Primary Teacher Education, yang juga dikenal sebagai Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), merupakan salah satu prodi BINUS UNIVERSITY di Faculty of Humanities.  Prodi ini menyiapkan lulusan berkompeten di bidang pendidikan dengan menggabungkan teori serta praktik edukasi berbasis kurikulum nasional dan internasional. Tak hanya itu, lulusannya juga dibekali dengan karakter pendidikan yang kuat serta keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diperlukan oleh calon pengajar di masa depan.

Jika berbicara tentang Primary Teacher Education, prospek karier utama yang hadir di pikiran banyak orang adalah sebagai guru SD. Namun, selain menjadi pengajar di tingkat pendidikan dasar, lulusan prodi ini juga memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang lebih besar di dunia pendidikan. Berikut adalah sejumlah jenjang karier yang dapat ditempuh oleh lulusan PGSD BINUS UNIVERSITY. 

  • Guru SD

prodi BINUS UNIVERSITY

Jenjang karier utama bagi lulusan Primary Teacher Education adalah menjadi pengajar di tingkat Sekolah Dasar. Profesi ini sebenarnya menjadi salah satu posisi yang dibutuhkan di negeri ini. Berdasarkan data yang terhimpun, lebih dari 90% daerah di Indonesia membutuhkan guru SD berkompeten yang memiliki kemampuan pedagogis sekaligus keterampilan tambahan yang sesuai dengan tantangan pendidikan di masa kini.

Alumni PGSD BINUS UNIVERSITY terbukti mampu menjawab tantangan tersebut. Dengan kesempatan kerja yang terbuka luas, para pengajar lulusan universitas berkelas dunia ini mampu menerapkan konsep pendidikan yang bervariasi. Kurikulum yang dijadikan rujukan pun meliputi Kurikulum Nasional dan Internasional.

  • Junior Researcher

prodi BINUS UNIVERSITY

Tak hanya berkontribusi langsung sebagai tenaga kependidikan, lulusan PGSD BINUS UNIVERSITY juga bisa berperan sebagai junior researcher dalam ruang lingkup akademik. Seperti namanya, pekerjaan ini menuntut seseorang untuk melakukan berbagai riset, terutama di bidang pendidikan.

Tujuan seorang junior researcher dapat beragam. Salah satunya adalah menemukan atau mengembangkan suatu metode edukatif yang dapat diterapkan di dunia pendidikan Indonesia, khususnya dalam jenjang pendidikan dasar. Junior researcher umumnya bekerja dalam tim yang dibawahi suatu lembaga pendidikan. Namun, ada pula periset yang bekerja secara mandiri.

  • Educational Multimedia Developer

prodi BINUS UNIVERSITY

Media pembelajaran merupakan suatu elemen penting yang tak dapat dilepaskan dari kegiatan belajar-mengajar. Meski demikian, banyak pengajar Sekolah Dasar yang masih merasa kesulitan untuk mengembangkan media belajar yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Di sinilah peran seorang Educational Multimedia Developer dibutuhkan. Seluruh mahasiswa fakultas BINUS UNIVERSITY, termasuk Faculty of Humanities yang membawahi prodi PGSD, telah dibekali dengan keterampilan memanfaatkan dan mengembangkan sarana multimedia.

Dengan pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi tingkat tinggi, lulusan Primary Teacher Education pun dapat menggunakan keterampilan ini untuk mengembangkan media belajar yang tepat sasaran.

  • Konsultan Pendidikan

prodi BINUS UNIVERSITY

Konsultan pendidikan adalah jenis konsultan yang membantu memberikan perencanaan pendidikan kepada siswa, orang tua siswa, maupun lembaga serta organisasi kependidikan. Profesi ini menghadirkan layanan yang sama seperti halnya konselor di sekolah. Namun, konsultan pendidikan dapat bekerja secara mandiri tanpa perlu terlibat langsung dengan pihak sekolah atau lembaga tertentu.

Peran sebagai konsultan pendidikan dapat pula dipenuhi oleh lulusan PGSD BINUS UNIVERSITY. Sebagai tenaga pendidik profesional, lulusan prodi ini memiliki kemampuan untuk merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi kurikulum atau proses pembelajaran yang dihadapi oleh peserta didik. 

  • Tutor atau Trainer

prodi BINUS UNIVERSITY

Selain mengabdikan diri sebagai pengajar di tingkat Sekolah Dasar, alumni Primary Teacher Education dapat berperan pula sebagai tutor atau trainer. Lokasi mengajarnya pun tidak hanya terbatas di sekolah. Kamu bisa menjadi pengajar di sebuah lembaga bimbingan belajar maupun mendirikan institusi belajar sendiri dengan kurikulum yang dapat disesuaikan.

Sama halnya dengan jenis materi yang diajarkan. Tutor atau trainer memiliki kebebasan lebih dalam memilih materi serta melaksanakan proses pembelajaran. Profesi ini dapat dijalankan secara freelance maupun full-time.

Itulah beberapa pilihan karier yang membuka kesempatan lebar bagi lulusan PGSD BINUS UNIVERSITY. Dengan bekal akademis yang mumpuni serta keterampilan sebagai pendidik yang tak perlu diragukan lagi, sejumlah profesi di atas dapat dijalankan dengan profesionalitas tinggi. Kamu pun bisa turut membuktikan bahwa lulusan Primary Teacher Education bisa berkontribusi lebih luas di dunia pendidikan secara global.