Seiring perkembangan wisata di Indonesia, bisnis perhotelan pun semakin banyak. Pada tahun 2019, jumlah hotel yang didirikan di seluruh provinsi negara ini mencapai 29.000 unit usaha. Rata-rata hotel tersebut sudah menggunakan teknologi modern dalam pengelolaannya. 

Kendati demikian, hotel membutuhkan banyak sumber daya manusia andal agar pengelolaan akomodasi berjalan maksimal. Dalam hal ini, kamu yang kuliah di jurusan Hotel Management memiliki peluang besar untuk berkontribusi.

Salah satu cara untuk berkontribusi, yaitu dengan bekerja di bidang perhotelan. Berikut pilihan pekerjaan yang cocok untuk lulusan Manajemen Hotel.

  • Sales Hotel

Hotel Management

Sales hotel merupakan profesi yang memegang penting dalam pengembangan bisnis penginapan. Pasalnya, tugas promosi dan pemasaran dijalankan oleh sales hotel. Ia juga bertanggung jawab atas keluhan pelanggan, strategi penjualan, dan penawaran fasilitas akomodasi.

Biasanya, sales hotel berpengalaman dan berdedikasi tinggi diangkat menjadi sales manager. Tugas utamanya adalah mengatur pekerjaan para sales hotel, mengelola anggaran, serta memantau kepuasan pelanggan.

  • Hotel Manager

Hotel Management

Jika kamu ingin menjadi manajer hotel, pastikan menguasai ilmu bisnis, manajemen, dan finansial. Pasalnya, manajer hotel bertanggung jawab atas kelancaran semua aspek operasional akomodasi dan karyawan.

Karena tugasnya cukup berat, seorang manajer hotel kerap digaji tinggi. Rata-rata hotel di Indonesia membayar profesi ini minimal Rp2,5 juta per bulan. Kalau kamu mampu mencapai posisi general manager, penghasilannya bisa di atas Rp4 juta per bulan.

  • Restaurant Manager

Hotel Management

Setiap hotel pasti memiliki restoran atau kafe di dalamnya. Untuk mengawasi operasional tempat makan, hotel membutuhkan staf khusus. Agar staf bekerja dengan baik, tentu harus diatur oleh manajer restoran.

Selain mengatur staf restoran, seorang manajer bertugas mengembangkan menu, mengecek kebutuhan dapur, serta menghadapi pelanggan. Jika ada pelanggan yang ingin menyelenggarakan event di restoran, manajer wajib untuk membuat perencanaan.

  • Event Planner

Hotel Management

Event planner cocok untuk kamu yang aktif dan kreatif. Pasalnya, tugas utama event planner adalah mencari ide, membuat konsep, serta memastikan kelancaran acara. Perancang event juga harus memahami kebutuhan dan keinginan konsumen atas kegiatan dalam hotel.

Beberapa kegiatan yang dapat diselenggarakan di hotel, antara lain pesta pernikahan, peluncuran produk, dan perayaan ulang tahun. Selain itu, hotel kerap digunakan untuk acara seminar, rapat, serta gathering.

  • Food and Beverage Manager

Hotel Management

Profesi food and beverage manager cocok untuk kamu yang memiliki standar kuliner tinggi, tetapi tidak bisa memasak. Tugas utama profesi ini hanya menetapkan standar kualitas hidangan dan mengatur operasional di dapur. 

Kamu juga bertugas menentukan pilihan menu yang ditawarkan ke konsumen. Jika ada konsumen memberikan kritik atas menu tersebut, food and beverage manager harus menghadapinya. 

Seimbang dengan risiko yang dihadapi, food and beverage manager kerap mendapatkan gaji tinggi. Banyak hotel di Indonesia memberikan bayar sekitar Rp6—8 juta untuk profesi ini.

  • Patissier

Hotel Management

Lulusan Hotel Management yang memiliki kemampuan memasak, bisa memilih profesi patissier. Tugas utama patissier adalah membuat kue dengan cita rasa khas. Selain itu, patissier harus bisa menciptakan dan mempresentasikan resep kue.

Biasanya, patissier dibantu oleh beberapa staf. Tugas staf adalah mengoperasikan mesin maupun fasilitas di dapur saat pembuatan kue. 

  • Wirausaha Perhotelan

Hotel Management

Kamu punya jiwa wirausaha yang kuat? Setelah lulus kuliah Hotel Management, cobalah mendirikan penginapan. Kamu bisa mulai dari membangun guest house atau hotel kelas melati. 

Untuk pemasaran, kamu dapat memanfaatkan teknologi digital, misalnya kerjasama dengan situs pencarian hotel. Jika ingin lebih cepat dikenal, gunakan jasa endorse atau promo berbayar di media sosial.

 

Itulah beberapa peluang kerja untuk lulusan perhotelan di tahun 2021. Selain bekerja di hotel dan restoran, kamu juga memiliki kesempatan berkarier di maskapai penerbangan maupun kapal pesiar. 

Tertarik kuliah di jurusan perhotelan? BINUS UNIVERSITY menyediakan program studi Hotel Management dengan akreditasi A. Kamu akan mendapatkan fasilitas ruang praktik lengkap setara industri, kesempatan magang, sertifikat kompetensi, serta jaminan kerja setelah wisuda.