Setelah lulus SMA/SMK, beberapa peserta didik pasti punya rencana untuk melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan. Jika kamu salah satunya, kira-kira kampus mana nih yang akan kamu pilih sebagai lokasi kuliah? Bagaimana bila menempuh pendidikan di BINUS UNIVERSITY? 

Sebagai kampus swasta nomor satu di Indonesia, BINUS UNIVERSITY selalu memberikan usaha terbaik agar mahasiswanya menjadi pribadi yang unggul dalam segi keilmuan, keterampilan, dan soft skill. Selain Jakarta Raya, kampus BINUS UNIVERSITY juga bisa ditemukan di kota besar lainnya seperti Bandung dan Malang. 

Di luar kota yang telah disebutkan, kamu masih bisa berkuliah di BINUS UNIVERSITY lewat program online learning dengan waktu yang lebih fleksibel. Cocok untuk kamu yang ingin kuliah sambil bekerja. 

Untuk pilihan jurusan, antar satu kampus BINUS UNIVERSITY dengan kampus lainnya berbeda. Supaya lebih jelas informasi terkait jurusan dapat diakses langsung di website BINUS UNIVERSITY.

Satu lagi keuntungan berkuliah di BINUS UNIVERSITY adalah kampus ini menawarkan program unggulan bernama program (2+1)+1. Berikut penjelasan lengkap terkait program (2+1)+1 beserta pengalaman salah satu BINUSIAN mengikuti program (2+1)+1. Simak, yuk!

Apa Itu Program (2+1)+1? 

Masa Depan

Demi menunjang kapabilitas mahasiswanya di masa depan, BINUS UNIVERSITY menyusun program (2+1)+1. Program ini memungkinkan BINUSIAN kuliah di kampus asal selama 2 tahun, 1 tahun kuliah di BINUS UNIVERSITY kota lain, dan 1 tahun menjalani program enrichment

Bicara mengenai program enrichment, strategi ini dirancang supaya mahasiswa memperoleh ilmu baru sekaligus melatih keterampilan. Program enrichment terbagi menjadi 5 kategori, yaitu penelitian, merintis bisnis, pengabdian sosial, studi ke luar negeri, dan magang di perusahaan. 

Di antara 5 kategori di atas BINUSIAN bebas menentukan program enrichment mana yang akan dipilih sesuai dengan tujuan jangka panjang masing-masing. 

Sekarang mari kita simak pengalaman BINUSIAN mengikuti program (2+1)+1, yuk!

Pengalaman Agathacia Melinda Mengikuti Program (2+1)+1

Cerita kali ini datang dari Agathacia Melinda, seorang mahasiswi jurusan Creativepreneurship dari BINUS UNIVERSITY @Bandung. Pada program enrichment, dari 5 kategori yang ada, mahasiswi satu ini memilih entrepreneurship track atau merintis usaha. 

Selama mengikuti entrepreneurship track mahasiswa akan dibina dan dipersiapkan membangun konsep sekaligus menjalankan bisnisnya mulai dari nol. Dengan begitu mereka bisa mendapatkan pengalaman nyata menjadi seorang pengusaha. 

Bagi Agathacia, ia sangat menikmati aktivitasnya menjalani entrepreneurship track karena ada banyak ilmu bisnis yang didapatkan. Selama 1 tahun mengikuti program enrichment ia mendapat bimbingan penuh dari dosen dan mentor bisnis yang memiliki minat sama dengan industri bisnis yang ia jalankan.

Dari mentornya pula ia mendapatkan pengetahuan baru lewat pengalaman merancang bisnis dari nol sampai menjadi stabil. Agathacia juga mengungkapkan bahwa ia pernah mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan investor melalui kegiatan Pitching Investor yang digelar oleh BINUS UNIVERSITY. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa program ini turut melatih mental dan skill leadershipnya dalam menghadapi situasi tak menentu selama berbisnis. 

Pengalaman positif lain yang ia dapat dari program (2+1)+1 adalah mendapatkan networking baru dan lebih visioner terhadap bisnis yang sedang dirintis supaya bisa terus berinovasi dan berkembang di masa depan.

Terakhir, ia menyampaikan pesan bagi mahasiswa lain yang akan mengikuti program enrichment. Agathacia berpesan agar menggunakan kesempatan ini untuk mengembangkan soft skill dan hard skill sebaik-baiknya. Usahakan memilih kategori yang bisa mendukung impian atau rencana jangka panjang. 

Nah, bagi mahasiswa yang tertarik merintis bisnis, entrepreneurship track bisa jadi pilihan terbaik. Apalagi kamu akan dibimbing oleh dosen dan mentor berpengalaman. 

Itulah deskripsi singkat mengenai program (2+1)+1 beserta cerita salah satu BINUSIAN yang pernah mengikuti program ini. Jika kelak menjalani program enrichment, dari kelima kategori yang ada opsi mana nih yang paling menarik perhatianmu? 

Sebelum menjawab pastikan kamu telah mempertimbangkan  pilihan tersebut dengan saksama, ya. Sebab bila pilihanmu tepat sasaran bukan tidak mungkin program tersebut menjadi sumbangsih terbesar dalam menentukan kesuksesan kariermu di masa depan.