Pada era digital ini, cyber security sangat penting. Cyber security adalah perlindungan terhadap data, sistem, jaringan, maupun program dari serangan digital. Biasanya, tujuan penyerangan adalah untuk mengakses informasi sensitif, menghancurkan data penting, dan pada akhirnya merusak bisnis. 

Nah, agar hal-hal ini tidak terjadi, sebuah perusahaan harus memiliki cyber security yang kuat. Sayangnya, menurut data dari Kominfo, sumber daya yang andal di bidang ini belum terlalu banyak. Untuk mempelajari bidang cyber security secara mendalam, kamu bisa masuk di jurusan Cyber Security, salah satu jurusan di BINUS UNIVERSITY.

Keahlian yang Akan Kamu Dapatkan

Jurusan di BINUS UNIVERSITY

Menjadi mahasiswa jurusan di BINUS UNIVERSITY yang satu ini, apa saja keahlian yang akan kamu dapatkan? Seperti apakah lulusan yang diharapkan oleh pihak kampus?

  • Memiliki Pengetahuan dan Keahlian di Bidang Cyber Security

Para mahasiswa yang belajar di jurusan Cyber Security akan memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam mengembangkan software, khususnya yang berkaitan dengan ethical hacking, cyber defense, dan cyber forensic. Caranya adalah dengan menyediakan fasilitas lengkap serta memungkinkan penelitian serta kolaborasi.

  • Dapat Memecahkan Masalah IT

Cyber Security sebagai jurusan di BINUS UNIVERSITY juga mempersiapkan mahasiswanya untuk menghadapi masalah yang terjadi. Bagian pekerjaan seseorang yang menekuni profesi ini memang tak bisa dilepaskan dari masalah. Penyelesaian masalah yang dimaksud bukan hanya secara individu, tetapi juga dalam tim. 

  • Selalu Mengetahui Tren Cyber Security Terbaru

Teknologi cyber security berkembang dengan sangat pesat. Meskipun demikian, ada saja yang bisa menemukan celah untuk melakukan serangan terhadap sistem. Hal-hal seperti ini perlu diantisipasi oleh pekerja di bidang cyber security. Nah, di jurusan di BINUS UNIVERSITY ini, kamu akan dibekali dengan informasi yang up to date tentang tren dan perkembangan di industri ini. 

Prospek Karier Lulusan Cyber Security

Jurusan di BINUS UNIVERSITY

Karena pentingnya bidang ini, peluang kerja lulusan Cyber Security masih sangat luas. Berikut beberapa di antaranya:

  • Penetration Tester

Penetration Tester (Pentester) adalah orang yang bertugas untuk melakukan simulasi serangan terhadap jaringan organisasi atau perusahaan tertentu. Tujuannya adalah untuk menemukan kelemahan di sistem yang dimiliki sehingga dapat diperbaiki dan tidak dibobol oleh oknum lain. Seorang Pentester harus menguasai bidang cyber security dengan baik.

  • Secure Software Developer

Karier lain yang bisa kamu tekuni setelah lulus kuliah jurusan di BINUS UNIVERSITY ini adalah Secure Software Developer. Tugas seorang Secure Software Developer adalah mengembangkan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mengamankan data perusahaan. Selain itu, ia juga harus dapat mengintegrasikan keamanan dalam sebuah perangkat lunak sehingga tidak dapat diretas.

  • Information Security Analyst

Jika menguasai tentang cyber security, kamu pun cocok untuk menjadi Information Security Analyst. Ini adalah sebuah profesi yang dibutuhkan perusahaan untuk menjaga keamanan perangkat informasi. Information Security Analyst juga harus dapat melindungi data dan informasi digital milik perusahaan atau organisasi.

  • Pengajar di Bidang IT

Tidak hanya menjadi praktisi, kamu juga bisa menjadi seorang pengajar, baik di bidang pendidikan formal maupun nonformal. Kamu bisa berkarier sebagai dosen di perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini atau trainer di lembaga terkait. Dengan profesi ini, kamu dapat berbagi ilmu kepada orang lain dengan lebih luas.

  • Network Security Administrator

Network Security Administrator adalah orang yang bertanggung jawab terhadap sistem komunikasi di sebuah perusahaan atau kantor. Tugasnya adalah mengawasi dan memelihara keamanan dalam jaringan tersebut sehingga bebas dari serangan cyber

Nah, inilah beberapa profesi yang bisa kamu jalani setelah lulus dari jurusan Cyber Security di BINUS UNIVERSITY. Peluang kerja yang masih sangat banyak adalah hal penting yang perlu kamu pertimbangkan. Dengan segala fasilitas yang disediakan kampus, menjadi ahli di bidang ini sangat mungkin dicapai.