Animasi adalah salah satu jurusan BINUS UNIVERSITY yang memiliki sejuta potensi sekaligus peluang. Sebagai bagian dari program Visual Communication Design, jurusan Animation tidak hanya menawarkan potensi di bidang seni dan hiburan, namun juga bidang lain seperti sains, kedokteran, pemasaran, pendidikan, dan sebagainya.

Industri animasi juga semakin berkembang dan menguntungkan setiap tahun. Pada tahun 2020, keuntungan industri animasi global mencapai sekitar 270 miliar Dolar AS. Hal ini didukung dengan tuntutan konsumen terhadap kualitas animasi yang lebih bagus dalam film, game, iklan, materi pendidikan dan pelatihan, dan sebagainya. Hal ini semakin meningkatkan potensi jurusan animasi, terutama di BINUS UNIVERSITY.

Potensi Karier Jurusan Animasi

Binus University

Sebagai kampus dengan standar pendidikan internasional, BINUS UNIVERSIY memastikan lulusannya memiliki potensi karier di berbagai bidang. Inilah beberapa contoh karier yang bisa kamu jajal:

  • Animator Game

Dalam industri game, animator bertugas menciptakan pergerakan dan efek khusus agar karakter mampu menjalankan perintah serta terlihat hidup di layar. Perkembangan industri game yang semakin pesat seiring bertambahnya minat membuat animator banyak dicari. Kamu bisa berkarier di perusahaan pengembang game di dalam maupun luar negeri.

  • Animator Tradisional

Animator tradisional banyak dicari oleh perusahaan pembuat animasi, namun peluang kariernya tidak terbatas pada dunia film saja. Kamu bisa berkarier di perusahaan media atau bisnis lain yang membutuhkan animasi tradisional untuk menciptakan materi, presentasi, iklan, dan produk lainnya. Selain keahlian menggambar dan menggunakan perangkat lunak terkait, kamu harus punya keahlian lain seperti kepandaian mengelola konten media sosial.

  • Staf Rumah Produksi

Rumah Produksi (PH) memiliki staf dengan beragam keahlian. Kamu bisa menyumbangkan keahlian sebagai animator untuk PH. Selain membantu dalam penggarapan materi tontonan, kamu berkesempatan untuk belajar berbagai aspek perfilman. Siapa tahu, di masa depan, kamu bisa membuat film animasimu sendiri!

  • Seniman Storyboard

Jika kamu ingin berkarier di dunia film, seniman storyboard bisa menjadi pilihan karier setelah lulus kuliah BINUS UNIVERSITY jurusan animasi. Tugas utamamu adalah mengolah isi naskah menjadi panel-panel gambar sebagai visualisasinya. Hal ini membantu para kru pembuat film untuk membawa cerita di dalam naskah ke dunia nyata.

  • Seniman Efek Khusus

Seniman efek khusus (FX artists) cukup banyak dicari dalam industri perfilman, media, dan desain. Pemilik keahlian ini biasanya mampu mengolah gambar 2D dan 3D menggunakan berbagai perangkat untuk menciptakan efek visual yang sulit diperoleh dari fotografi atau gambar konvensional. Kamu juga bertugas menciptakan kesan lebih hidup serta memperjelas makna dan tujuan sebuah konsep.

  • Produser Animasi

Produser animasi punya tugas berat dalam sebuah proyek. Selain mengetahui aspek teknis dari pembuatan animasi, produser harus memastikan sebuah proyek selesai tepat waktu, lengkap dengan hasil memuaskan tanpa melenceng jauh dari anggaran yang ditetapkan. Produser juga harus mampu menjembatani berbagai departemen dalam proyek agar komunikasi dan kerja sama lancar.

  • Desainer Karakter

Sesuai namanya, desainer karakter punya keahlian merancang karakter dari konsep mentah. Selain menciptakan versi visual dari konsep, desainer karakter juga bertugas “menerjemahkan” hal-hal seperti kepribadian, kondisi fisik, karakteristik, dan emosi karakter tersebut ke dalam gambar. Desainer karakter bisa bekerja di banyak tempat, misalnya rumah produksi, studio film atau animasi, dan penerbit.

  • Seniman Visualisasi 3D

Seniman visualisasi 3D (3D visualizer artist) punya keahlian membuat model tiga dimensi dalam berbagai ukuran, warna, proporsi, dan tekstur, lengkap dengan detail-detail sesuai konsep. Lulusan BINUS UNIVERSITY dengan keahlian ini bisa mendapat pekerjaan di berbagai bidang industri, seperti otomotif, arsitektur, desain interior, teknologi, komunikasi, dan bidang lain yang membutuhkan model 3D dalam pembuatan konsep.

Lulusan jurusan animasi tidak hanya memiliki kreativitas dalam menciptakan desain dan menggunakan perangkat, namun juga profesionalitas, kemampuan membaca pasar dan tren, hingga kemampuan berkomunikasi. Lulusan BINUS UNIVERSITY akan mendapatkan semua keahlian tersebut saat lulus, lengkap dengan kualitas pendidikan yang bisa diandalkan.