Psychology atau psikologi bukan hanya studi tentang perilaku, tapi juga mengenai fungsi mental. Mereka yang bekerja di bidang ini menganggapnya sebagai sains, filsafat bahkan seni. Tujuan dari psikologi sendiri adalah untuk menjelaskan, memprediksi, mengontrol perilaku dan proses mental.

Ketika memutuskan untuk mengambil jurusan psikologi, penting untuk memahami banyak subbidang dan spesialisasi di dalamnya. Bidang psikologi ini meliputi statistik, organisasi, klinis, ilmu saraf, kognitif, perilaku, sosial, perkembangan hingga pendidikan. Jika kamu menjadi sarjana jurusan psikologi dari BINUS University, ada berbagai prospek karier yang tersedia. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Psikolog Klinis

Jurusan Psychology

Tugas seorang psikolog klinis adalah mendiagnosis, menilai dan mengelola kondisi klien. Penilaian bisa dilakukan dengan berbagai teknik termasuk wawancara, observasi dan tes psikometri. Setelah dinilai, kamu akan memberikan rencana perawatan yang mungkin dilakukan mencakup konseling atau terapi.

Kamu mungkin akan menghadapi klien individu dari berbagai rentang usia mulai dari anak-anak, remaja dan orang dewasa. Klien kamu juga mungkin adalah keluarga, pasangan maupun kelompok. Kamu juga akan bekerja sama dengan profesional lainnya seperti psikiater, pekerja sosial dan psikolog konseling untuk menangani masalah kompleks yang dihadapi klien.

Psikolog Konseling

Jurusan Psychology

Sebagai seorang psikolog konseling, kamu akan menggunakan teori dan riset psikologis untuk membantu klien yang mengalami masalah kehidupan yang sulit atau kondisi kesehatan mental. Beberapa masalah yang mungkin akan kamu tangani sebagai seorang psikolog konseling termasuk masalah trauma, kesulitan dalam menjalin hubungan, kekerasan dalam rumah tangga hingga pelecehan seksual. Sedangkan masalah mental yang mungkin akan dihadapi oleh psikolog konseling antara lain adalah gangguan kecemasan, depresi dan masih banyak lagi.

Psikolog konseling akan ditugaskan di berbagai tempat mulai dari sebagai konsultan di lembaga pendidikan, layanan kesehatan dan perawatan rumah sakit penjara dan lain sebagainya.

Advice Worker

Jurusan Psychology

Peluang kerja lain yang bisa kamu temukan saat memiliki ijazah jurusan psikologi adalah advice worker. Sebagai advice worker, kamu akan diminta memberikan saran yang tidak memihak dan sifatnya rahasia kepada klien terkait berbagai masalah mulai dari utang, pekerjaan dan masalah perumahan.

Tugas kamu adalah memberikan dukungan kepada klien dengan memberikan informasi dan saran yang berkualitas serta independen. Tujuannya adalah membantu mereka mengatasi masalah dan mencegah kondisi mereka menjadi lebih buruk.

Spesialis ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

Jurusan Psychology

Saat ini layanan dan fasilitas anak berkebutuhan khusus di Indonesia masih perlu mendapat perhatian. Dengan mengambil jurusan psikologi, kamu bisa memberikan sumbangsih dengan menjadi spesialis ABK. Tugas kamu adalah memberikan layanan edukasi untuk anak-anak difabel baik yang mengalami disabilitas mental maupun fisik.

Market Researcher

Jurusan Psychology

Kalau kamu adalah seorang individu yang punya kepercayaan diri tinggi dan memiliki keahlian dalam menganalisis data, kamu bisa mencoba tantangan menjadi market researcher. Di posisi ini tugas kamu adalah mengumpulkan informasi dan data untuk disajikan kepada klien. Informasi ini nantinya akan digunakan oleh klien untuk membuat berbagai keputusan terkait politik, sosial maupun ekonomi.

Kamu mungkin akan dipekerjakan secara langsung oleh sebuah perusahaan. Nantinya, kamu akan ditugaskan untuk mengumpulkan informasi tentang opini pelanggan, investasi hingga tren pemasaran. Mayoritas market researcher dipekerjakan oleh agen pemasaran dengan skala riset yang beragam. Pekerjaan mungkin akan dilakukan pada berbagai jenis proyek untuk bermacam perusahaan dengan sektor industri yang berbeda.

Dengan subbidang dan cakupan ilmu yang luas, jurusan psikologi tidak hanya akan memperkaya diri kamu dengan pengetahuan. Dengan mengambil jurusan psychology di BINUS University, kamu berkesempatan mencicipi berbagai peluang karier sesuai dengan minat dan keahlianmu.