BINUS UNIVERSITY

    Yuk, Cari Tahu tentang Industrial Engineering—Jurusan yang Menjanjikan Masa Depan Cerah!

    BINUS UNIVERSITY memiliki 48 program yang ditawarkan untuk calon mahasiswa baru. Salah satu program terbaiknya adalah Industrial Engineering. Selain akreditasi unggul BAN-PT dan akreditasi ABET yang ditawarkan, luasnya ketersediaan lapangan kerja juga menjadi kelebihan dari jurusan di BINUS UNIVERSITY ini.  

    Nah, bagi individu dengan ketertarikan pada disiplin ilmu sains, ada baiknya mempelajari Jurusan Industrial Engineering lebih lanjut. 

    Apa Itu Jurusan Industrial Engineering?

    Jurusan di Binus

    Industrial Engineering (Teknik Industri) berfokus pada bagaimana caranya merancang, mengatur, memodifikasi, mengaplikasikan, mengontrol, mengevaluasi dan meningkatkan kinerja sebuah sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, lingkungan, analisis keuangan, energi, dan informasi.

    Sistem integral tersebut bertujuan untuk menciptakan lingkungan industri yang efektif, efisien, dan produktif. Selain itu, dengan adanya manusia sebagai salah satu elemen dalam sistem, bidang ilmu Teknik Industri memang ditujukan sebagai jembatan penghubung antara perkembangan dunia industri dan kebutuhan hidup manusia.

    Karena luasnya cakupan target Jurusan Teknik Industri yang tergambar di atas, universitas tidak hanya membekali peserta didiknya keilmuan di bidang teknik saja, tetapi juga ilmu-ilmu sosial. Dengan kata lain, jurusan ini bisa disebut unik karena menerapkan pendekatan multidisiplin. 

    Sebagai contoh, bila mendaftar di Teknik Industri BINUS UNIVERSITY, kamu akan mempelajari beberapa bidang ilmu penting, antara lain Fisika, Kimia, Kalkulus, Bahasa Inggris, Biologi, Ekonomi Manajerial, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan, Linear and Discrete Mathematics, Probability Theory, Pengantar Pemrograman, Introduction to Database System, Environmental Engineering, dan sebagainya. 

    Sifatnya yang multidisiplin ini sejatinya menjadikan Program Studi Teknik Industri memiliki magnet tersendiri bagi calon mahasiswa. Pasalnya, ketersediaan peluang kerja lulusan menjadi sangat luas. Jadi, peran lulusan tidak hanya berkutat pada urusan pabrik saja. 

    Pilihan Profesi bagi Lulusan Industrial Engineering 

    Jurusan di Binus

    Peluang kerja alumni tidak terbatas. Hampir semua sektor perekonomian dan industri bisa jadi tempat para alumni teknik industri berkarya. Penghasilan masing-masing profesi sangat beragam berdasarkan tanggung jawab dan pengalaman. Akan tetapi, jika diambil nilai rata-rata, kamu setidaknya bisa mengantongi jutaan hingga puluhan juta rupiah per bulan.  

    • Industri Manufaktur 

    Di dalam industri manufaktur, seorang lulusan teknik industri bisa bertanggung jawab dalam berbagai bidang, seperti manajemen inventaris, logistik, manajemen operasi, manajemen produksi, dan bagian gudang. 

    • Penelitian dan Pengembangan

    Meneliti dan mengembangkan suatu sistem dan produk bukan hanya urusan akademisi. Anak-anak teknik industri pun bisa melakukannya. Umumnya, lulusan bertugas dalam hal analisis data, perlindungan dan pelestarian lingkungan, dan rekayasa faktor manusia. 

    • Industri Jasa

    Manajemen klien, commercial banking and real estate, konsultan keuangan, sistem kesehatan, dan konsultan SDM merupakan sedikit contoh dari layanan jasa yang dapat diberikan oleh alumni Program Studi Teknik Industri. 

    • Bisnis dan Manajemen

    Meski bertajuk “teknik”, alumni industrial engineering masih bisa bekerja dalam sektor bisnis dan manajemen. Lulusan biasanya bertanggung jawab atas persoalan strategi bisnis, investasi perbankan, analisis manajemen, manajemen proyek, dan pengembangan bisnis. 

    • Pendidikan

    Di bidang pendidikan, seorang alumni teknik industri bisa melakukan pengajaran, penelitian, dan konsultasi sebagai dosen di perguruan tinggi negeri atau swasta. Namun, kamu harus sudah menyelesaikan pendidikan Strata-II/Magister terlebih dahulu sebelum terjun di bidang ini. 

    • Teknologi Informasi 

    Ranah teknologi informasi pun bisa menjadi tempat untuk lulusan Program Studi Teknik Industri berkarya. Beberapa bidang yang bisa diisi oleh seorang alumni teknik industri adalah integrasi komputer, desain basis data, telekomunikasi, dan pengembangan web. 

    • Pengusaha

    Seorang lulusan Jurusan Teknik Industri sudah memiliki bekal yang cukup untuk mencoba membangun usaha sendiri. Pasalnya, kamu telah mempelajari seluk-beluk dunia industri, produksi, keuangan, dan tenaga kerja. 

    Tambahan lagi, BINUS UNIVERSITY juga telah membekali kamu dengan mata kuliah khusus entrepreneurship selama beberapa semester. Lalu, mengapa harus ragu untuk menjajal jadi pengusaha?

    Itulah tadi pembahasan singkat mengenai Industrial Engineering di BINUS UNIVERSITY. Jadi, apakah kamu sudah bisa menentukan program yang akan diambil, atau masih ingin mencari tahu pembahasan jurusan di BINUS lainnya?