Tujuan utama menempuh pendidikan di perguruan tinggi berkualitas seperti BINUS UNIVERSITY adalah mendapatkan masa depan cerah. Lulusan perguruan tinggi, tak hanya memperoleh peluang kerja lebih besar. Ditambah lagi, kalau kamu berkuliah di jurusan yang alumninya benar-benar dibutuhkan, memperoleh gaji tinggi bukanlah impian belaka. 

Berkuliah di jurusan kekinian adalah solusi yang dapat kamu pertimbangkan kalau ingin memperoleh kemudahan mencari pekerjaan. Berbeda dengan program studi konvensional, jurusan kekinian dirancang sehingga mampu memenuhi kebutuhan lapangan kerja terkini. Oleh karenanya, tenagamu bakal dibutuhkan dan dicari oleh banyak perusahaan. 

Lalu, jurusan kekinian apa saja yang bisa kamu pilih? Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu dapat memilih berkuliah di BINUS UNIVERSITY. Kampus swasta terbaik Indonesia ini menyediakan beberapa pilihan jurusan kekinian dengan kurikulum pendidikan berkualitas serta pengajar-pengajar ahli di bidangnya yang bisa membantumu, termasuk di antaranya adalah: 

  • 1. Data Science

Binus University

Kalau kamu adalah pribadi yang menyenangi perkembangan teknologi canggih, pilihan berkuliah di Data Science BINUS UNIVERSITY adalah keputusan tepat. Jurusan kekinian ini akan mendorong kamu untuk belajar lebih lanjut tentang big data. Seperti diketahui, big data merupakan salah satu kecanggihan teknologi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. 

Mahasiswa jurusan Data Science punya kemampuan dalam melakukan teknis analisis serta simulasi big data secara mendalam. Di sini, kamu akan memperoleh pembekalan tentang cara mempelajari berbagai jenis data bisnis yang telah dikumpulkan. Data yang dikumpulkan jumlahnya sangat banyak, dan terbagi menjadi berbagai bentuk data. 

Sekilas, data-data tersebut mungkin terlihat acak dan tak mempunyai makna tertentu. Oleh karena itu, proses analisisnya perlu menggunakan teknik data mining yang tidak hanya dapat membantu kamu memahami kinerja bisnis. Namun, pemakaian teknik ini juga dapat membantu perusahaan mengidentifikasi peluang baru. 

Lulusan Data Science punya pilihan karier yang beragam. Kamu dapat memilih karier sebagai data analyst yang punya tanggung jawab utama melakukan aktivitas analisis data. Selain itu, peluang kerja sebagai data scientist dengan deskripsi pekerjaan lebih kompleks juga sangat pas untuk lulusan Data Science

Lebih lanjut, kamu dapat pula memanfaatkan kemampuan analisis data dengan menjadi seorang business analyst. Tanggung jawab seorang business analyst hampir mirip dengan data analyst. Kamu bertanggung jawab dalam melakukan analisis data, khususnya adalah data perilaku konsumen dan data pasar.

Tak ketinggalan, ada pula peluang karier menjanjikan sebagai data engineer. Peran seorang data engineer sangat krusial dalam era industri 4.0. Tanggung jawab utama data engineer adalah berkaitan dengan infrastruktur data perusahaan. Namun, data yang perlu kamu hadapi bukan data biasa, melainkan big data yang memiliki jumlah yang sangat banyak. 

  • 2. Business Analytic

Binus University

Jurusan di BINUS UNIVERSITY yang mengajarkan cara pengolahan big data tidak hanya Data Science. Ada pula pertimbangan program studi lainnya, yaitu Business Analytics. Mahasiswa jurusan Business Analytics akan mendapatkan pembekalan tentang cara melakukan analisis data dan memanfaatkannya untuk keperluan bisnis. 

Kurikulum jurusan Business Analytics BINUS mengajarkan kepada para mahasiswa untuk berpikir secara kritis. Kemampuan tersebut kemudian dikombinasikan dengan keahlian dalam hal analisis untuk melakukan transformasi bisnis dengan memanfaatkan data. Selanjutnya, pihak perusahaan bisa memanfaatkan keahlian ini dalam upaya menjawab tantangan bisnis yang tengah dihadapi.

Peluang kerja yang dimiliki oleh alumni Business Analytics BINUS sangat banyak, apalagi seiring dengan meningkatnya pemanfaatan teknologi big data oleh berbagai perusahaan besar. Pilihan karier yang bisa dijalani oleh alumni jurusan ini di antaranya adalah data management manager, research analyst, data analyst, dan lain sebagainya.

