BINUS UNIVERSITY

    Yuk, Simak Serunya Pengalaman Vito Jalani Internship

    Program internship alias magang menjadi bagian dari pengayaan mahasiswa oleh BINUS UNIVERSITY. Salah satu yang telah merasakan manfaatnya adalah Vito Christian Giovanni, mahasiswa prodi Computer Science Global Class. Lewat pengalaman Vito, kamu bisa mendapat informasi tentang program magang dan manfaat mengikutinya.

    Internship dan Pengalaman Mahasiswa

    Internship

    Vito mendaftar untuk mengikuti Program Enrichment lewat situs prodi Computer Science BINUS UNIVERSITY. Setelah mengajukan lamaran dan mengikuti wawancara, Vito secara resmi menjadi bagian dari program internship alias magang, salah satu dari beberapa jenis aktivitas yang ditawarkan. Vito mengikuti program magang selama satu semester di Nutrifood Indonesia.

    Selama magang, Vito memegang posisi dengan deskripsi kerja yang disesuaikan dengan kurikulum kampusnya. Selain memenuhi persyaratan kampus sambil bekerja, Vito mendapat ilmu seperti bahasa pemrograman baru. Aktivitasnya juga membuatnya harus bertemu banyak klien, sesuatu yang mengasah kemampuannya berkomunikasi.

    Selama magang, Vito memegang dua posisi dengan tugas berbeda, yaitu System Developer dan Business Analyst. Keduanya memberi bekal pengalaman dan pengetahuan yang dapat digunakan Vito setelah lulus program internship serta kuliah di BINUS UNIVERSITY.

    Internship sebagai Program Pengayaan

    Internship

    Sesuai dengan pengalaman Vito, internship merupakan bagian dari Program Pengayaan (Enrichment), salah satu program andalan BINUS UNIVERSITY. Program ini terdiri dari dua tahun kuliah di kampus asal, satu tahun di kampus di area berbeda, dan satu tahun program pilihan. Vito memilih program magang sebagai bekal kesiapan untuk dunia kerja terkait latar belakang pendidikannya di prodi Computer Science Global Class.

    Magang bukan satu-satunya program pilihan. BINUS UNIVERSITY juga menawarkan program lainnya seperti:

    • Penelitian

    Mahasiswa bisa bergabung dengan tim penelitian kampus dan mendapat bimbingan dari dosen serta tenaga ahli di dalamnya. Cocok untuk yang berminat pada bidang riset.

    • Kegiatan Masyarakat

    Mahasiswa yang berminat dengan kegiatan pengabdian masyarakat bisa mengikuti program Teach for Indonesia, salah satu inisiatif BINUS UNIVERSITY untuk pendidikan di Indonesia.

    • Kuliah di Luar Negeri

    Berminat belajar atau berkarier di luar negeri? Ikuti program tambahan berupa kuliah selama setahun di kampus asing yang bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY.

    • Memulai Bisnis

    Mahasiswa yang berminat pada dunia bisnis bisa memilih program bisnis rintisan (startup). Selain mendapat bimbingan dari dosen, kamu bisa bertemu dengan pemilik modal untuk membiayai proyekmu.

    Manfaat Ikut Program Internship

    Internship

    Dari berbagai program yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY, magang mendatangkan manfaat istimewa untuk mahasiswa. Berikut beberapa di antaranya.

    • Persiapan untuk Dunia Kerja

    Belajar di kampus tidak sama dengan menerapkan ilmu secara langsung di dunia kerja. Magang membantu mahasiswa belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Hal ini tidak hanya terkait lingkungannya, tetapi juga aktivitas penerapan ilmu dan wawasan secara langsung.

    • Belajar Berkomunikasi secara Profesional

    Komunikasi profesional adalah sesuatu yang harus kamu latih. Seperti pengalaman Vito, magang memberimu kesempatan untuk langsung berhadapan dengan para profesional dan bahkan klien perusahaan. Hal ini akan membuat mahasiswa langsung terbiasa dengan model komunikasi profesional segera setelah lulus.

    • Menjalin Koneksi dan Pertemanan Baru

    Magang memberi mahasiswa kesempatan bertemu dengan orang baru yang bisa menjadi teman, bahkan koneksi. Menjalin koneksi sejak sebelum lulus juga bisa menguntungkan mahasiswa saat lulus dan mencari kerja atau rekan bisnis.

    • Belajar Memecahkan Problem di Lapangan

    Memecahkan problem lewat contoh materi di kelas berbeda dengan menghadapinya langsung di lapangan. Dengan magang, mahasiswa seperti Vito bisa langsung berhadapan dengan tantangan yang membutuhkan solusi cepat.

    • Menambah Poin Positif di Resume

    Dunia kerja masa kini menghargai resume yang kaya pengalaman. Lulusan BINUS UNIVERSITY yang mengikuti magang bisa menambahkan pengalaman ini pada resume mereka. Hal ini akan memberi keuntungan ketika lulusan mencari kerja.

    Internship hanyalah satu dari beberapa bagian dari Program Pengayaan BINUS UNIVERSITY. Akan tetapi, magang memberi banyak keuntungan bagi mahasiswa yang memilihnya. Jadikan magang sebagai pilihan jika kamu berminat memasuki dunia kerja dengan kesiapan lebih.