan dapat bertahan dan tetap berkembang? Jawabannya ada dalam teknologi yang dimanfaatkan secara tepat untuk transformasi sosial dan pemberdayaan masyarakat.

    Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, telah mencanangkan Program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, dimana mahasiswa/i dapat melakukan pembelajaran di luar kampus supaya wawasan yang didapat semakin luas dan semakin menjadi pribadi yang tangguh serta siap kerja. Program Kampus Merdeka memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

    Lalu bagaimana dengan BINUS UNIVERSITY? BINUS UNIVERSITY sendiri sebelumnya telah memiliki Program serupa yang disebut Program 3+1, yang sekarang disebut sebagai Program (2+1)+1, dimana BINUSIAN dapat merasakan perkuliahan multikampus dan melakukan praktek kerja nyata di lapangan sebelum lulus dari BINUS UNIVERSITY. Dalam masa pandemi kini, pembelajaran dialihkan menjadi Multi-Channel learning, yang sebelumnya juga sudah diterapkan meskipun belum semasif sekarang. 

    Melalui pengalaman selama menyelenggarakan Program (2+1)+1, BINUS UNIVERSITY siap untuk terus menjadi Kampus Percontohan Program Kampus Merdeka bersama dengan Perguruan Tinggi Indonesia unggulan lainnya. Dalam wujud syukurnya di Dies Natalis ke-40, BINUS UNIVERSITY terus berkomitmen menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul. Diharapkan para BINUSIAN dan generasi muda di seluruh Indonesia dapat dengan tangguh mempersiapkan dirinya menghadapi transformasi dan bahkan menjadi pelopor dalam transformasi digital di kancah global.

    #DiesNatalisBINUSUNIVERSITY #BINUSBersyukur #BINUSMenghargai #BINUSBerkomitmen