  • 3. Visual Communication Design

Binus University

Berikutnya, kamu dapat mempertimbangkan jurusan kekinian Visual Communication Design. Program studi ini mengajarkan para mahasiswa cara melakukan komunikasi visual yang efektif menggunakan teknologi terkini. Saat berkuliah di jurusan Visual Communication Design BINUS @Malang dan @Bandung, kamu akan dihadapkan pada tiga pilihan bidang minat, yaitu: 

  • New media. Bidang minat new media mendorong para mahasiswa untuk lebih memfokuskan pembelajarannya dalam aspek desain digital, media cetak, dan interaktif. Penerapan kemampuan ini dapat dilakukan untuk keperluan branding, ilustrasi, tipografi, desain web, fotografi, serta desain informasi. 
  • Creative advertising. Kalau kamu punya pemikiran yang kreatif dan ingin terjun dalam industri periklanan, pertimbangkan untuk memilih bidang minat creative advertising. Di sini, kamu akan memperoleh bekal pembelajaran tentang cara pengembangan kreativitas dalam upaya mengeksplorasi ide serta bentuk komunikasi visual untuk iklan. 
  • Animation. Terakhir, kamu dapat memilih bidang minat animation. Sesuai namanya, mahasiswa bidang minat animation akan didorong untuk terbiasa bekerja dengan animasi, khususnya 3D.

Prospek kerja lulusan Visual Communication Design sangat beragam. Terlebih lagi, industri kreatif saat ini tengah berkembang dan memerlukan kehadiran tenaga baru yang punya kreativitas tinggi. Kamu bisa menjalani karier sebagai seorang ilustrator, desainer karakter, desainer website, animator, dan lain sebagainya.

  • 4. Game Application and Technology

Binus University

Ada pula pilihan jurusan kekinian Game Application and Technology. BINUSIAN dari jurusan ini punya keahlian dalam membangun berbagai jenis game keren dan canggih. Saat berkuliah di sini, kamu akan memperoleh dukungan fasilitas yang sangat lengkap, termasuk di antaranya adalah laboratorium canggih dengan komputer berspesifikasi tinggi dan studio khusus untuk keperluan edit audio. 

Setiap mahasiswa jurusan Game Application and Technology akan memfokuskan pembelajaran terkait game art, game design, serta game programming. Selain itu, kamu juga akan memperoleh bekal pembelajaran tentang dasar-dasar teknologi digital secara mendalam. Dengan modal kemampuan teknologi yang kuat, kamu bisa memaksimalkan kreativitas dalam upaya menciptakan desain game yang unik.

Kemampuan dalam teknologi game yang kamu dapatkan dari jurusan kuliah ini bisa mengantarkanmu pada berbagai pilihan karier menjanjikan. Kamu bisa menjadi seorang game developer, game consultant, game director, game designer, dan lain sebagainya. Tak menutup kemungkinan, kamu juga dapat menempuh karier sebagai seorang entrepreneur, lho!

  • 5. Cyber Security

Binus University

Terakhir, kamu dapat memilih kuliah di jurusan unik, anti-mainstream, dan kekinian, yakni Cyber Security BINUS UNIVERSITY. Sesuai dengan namanya, jurusan ini mengajarkan tentang berbagai cara melakukan tindakan pengamanan di dunia digital. Tenaga para alumni jurusan Cyber Security banyak dibutuhkan, apalagi angka kejahatan di dunia cyber terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. 

Keahlian yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan Cyber Security dapat menjamin keamanan data penting dari perusahaan. Pilihan karier dari alumni Cyber Security juga sangat banyak. Kamu dapat memilih pekerjaan sebagai seorang penetration tester, information security analyst, secure software developer, cyber intelligence officer, computer security architect, dan lain sebagainya.

Nah, itulah lima pilihan jurusan kekinian yang dapat menjawab keraguan kamu dalam memilih jurusan kuliah dengan prospek kerja menjanjikan. Kalau ingin tahu lebih lanjut tentang lima program studi tersebut, kamu bisa ikut acara BINUS Education Virtual Expo (BEVE) 2021 yang akan berlangsung pada 24-27 Maret. Banyak info menarik yang bisa kamu dapatkan di sini, lho! Ditambah lagi, siapa saja boleh ikut dan tidak dipungut biaya, alias gratis.