Pariwisata merupakan salah satu sektor usaha yang berkembang pesat di Indonesia. Perkembangan itu ditandai dengan meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara. Pada tahun 2018, jumlah pengunjung asing mencapai 15,81 juta. Angka ini mengalami kenaikan di tahun 2019, yakni sekitar 16,11 juta kunjungan.

Seiring peningkatan jumlah kunjungan, pariwisata memberikan peluang kerja yang luas bagi para alumni Tourism. Pekerjaan tersebut tidak hanya di lingkup destinasi wisata, tetapi juga perhotelan, manajemen, dan bahasa asing.

Sebagai referensi, berikut ini ada tujuh prospek kerja untuk mahasiswa Tourism yang bisa dicoba usai wisuda.

  • Travel Vlogger atau Blogger

Tourism

Apakah kamu memiliki hobi traveling? Kini, kamu bisa mendapatkan banyak uang dari kegiatan tersebut dengan menjadi travel vlogger atau blogger

Travel vlogger adalah orang yang membagikan kisah perjalanannya melalui media sosial. Sementara travel blogger menggunakan blog sebagai media menuliskan cerita kunjungannya ke suatu tempat.

Lalu, berapa bayaran travel vlogger maupun blogger?

Sebenarnya, penghasilan profesi tersebut tergantung kebijakan pemberi pekerjaan. Beberapa sumber menyebutkan, bayaran untuk satu kali unggahan konten mencapai sekitar Rp1—5 juta. 

  • Pemandu Wisata

Tourism

Pekerjaan sebagai pemandu wisata cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan komunikasi di atas rata-rata. Pasalnya, tugas utama pemandu wisata adalah memberi petunjuk dan mendampingi wisatawan.

Selain memiliki kemampuan komunikasi, seorang pemandu wisata harus mengetahui semua hal tentang tempat wisata. Karena itu, sebagian pengelola objek wisata mengutamakan tour guide dari daerah sekitarnya.

Kendati memprioritaskan sumber daya lokal, pengelola wisata juga merekrut tour guide yang pandai berbahasa Inggris. Pasalnya, beberapa objek rekreasi kerap dikunjungi wisatawan mancanegara.

Jika memiliki semua syarat tour guide tersebut, kamu bisa mendapatkan gaji tinggi. Untuk kategori pemandu profesional, penghasilannya mencapai Rp500 ribu per hari. Dalam satu bulan, total pendapatannya sekitar Rp15 juta.

  • Bisnis Agen Perjalanan

Tourism

Lulusan Tourism yang memiliki jiwa wirausaha bisa membuka bisnis agen perjalanan. Biasanya, agen perjalanan menyediakan beberapa jasa, yakni pencarian tiket dan penginapan, sewa kendaraan, serta tour ke destinasi wisata. 

Untuk menarik konsumen, kamu perlu membuat promosi agen perjalanan. Salah satu contoh promosinya, yaitu menggabungkan tiket dan akomodasi dalam satu paket. Selain itu, kamu dapat mempromosikan jasa melalui marketplace khusus trip wisata.

  • Event Organizer

Tourism

Kamu pernah melihat acara konser musik yang menghadirkan artis? Itulah salah satu pekerjaan event organizer. Tim event organizer harus memastikan acara konser berjalan lancar dan aman.

Selain konser musik, event organizer juga kerap disewa untuk merancang rangkaian acara pernikahan, ulang tahun, serta gathering. Umumnya, tim event organizer berkolaborasi dengan pelaku industri hiburan agar acara tersebut sukses. 

  • Pegawai Dinas Pariwisata

Tourism

Kamu ingin menjadi pegawai kantoran? Bekerja sebagai pegawai di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan pilihan terbaik. Pasalnya, dengan bekerja di instansi ini, kamu bisa membantu pemerintah mengembangkan pariwisata melalui ide kreatif.

Tidak hanya kementerian, kamu juga dapat menjadi bagian dari Dinas Pariwisata di kabupaten maupun kota. Biasanya, instansi tersebut membuka posisi pegawai honorer atau tenaga harian lepas bagi fresh graduate jurusan Pariwisata.

  • Bisnis Marketplace Hotel

Tourism

Kamu memiliki keahlian di bidang teknologi informasi? Kalau iya, kamu bisa mencoba membuat marketplace hotel di Indonesia. 

Marketplace hotel merupakan website yang memberikan fasilitas pencarian hotel, pemesanan, serta transaksi. Sebagai pemilik marketplace, kamu bertanggung jawab atas kualitas akomodasi dan pembayaran dari konsumen. 

  • Pengelola Tempat Wisata

Tourism

Sektor pariwisata di Indonesia masih bisa dikembangkan karena banyak lokasi yang dapat dijadikan objek wisata baru. Jika destinasi wisata tersebut ditemukan di sekitar tempat tinggal kamu, jangan ragu menawarkan diri sebagai pengelola.

Agar destinasi wisata tersebut cepat dikenal, kamu harus gencar mempromosikannya. Beberapa cara promosi yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan jasa endorse, mengundang travel blogger ternama, serta membuka promo tiket masuk.

 

Itulah tujuh prospek kerja yang direkomendasikan untuk lulusan Tourism. Jika tertarik menekuni jurusan ini, BINUS UNIVERSITY bisa menjadi pilihan. Dengan kuliah pariwisata di kampus tersebut, kamu akan mendapatkan berbagai macam peluang karier, pengalaman internasional, serta kursus IT dan kewirausahaan.

Yuk, jemput impian kamu dengan mendaftar di BINUS UNIVERSITY sekarang!