Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu jurusan yang disediakan oleh BINUS UNIVERSITY @Bandung. Melalui program ini BINUS UNIVERSITY berupaya menciptakan lulusan dengan kompetensi terbaik dan mampu bersaing di industri teknologi kreatif. 

Bicara mengenai peluang karier, pada situs resmi BINUS UNIVERSITY telah dijelaskan sejumlah profesi yang pas untuk alumni Visual Communication Design BINUS@BANDUNG atau yang biasa disebut DKV, misalnya Animator, Web Designer, Illustrator, dan Storyboard Artist. 

Di luar profesi yang telah disebutkan, tahukah kamu bahwa lulusan DKV BINUS@Bandung juga berpeluang menjadi UI Designer? Di tengah menjamurnya teknologi dan perusahaan berbasis start-up, saat ini potensi kerja sebagai UI Designer cukup menjanjikan. 

Buat kamu yang baru pertama kali mendengar profesi UI Designer, cari tahu lebih detail mengenai pekerjaan satu ini, yuk! 

Pengertian UI Designer

Binus

Dewasa ini User Interface Designer atau biasa disingkat sebagai UI Designer menjadi salah satu karier cemerlang bagi mereka yang menguasai skill desain. Sebagai seorang UI Designer, tugas utamamu adalah mempercantik penampilan user interface suatu produk digital. Pekerjaan tersebut tentu bukan hal yang sulit bagi lulusan DKV BINUS@Bandung, bukan?

Meski punya tanggung jawab penuh untuk membuat tampilan yang indah, namun desain yang dibuat tak boleh sembarangan. Pasalnya selain cantik, user interface yang dihasilkan juga harus mempermudah penggunaan produk. 

Beberapa komponen user interface yang menjadi perhatian utama seorang UI Designer adalah tipografi, tombol, layout, serta animasi bahkan warna yang akan diaplikasikan dalam user interface. Semua komponen tersebut harus dibuat semenarik mungkin supaya pengguna bisa menikmati produk yang kamu buat. 

Di lapangan, posisi UI Designer sering kali disamakan dengan UX Designer. Bahkan ada juga perusahaan yang merangkapnya menjadi satu posisi bernama UI/UX Designer. Padahal kalau dilihat lebih detail tanggung jawab menjadi UI Designer berbeda dengan UX Designer

Nah, biar lebih jelas mengenai perbedaan antara UI Designer dan UX Designer, baca ulasannya di bawah ini. 

Bedanya UI Designer dengan UX Designer

Binus

Seperti penjelasan sebelumnya, tujuan desain yang dibuat oleh UI Designer adalah mempercantik penampilan user interface suatu produk. Sementara itu, tugas UX Designer lebih fokus pada kepuasan pelanggan saat menggunakan produk tersebut.  

Untuk proses desain, baik UI Designer dan UX Designer sama-sama membutuhkan riset. Hanya saja UX Designer perlu melakukan riset pada target pengguna untuk mengetahui hal-hal apa saja yang disukai dan dibutuhkan. Sementara riset yang dilakukan oleh UI Designer lebih mengarah kepada tren desain atau cara membuat desain yang menarik.

Perbedaan terakhir antara UI Designer dan UX Designer adalah skill yang dikuasai. Seorang UI Designer harus mahir membuat desain grafis dan kreatif. Di sisi lain, seorang UX Designer dituntut menjadi pribadi yang bisa critical thinking, problem solving, creative thinking, dan analytical thinking. 

Meski punya tugas berbeda, bukan berarti hal tersebut menghalangi lulusan DKV BINUS@Bandung untuk menjadi UX Designer. Asal punya kemauan belajar yang kuat, kamu pasti mampu melakukannya. 

Prospek Karier UI Designer

Binus

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai UI Designer. Pertama, coba melamar ke perusahaan berbasis start-up baik yang bergerak di bidang e-commerce maupun agent travel online. Sebelum mengirim CV, jangan lupa siapkan portofolio terlebih dahulu, ya.  

Selain bekerja di perusahaan, kamu juga bisa menjadi freelance UI Designer dan menunggu calon klien menghubungimu. Bagaimana caranya? Kamu bisa mengakses situs dribbble.com, behance.net, atau uplabs.com untuk mengunggah hasil eksplorasi desain yang pernah kamu buat. Jika ada klien yang tertarik, mereka pasti akan menghubungimu melalui akun tersebut. 

Bila enggan menunggu, tak ada salahnya untuk menjemput bola dengan mengikuti bidding pekerjaan melalui situs yang mempertemukanmu dengan calon klien, seperti Freelancer.com atau Upwork.com. 

Dalam proses bidding pekerjaan, kamu akan bersaing dengan freelancer lainnya. Apabila calon klien tertarik dengan karya dan harga yang kamu tawarkan, mereka akan menghubungimu. Menariknya, dari bidding pekerjaan kamu bakal punya kesempatan untuk memperoleh gaji dalam mata uang Dolar, lho

Itulah penjelasan mengenai UI Designer sebagai peluang karier menjanjikan untuk lulusan DKV BINUS@Bandung. Buat kamu yang ingin menjadi UI Designer andal, kuliah jurusan DKV BINUS@Bandung bisa jadi pilihan. Silakan cek website BINUS UNIVERSITY untuk mengetahui kurikulum yang diajarkan.