Menjadi bagian dari Faculty of Humanities, English Literature adalah salah satu jurusan di BINUS UNIVERSITY yang paling banyak diminati. Pasalnya, banyak orang beranggapan bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa yang diterima secara luas dan dibutuhkan sebagai modal meniti karier selanjutnya. Lulusan perguruan tinggi dengan kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni juga dianggap sebagai lulusan yang bisa berkompetisi di dunia kerja nanti.

Hal ini dibuktikan oleh para lulusan English Literature BINUS. Teori kebahasaan serta penguasaan teknologi yang diterima semasa kuliah terbukti dapat mengantarkan mereka ke berbagai jenjang karier cemerlang di berbagai bidang. Berikut adalah beberapa di antaranya. 

  • Jurnalistik

BINUS UNIVERSITY

Jurnalistik merupakan bidang karier yang cukup menjanjikan bagi sejumlah jurusan BINUS UNIVERSITY, tak terkecuali dengan English Literature. Putri Gilang, alumni Sastra Inggris BINUS tahun 2008, menjadi bagian dalam sektor karier ini. Gilang menganggap bahwa fondasi pengetahuan bahasa asing dalam keterampilan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara adalah modal yang ia butuhkan untuk dapat berkarier sebagai seorang jurnalis.

Selain Gilang, masih banyak alumni lain yang berkiprah di dunia jurnalistik. Lulusan BINUS tahun 2012, Zilvia Iskandar, kini bekerja sebagai presenter dan pembaca berita di salah satu televisi swasta. Ia bahkan sempat meraih penghargaan sebagai Presenter Berita Terbaik dalam ajang bergengsi, Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia tahun 2017. 

  • Pariwisata

BINUS UNIVERSITY

Jenjang karier lain yang juga membutuhkan lulusan Sastra Inggris adalah bidang pariwisata. Rhea, lulusan English Literature BINUS tahun 2016, adalah salah seorang alumni yang bekerja di bidang ini. Dalam beberapa tahun terakhir, ia bekerja sebagai staf di Kementerian Pariwisata dalam sektor Sustainable Tourism Development

Rhea mengungkapkan bahwa masa kuliahnya memberikan bekal yang lebih dari cukup untuk jenjang karier yang ia geluti saat ini. Ia yang mengambil penjurusan khusus untuk English for Business Professional berkesempatan menjajal sejumlah mata kuliah seperti Public Relations dan Business Communication. Siapa sangka, beberapa mata kuliah tersebut justru menjadi modal utama bagi pengembangan kariernya.

  • Pendidikan

BINUS UNIVERSITY

Meski memiliki kurikulum yang sedikit berbeda dari program studi English Education di universitas lain, jurusan English Literature di BINUS UNIVERSITY kerap mencetak lulusannya menjadi pengajar atau tutor Bahasa Inggris. Hal tersebut menjadi bukti bahwa lulusan jurusan ini pun bisa turut bersaing dalam sektor pendidikan Bahasa Inggris yang menempati status sebagai bahasa asing di Indonesia.

Agnes, alumni English Literature BINUS tahun 2016, mendirikan English Language Center di Papua Barat dan menjadi pengajar aktif di lembaga tersebut. Menurutnya, pengetahuan dan pengalaman yang didapat selama masa studi menjadi bekal yang aplikatif bagi jenjang karier sebagai pendidik dan pendiri lembaga bahasa di bagian timur negeri ini.

  • Penerjemahan

BINUS UNIVERSITY

Penerjemah dan interpreter adalah pilihan karier yang umum digeluti oleh lulusan English Literature, begitu pula dengan alumni BINUS UNIVERSITY. Adinda, lulusan Sastra Inggris BINUS tahun 2017, kini bekerja sebagai penerjemah untuk sebuah firma hukum di Jakarta.

Menyelesaikan studinya selama 3,5 tahun, Adinda merasa beruntung dapat menjadi bagian dari jurusan English Literature BINUS. Selama masa perkuliahan, ia mendapatkan akses pengetahuan melalui mata kuliah yang menarik serta jajaran dosen yang menginspirasi. Pengalaman berkuliah juga menjadi motivasi baginya untuk berkarier sebagai penerjemah profesional.  

  • Editorial

BINUS UNIVERSITY

Tak sedikit pula alumni English Literature BINUS yang menjajaki titian karier dalam bidang editorial, baik sebagai editor penuh maupun paruh waktu. Salah satunya adalah Shannicka Tamar Manuhutu, atau yang lebih akrab disapa Deisha.

Pada saat berkuliah, Deisha sempat menjabat sebagai presiden HIMSI, yakni Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris BINUS. Ia juga mendapatkan kesempatan emas untuk berpartisipasi dalam program pertukaran pelajar di Amerika Serikat selama enam bulan. 

Deisha juga sempat bekerja paruh waktu sebagai editor di media berbahasa Inggris, The Jakarta Post. Saat ini, ia menjadi staf Public Affairs di Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia yang berlokasi di Gambir, Jakarta Pusat.

Beberapa jenjang karier yang disebutkan di atas hanya sebagian kecil dari banyaknya prospek yang ditawarkan. Lulusan English Literature BINUS UNIVERSITY juga dapat bersaing sebagai staf konsuler dan diplomat atau berkontribusi sebagai entrepreneur dalam industri kreatif. Intinya, kesempatan kerja yang luas dalam bidang karier yang beragam tersedia bagi kamu yang bergabung menjadi bagian dari jurusan ini.