Ada yang pernah dengar tentang jurusan business analytics? Salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini adalah BINUS UNIVERSITY. Di Indonesia, jurusan ini tergolong baru. Nah, seperti apa yang akan dipelajari di jurusan ini, dan bagaimana prospek karier ke depannya?

Gabungan antara Bisnis dan Statistik

Business Analytics

Menurut Omnisci, analitik bisnis adalah proses ketika bisnis menggunakan metode statistika dan teknologi untuk menganalisis data dan menciptakan konsep yang strategis dalam menjalankan bisnis. 

Perpaduan antara praktik bisnis dan teknologi inilah yang membuat business analytics merupakan salah satu jurusan yang akan berkembang pesat ke depannya. Pasalnya, saat ini semua bisnis bergerak menuju arah digital dengan teknologi yang berkembang secara dinamis. 

Para business analyst yang nantinya akan membantu perusahaan mengambil keputusan dalam langkah bisnis demi kemajuan perusahaan. Hal tersebut bisa berarti mengenai produk, promosi, pembuatan anggaran, atau layanan pelanggan. Umumnya, inilah yang biasanya dilakukan oleh seorang analis bisnis:

  • Membuat analisis bisnis prediktif. Perusahaan yang baru saja memulai bisnis akan membutuhkan analisis mengenai produk apa yang akan membawa keuntungan. Sementara itu, perusahaan yang sudah memiliki produk juga memerlukan analisis ini demi mendapatkan pandangan tentang bagaimana produk bisa diperbaiki agar memenuhi kebutuhan konsumen. 
  • Menganalisis anggaran. Anggaran dibuat oleh berbagai divisi dalam sebuah perusahaan. Tugas seorang analis bisnis adalah memeriksa apakah anggaran yang dibuat sudah sesuai dan sudah dimaksimalkan untuk mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. 
  • Melakukan monitor dan mengevaluasi. Baik dalam segi pengembangan produk, pemasaran, dan anggaran, perusahaan perlu secara berkala mengevaluasi semua langkahnya. Inilah yang dilakukan analis bisnis dengan menggunakan alat dan data yang ada. 
  • Visualisasi data. Dalam business analytics, kemampuan untuk menyajikan data menjadi bentuk yang mudah dimengerti seperti grafik, diagram, dan bagan merupakan kemampuan dasar. Ini menjadi tugas business analyst agar data yang ia analisis bisa dicerna oleh seluruh pemangku kepentingan dan pengambil keputusan. 

Cukup banyak yang bisa dilakukan oleh seorang analis bisnis dalam sebuah perusahaan. Biasanya, penempatannya akan disandingkan dengan bagian research dan development serta pengembangan pemasaran. 

Apa Saja Prospek Kariernya?

Business Analytics

Dengan kemampuan analisis, komunikasi, teknologi, dan riset, seorang lulusan business analytics bisa ada di salah satu dari posisi berikut:

  • Data Analytics
  • Decision Consultant
  • Research Analyst
  • Value Optimization
  • Research and Development
  • Data Management

Bukan hanya pada perusahaan yang berfokus pada bisnis dan produk, seorang analis bisnis juga diperlukan pada sektor lain seperti pemerintahan, pelayanan publik, perbankan, dan pemasaran umum. Sebab, tujuan utamanya bukan hanya mendatangkan keuntungan bagi perusahaan melalui analisis, tetapi juga memberikan yang terbaik bagi konsumen serta memelihara kualitas perusahaan. 

Karena termasuk disiplin ilmu yang cukup baru, ke depannya ahli analisis bisnis akan semakin dibutuhkan. Terlebih lagi karena perusahaan saat ini, apa pun skalanya, perlu beradaptasi dengan cepat karena zaman yang lebih cepat berganti. 

Kualitas Diri yang Perlu Dikembangkan

Business Analytics

Ketika kamu belajar di jurusan ini, kamu akan mendapatkan pembahasan yang lebih mendalam dari sekadar bisnis dan strateginya. Kamu akan mempelajari bidang seperti pengembangan bisnis, implementasi analisis sistem informasi, metode riset dalam sistem informasi, entrepreneurship, fundamental servis dan media sosial, serta pembentukan karakter. 

Kalau kamu memilih untuk belajar business analytics di BINUS UNIVERSITY, kamu bahkan akan mendapatkan kesempatan untuk belajar secara praktikal selama dua semester di semester 6 dan 7 melalui enrichment program. Ini adalah waktu untuk kamu belajar analitik bisnis dari ahlinya, menerapkan ilmu secara langsung, serta melihat bagaimana ilmu ini digunakan pada perusahaan. 

Selain itu, penting untuk kamu mengembangkan soft skill yang akan menunjang kamu dalam karier. Soft skill yang akan kamu butuhkan adalah rasa penasaran yang mendalam akan sebuah masalah, problem solving, kemampuan bekerja dengan orang lain, komunikasi yang baik, serta keinginan untuk berbagi informasi.

Kalau kamu merasa prospek karier ini menarik, mungkin business analytics adalah jurusan yang cocok untuk kamu!