Memiliki 9.770 warisan budaya tak benda (WBTB), Indonesia menjadi salah satu negara yang dianggap istimewa oleh dunia. Bahkan, UNESCO menyebut Nusantara sebagai negara super power budaya. Menurut organisasi tersebut, keragaman di Indonesia selalu memberikan inspirasi ide baru.

Mengingat begitu besar penghargaan dan kekaguman masyarakat dunia pada budaya Indonesia, penting bagi generasi muda untuk melestarikannya. Sherelyn—mahasiswa Desain Komunikasi Visual BINUS UNIVERSITY—adalah contoh anak muda yang melestarikan budaya Indonesia melalui karya desainnya.

Lalu, bagaimana perkembangan budaya Indonesia dalam seni visual? Apa yang menginspirasi Sherelyn dalam menciptakan karya desain visualnya? Yuk, baca terus artikel ini! 

Perkembangan Budaya Indonesia dalam Seni Visual

Kreatif

Sejak zaman prasejarah, seni visual muncul sebagai karya manusia yang hidup di masa itu. Karyanya berupa lukisan di dinding gua dengan mengambil objek alam, seperti sungai, gunung, dan hewan.

Bukti seni visual di zaman prasejarah juga terdapat di Taman Purbakala Leang-Leang, Maros, Sulawesi Selatan. Bentuk seni visualnya berupa gambar cap tangan manusia di dinding gua.

Memasuki zaman klasik, seni visual mulai dipengaruhi oleh budaya Hindu dan Buddha di Nusantara. Seni visual tersebut berbentuk arca dan relief di bangunan candi. Kamu bisa melihat contoh karyanya pada Candi Borobudur dan Prambanan.

Konsep seni visual pada zaman selanjutnya terinspirasi dari budaya Arab, yaitu kaligrafi. Unsur ini kerap dimasukkan ke dalam karya seni Nusantara, seperti keris, ukiran kayu, dan lukisan dinding istana.

Perkembangan seni visual berlanjut ke era modern ketika sebuah karya desain muncul dengan inovasi. Tidak hanya itu, desainer kekinian juga memasukkan unsur karakter, estetika, dan orisinalitas dalam setiap karyanya.

Karya seni visual di zaman modern pun telah membebaskan diri dari batasan-batasan pada era sebelumnya. Kelompok ini lebih eksperimental, kreatif, dan komunikatif. Selain itu, mereka sudah menggunakan teknologi untuk membantu proses pembuatan karya desain visual.

Sherelyn: Budaya Bali sebagai Inspirasi Pembuatan Karya Desain Visual

Kreatif

Bali adalah salah satu daerah di Indonesia yang melestarikan budaya lokalnya. Nuansa kultur tersebut makin menguat ketika diaplikasikan dalam arsitektur rumah warga, tradisi, hingga pakaian. 

Kendati demikian, perkembangan seni rupa Indonesia juga memberikan pengaruh pada seni visual Bali. Hal itu dapat dilihat dari seni visual Bali yang diaplikasikan ke dalam berbagai karya modern, seperti kain tenun, lukisan, produk spa

Dari segi estetika, karya seni Bali memiliki tiga unsur utama, yaitu taksu, becik, dan ngrawit. Unsur taksu menggambarkan kekuatan penampil, seperti topeng, wayang, dan pusaka. Pada unsur becik menekankan pada prinsip kesatuan dan keseimbangan. Sementara itu, ngrawit menonjolkan estetika yang indah, halus, dan rumit.

Meskipun makna unsurnya berbeda, estetika karya seni Bali cenderung menghindari ruang kosong. Ornamen-ornamen rumit sekalipun dituangkan dalam ruang kosong di sebuah karya seni visual.

Nah, estetika seni visual Bali yang unik tersebut ditangkap secara cerdas oleh Sherelyn sehingga menjadi karya menakjubkan. Ia berhasil mengeksplorasi konsep visual Nusantara dari budaya Bali secara total. Harapan BINUSIAN ini, karya desainnya bisa membuat Indonesia makin terkenal di dunia.

Sherelyn pun berupaya mewujudkan harapannya dengan mengembangkan pengetahuan desain komunikasi visual yang dipelajari selama kuliah. Ia menerapkan ide-ide kreatifnya ke dalam setiap karya desain visual. 

Salah satu ide kreatif Sherelyn terinspirasi dari kebudayaan Bali. Ia mengaplikasikan ide tersebut untuk membuat desain produk minuman ternama di Asia. Kesungguhan Sherelyn mengeksplorasi budaya Bali menjadi sebuah karya pun berhasil membawanya menjadi pemenang sebuah kompetisi.

 

Kamu ingin seperti Sherelyn? Mulai sekarang, pelajari secara mendalam seputar ilmu seni Nusantara dan desain visual. Sebagai tempat belajar, kamu bisa memilih BINUS UNIVERSITY yang memiliki Jurusan Desain Komunikasi Visual terbaik. 

Tunggu apa lagi? Daftar sekarang dan tunjukkan karya terbaik kamu untuk Indonesia!