Saat ini, smartphone telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat masa kini. Di dalam ponsel pintar ini dapat dipasang berbagai aplikasi yang memudahkan pekerjaan. Ada juga aplikasi hiburan dan aplikasi untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kamu dapat mengunduh berbagai aplikasi tersebut dari Google Play Store atau App Store.

Lalu, bagaimana cara membuat sebuah aplikasi mobile? Kamu dapat belajar membuat aplikasi mobile di salah satu prodi BINUS UNIVERSITY yaitu Mobile Application and Technology. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu pelajari di kampus ini sebagai bekal menjadi seorang mobile developer yang andal.

Keahlian Lulusan Prodi Mobile Application and Technology

Prodi Binus

Mobile Application and Technology merupakan salah satu program studi pilihan di BINUS UNIVERSITY. Ada sejumlah keuntungan yang akan kamu nikmati jika memilih kampus ini sebagai tempat untuk belajar. 

Pertama, prodi BINUS UNIVERSITY ini memiliki spesialisasi dalam pengembangan perangkat lunak mobile untuk bisnis. Kedua, kualitasnya diakui secara internasional. Ketiga, kampus ini selalu mengedepankan inovasi. Terakhir, lulusan yang dihasilkan memiliki kualifikasi internasional. 

Ada beberapa langkah yang dilakukan BINUS UNIVERSITY untuk mendidik mahasiswanya supaya layak diperhitungkan di dunia kerja. Salah satunya, selalu update terhadap perkembangan teknologi terkini. Seperti diketahui, perubahan di dunia teknologi terjadi dalam jangka waktu yang sangat cepat. 

Kedua, prodi BINUS UNIVERSITY ini menggunakan standar kurikulum nasional. Selain itu, materi pembelajaran juga dipadukan dengan standar kurikulum Ilmu Komputer dari Association for Computing Machineries (ACM), tren pasar dan teknologi mobile, serta universitas lokal maupun asing. Dengan demikian, lulusannya dapat bersaing di level nasional maupun internasional.

Prospek Karier yang Bisa Kamu Raih

Prodi Binus

Bagi para lulusan prodi BINUS UNIVERSITY ini, ada sejumlah prospek karier yang tersedia. Di antaranya sebagai berikut:

  • Mobile Developer

Mobile Developer adalah salah satu profesi yang bisa kamu geluti setelah lulus dari program Mobile Application and Technology. Seorang Mobile Developer harus menguasai bahasa pemrograman sesuai platform yang dipilih. Sebagai contoh, untuk Android biasanya menggunakan bahasa pemrograman Java.  

Ada beberapa jenis Mobile Developer berdasarkan platformnya, yaitu Android Developer, iOS Developer, dan Video Game Developer. Semua profesi tersebut masih sangat dibutuhkan saat ini seiring makin populernya penggunaan perangkat mobile.

  • Mobile User Experience Designers

User experience (UX) merupakan aspek yang sangat penting dalam produk-produk digital. Tenaga yang memiliki keahlian mendesain UX untuk perangkat mobile disebut Mobile User Experience Designer. Desainer bertugas untuk membuat aplikasi yang mudah diakses dan efisien saat digunakan.

  • IT Support

Sebagai lulusan jurusan Mobile Application and Technology, kamu juga bisa berkarier sebagai IT Support. Profesi ini bertanggung jawab terhadap komputer, software maupun pengembangan network system di sebuah perusahaan. Mata kuliah yang dipelajari di prodi BINUS UNIVERSITY ini memungkinkan lulusannya juga menguasai keahlian sebagai IT Support. 

  • Information Analyst 

Tugas seorang Information Analyst adalah menguji sistem keamanan, termasuk di perangkat mobile yang digunakan. Selain itu, ia juga membuat rencana keamanan untuk melindungi data-data yang dimiliki. Seorang Information Analyst pun harus selalu update terhadap virus terbaru sehingga bisa mengambil langkah terbaik untuk mengatasinya.

  • Pengajar atau Trainer

Kamu dapat menjadi dosen atau trainer di sebuah lembaga setelah lulus dari kampus BINUS. Peluang ini terbuka sangat lebar karena tingginya minat orang-orang terhadap pengembangan teknologi dan aplikasi mobile. Jadi, jangan khawatir jika tidak langsung terjun sebagai praktisi, berbagi ilmu juga bermanfaat bagi orang lain.

Jadi, lulus dari prodi Mobile Application and Technology, ada banyak pilihan karier yang bisa kamu geluti. Karena sangat prospektif, tak ada salahnya untuk memasukkan prodi BINUS UNIVERSITY ini dalam pertimbanganmu saat akan memilih jurusan kuliah.