Information System and Management adalah sebuah program yang dirancang untuk kamu yang ingin mendapatkan 2 gelar dalam waktu 4 tahun saja. Dengan mengambil program ini, kamu bisa menjadi pakar di bidang sistem informasi dalam waktu singkat.

Lulusan dari program ini akan memiliki kompetensi sebagai seorang pakar dan leader di bidang sistem informasi dan memiliki kemampuan untuk mengendalikan sistem informasi di sebuah perusahan. Selain menjadi konsultan IT, kamu juga akan dibekali kemampuan untuk melakukan evaluasi efektivitas dan efisiensi penerapan sistem informasi di sebuah perusahaan.

Ada berbagai peluang kerja yang bisa kamu dapatkan setelah mengikuti program ini antara lain:

Binus University

Information System Manager

Dikenal juga dengan nama manajer sistem informasi atau manajer IT, posisi ini bertanggung jawab untuk keamanan dan keefektifan operasional dari sistem komputer yang digunakan oleh sebuah perusahaan. Sistem ini termasuk penggunaan aplikasi, perangkat keras, dan perangkat lunak dalam berbagai organisasi sektor publik maupun swasta.

Tanggung jawab dalam profesi ini bervariasi, tergantung sektor bisnis yang dijalankan. Namun, tugas yang paling umum adalah mengelola tim staf termasuk programmer, analis dan spesialis lain, mengevaluasi fungsionalitas sistem, hingga mengelola anggaran yang berhubungan dengan teknologi informasi perusahaan.

Inventory Manager

Inventory Manager mengawasi inventaris dalam bisnis. Dengan posisi ini, kamu akan bertugas memimpin tim inventaris atau karyawan gudang untuk menerima dan mencatat stok baru saat barang tiba atau akan dikirimkan keluar. Pencatatan ini termasuk pengiriman harian, mengevaluasi pengiriman baru, dan menganalisis supplier yang berbeda.

Ada beberapa poin utama yang menjadi tanggung jawab seorang inventory manager, yakni:

  • Merancang dan mengaplikasikan sistem monitoring inventaris agar prosedur kontrol inventaris menjadi terkontrol
  • Memeriksa tingkat persediaan dan bahan mentah untuk menentukan adanya kekurangan atau tidak
  • Mendokumentasikan pengiriman barang dan memperbarui inventaris dan lain sebagainya.

CQI Production Manager

Seorang CQI production manager bertugas memastikan bahwa kegiatan peningkatan kualitas yang dilakukan perusahaan mengarah pada peningkatan yang berkelanjutan. Jika kamu ditugaskan untuk mengisi posisi ini, kamu harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi peluang peningkatan kualitas berdasarkan praktik berbasis bukti, pemahaman data, persyaratan badan pengatur dan pembuat akreditasi, sembari menerapkan fungsi program manajemen mutu.

Information Technology Manager

Information technology manager bertugas mengawasi kebutuhan komputasi di seluruh perusahaan. Mereka mengoordinasikan fungsi semua sistem komputer dari organisasi tempat mereka bekerja. Selain itu, mereka memastikan bahwa semua perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, dan aplikasi yang terkait dengan pekerjaan berjalan benar dan efisien.

Jika kamu berada di posisi ini, kamu juga akan bertanggung jawab untuk merekrut dan melatih karyawan baru, mengelola anggaran TI, mengawasi operasionalnya sehari-hari, serta memecahkan berbagai masalah sistem informasi yang dihadapi oleh perusahaan. Kamu juga akan mengevaluasi faktor-faktor yang membahayakan TI dan memastikan peralatan dan prosedur yang dilakukan menggunakan teknologi teranyar.

Database Manager

Posisi lain yang juga bisa dilakoni oleh lulusan program Information System and Management adalah database manager. Dikenal juga dengan nama lain database administrator, peran utama posisi database manager adalah mengawasi penyimpanan data dan retrieval system sebuah perusahaan.

Database manager juga bertugas memastikan keamanan data yang disimpan dengan menerapkan program keamanan. Mereka juga merancang pemulihan data, meningkatkan basis data sesuai kebutuhan, memasang dan menguji perangkat lunak baru, serta menjalankan program cadangan untuk mencegah terjadinya kehilangan data di kemudian hari.

Mengandalkan pendekatan dari sistem informasi dan manajemen sekaligus, program Information System and Management yang dibuka di BINUS UNIVERSITY memiliki banyak lagi peluang kerja. Ayo kuliah di BINUS UNIVERSITY dan temukan karier impianmu.