BINUS UNIVERSITY

    BINUS UNIVERSITY Tembus 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Ranking

    Siapa yang tak kenal dengan BINUS UNIVERSITY? Baru-baru ini BINUS UNIVERSITY berhasil masuk ke dalam 10 universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics Ranking 2021.  Luar biasa, ya! 

    Berikut ulasan mengenai Webometrics Ranking lengkap dengan alasan mengapa BINUS UNIVERSITY bisa menjadi kampus pilihan yang tepat untukmu menempuh pendidikan tingkat tinggi. 

    Apa Itu Webometrics Ranking of World Universities?

    Binus University

    Webometrics Ranking of World Universities pertama kali dirilis tahun 2004 oleh badan riset terbesar di Spanyol yaitu Cybermetrics Lab yang merupakan bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIS). 

    Dilihat dari latar belakangnya, Cybermetrics Lab menjadi pusat penelitian yang fokus menganalisis penggunaan internet dan website sebagai media promosi bagi institusi perguruan tinggi untuk menginformasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan institusi itu sendiri, termasuk publikasi ilmiah yang pernah dilakukan pihak pengajar maupun mahasiswa. 

    Dari penjelasan di atas, bisa dibilang Webometrics Ranking of World Universities merupakan pemeringkatan universitas terbaik di dunia berdasarkan kinerja website institusinya. Adapun indikator penilaiannya tidak hanya dilakukan menurut jumlah kunjungan atau desain website, akan tetapi ada indikator dan metodologi lain seperti:

    • Visibilitas: jumlah subnet (jaringan eksternal) yang terhubung dengan website institusi. 
    • Impact: aspek ini dipengaruhi oleh jumlah backlink dari situs luar. Semakin banyak backlink dari situs luar, kemungkinan besar nilai Impact akan semakin tinggi.
    • Openness: dinilai menurut jumlah file (.doc, .pdf, .ppt, .docx, .pptx) yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs institusi.
    • Excellence: penilaian aspek Excellence dipengaruhi oleh seberapa banyak publikasi ilmiah yang pernah dilakukan oleh civitas akademika di universitas tersebut. 

     

    BINUS UNIVERSITY: Berhasil Menempati 10 Universitas Terbaik di Indonesia Menurut Webometrics Ranking 2021

    Binus University

    Pada tahun 2021, melalui situs resminya Webometrics Ranking kembali merilis daftar universitas terbaik di Indonesia menurut aspek penilaiannya yang telah disebutkan sebelumnya. Salah satu perguruan tinggi yang berhasil masuk ke dalam 10 besar universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics Ranking adalah BINUS UNIVERSITY

    Berdasarkan hasil penilaiannya, BINUS UNIVERSITY mendapatkan perolehan Impact Rank sebesar 1961, Openness Rank sebesar 2471, dan Excellence Rank sebesar 2638. Dari poin tersebut, perguruan tinggi ini menempati peringkat ke 9 sebagai universitas terbaik di Indonesia menurut Webometrics Ranking. 

    Sementara itu, BINUS UNIVERSITY menempati posisi ke 55 sebagai perguruan tinggi terbaik se-Asia Tenggara dan posisi ke 1910 di dunia. 

     

    Alasan Mengapa Kamu Harus Kuliah di BINUS UNIVERSITY

    Binus University

    Dengan adanya Webometrics Ranking semakin membuktikan bahwa BINUS UNIVERSITY tak pernah berhenti berinovasi untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik bagi mahasiswanya. Berikut beberapa alasan mengapa kampus satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. 

    • Punya Banyak Penghargaan 

    Siapa yang tak bangga bila kampus tempat ia belajar memiliki banyak penghargaan? Pada tahun 2020 saja kampus satu ini berhasil membawa pulang lebih dari 300 penghargaan di kancah regional, nasional, dan internasional dari berbagai bidang perlombaan, mulai dari akademik hingga non-akademik. 

    Menariknya, bagi mahasiswa yang berhasil mengharumkan nama kampus akan mendapat apresiasi melalui program Appreciation Day yang digelar setiap tahunnya. 

    • Menawarkan Program Unggulan (2+1)+1

    Ini dia program unggulan BINUS UNIVERSITY yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar tak terlupakan bagi para mahasiswanya. Melalui program ini, 2 tahun pertama BINUSIAN akan belajar di kampus asal, sementara 1 tahun setelah itu, ia diperbolehkan belajar di kampus BINUS UNIVERSITY yang ada di kota lain. Selain area Jakarta, BINUS UNIVERSITY juga hadir di kota Bandung dan Malang. 

    Sisa 1 tahun, mahasiswa dijadwalkan mengikuti program enrichment yang membantu meningkatkan kompetensinya setelah lulus. Program enrichment dibagi menjadi 5 kategori, yaitu penelitian, pengabdian masyarakat, magang, belajar ke luar negeri, dan merintis bisnis. Dari kelima kategori tersebut, kamu bebas menentukan pilihan. 

    • Memberikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Berprestasi

    Satu lagi keuntungan menjadi bagian dari BINUSIAN adalah punya kesempatan menerima beasiswa Widia Scholarship. Untuk menerima beasiswa ini syaratnya kamu harus berprestasi secara akademik maupun non-akademik di tingkat nasional atau internasional. 

    Masih ragu menempuh pendidikan di BINUS UNIVERSITY? Semoga ulasan di atas bisa menjadi bahan pertimbanganmu dalam menentukan pilihan, ya.