Manajer yang memiliki skill mumpuni sangat dibutuhkan di berbagai bidang industri. Dengan pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan yang terpercaya, kamu bisa memperoleh jabatan dengan bayaran yang tinggi. Untuk menjadi seorang manajer, kamu harus mengambil jurusan management. Salah satu kampus dengan jurusan management terbaik saat ini adalah BINUS University.

Profesi manajer yang menjadi tanggung jawab lulusan jurusan management biasanya dibagi menjadi tiga tingkatan yakni manajer tingkat atas, tingkat menengah dan tingkat bawah. Selain menempuh pendidikan yang sesuai, seorang manajer juga dituntut memiliki kemampuan di bidang kepemimpinan, komunikasi, motivasi dan interpersonal.

Jika kamu tertarik untuk menempuh pendidikan di jurusan management, tersedia berbagai peluang karier yang bisa kamu pilih. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Management Consultant

Jurusan Management

Salah satu karier yang paling jelas untuk seorang lulusan management adalah menjadi seorang management consultant. Dengan posisi ini, kamu akan membantu bisnis meningkatkan kinerja dan berkembang dengan menyelesaikan berbagai masalah yang ada. Kamu juga akan diminta untuk memberikan saran ahli yang sifatnya objektif terkait struktur, strategi dan manajemen perusahaan.

Kamu perlu melakukan penelitian dan pengumpulan data untuk bisa mengidentifikasi berbagai masalah yang ada. Posisi ini melibatkan banyak tanggung jawab dan tekanan. Sering kali, seorang management consultant bekerja dengan pengawasan yang minimal. Jadi penting bagi kamu untuk memiliki stamina dan motivasi diri yang cukup.

Production Manager

Jurusan Management

Kalau kamu tertarik dengan bidang manufaktur dan ingin menggabungkannya dengan ilmu manajemen yang kamu punya, peran sebagai production manager atau manajer produksi mungkin cocok untuk kamu. Dengan posisi ini kamu bertanggung jawab untuk membuat perencanaan, melakukan koordinasi serta manajemen teknis dalam proses manufaktur.

Tanggung jawab yang dilimpahkan biasanya berbeda-beda, tergantung jenis industri, skala perusahaan dan sifat sistem produksinya. Namun yang pasti, kamu akan terlibat juga dengan sumber daya manusia dan material sekaligus.

Project Manager

Jurusan Management

Project manager atau manajer proyek bertanggung jawab untuk menyelesaikan sebuah proyek tepat waktu, sesuai anggaran dan sumber dayanya. Posisi yang dikenal dengan nama lain koordinator proyek ini dapat bekerja hampir di semua sektor dan perusahaan. Mulai dari industri kesehatan, konstruksi dan periklanan.

Tugas kamu adalah mencari tahu tujuan klien, memeriksa kelayakan proyek dengan melakukan analisis anggaran, tim dan sumber daya. Setelahnya, kamu juga akan bernegosiasi dengan kontraktor dan pemasok untuk memantau tujuan dan melakukan perubahan jika diperlukan. Semuanya kemudian dilaporkan kembali kepada manajer senior dan klien.

Risk Manager

Jurusan Management

Seorang manajer risiko bertugas untuk memberitahu perusahaan tentang risiko potensial yang dihadapi perusahaan terkait dengan profitabilitas, reputasi, keselamatan, keamanan bahkan keberadaan perusahaan itu sendiri. Setelah mengidentifikasi dan menilai risiko, risk manager akan menerapkan rencana dan proses untuk memastikan klien siap dengan semua risiko yang ada.

Posisi ini memerlukan peran yang sangat analitis. Kamu perlu mengetahui tujuan perusahaan, persyaratan hukum dan hal-hal lain yang berkaitan dengan sistem operasional perusahaan. Kamu juga perlu membangun hubungan dengan klien serta punya kemampuan presentasi yang baik untuk menyajikan laporan risiko yang dibuat di hadapan beragam klien.

Selain posisi-posisi di atas, jurusan management masih menyediakan beragam opsi profesi dengan penghasilan yang tidak kalah menjanjikan. Kamu bisa saja mengambil peran dalam retail management. Tugas kamu adalah memastikan agar proses bisnis dalam sebuah perusahaan ritel (seperti mall atau supermarket) dapat berjalan lancar. 

Kalau kamu punya minat di bidang keuangan dan punya kemampuan matematik yang baik, kamu bisa mengejar karier sebagai seorang akuntan forensik. Keterampilan yang diperoleh dari jurusan management juga akan berguna jika kamu ingin menjadi seorang human resource manager. Di posisi ini kamu akan membantu karyawan mengembangkan karier, menjaga hubungan dan meningkatkan kesejahteraan mereka sesuai dengan arahan perusahaan.

Itulah beberapa profesi yang bisa kamu geluti dengan berkuliah di jurusan management BINUS University. Tertarik mencoba?