Kuliah di perguruan tinggi ternama dan berkualitas seperti BINUS UNIVERSITY memberi jaminan masa depan yang lebih baik. Terlebih lagi, kamu bisa menemukan banyak pilihan jurusan di BINUS UNIVERSITY. Salah satunya adalah program studi finance yang dapat kamu jumpai di BINUS UNIVERSITY @Greater Jakarta. 

Jurusan Finance BINUS UNIVERSITY termasuk salah satu program studi yang keberadaan alumninya sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Tak hanya dibutuhkan, tetapi kamu juga bakal memiliki peran sentral serta punya potensi gaji tinggi. Beberapa pilihan karier yang bisa kamu peroleh di antaranya adalah: 

  • 1. Financial Analyst

Jurusan di BINUS UNIVERSITY

Peluang kerja menjanjikan pertama dari lulusan jurusan di BINUS UNIVERSITY yang satu ini adalah sebagai financial analyst. Profesi ini termasuk sebagai salah satu jenis pekerjaan favorit di era modern seperti sekarang dan memiliki tingkat persaingan sangat tinggi. 

Tugas seorang financial analyst sangat penting, yakni merekomendasikan keputusan bisnis perusahaan. Untuk bisa memberi penilaian yang objektif, kamu perlu mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti status keuangan, tren pasar, kekuatan finansial sektor bisnis, jenis transaksi yang dilakukan perusahaan, dan lainnya. 

  • 2. Investment Analyst

Jurusan di BINUS UNIVERSITY

Lulusan Finance BINUS UNIVERSITY juga dapat memanfaatkan kemampuannya untuk menjadi seorang investment analyst. Dibandingkan dengan financial analyst, lingkup tanggung jawab seorang investment analyst terbatas hanya pada aktivitas investasi. Dalam melaksanakan tugasnya, kamu bakal sering bepergian. Oleh karena itu, tak heran kalau pekerjaan ini sangat populer di kalangan anak muda. 

Dalam praktiknya, seorang investment analyst kerap bekerja pada niche spesifik, seperti sektor industri, aset, atau wilayah tertentu. Kamu perlu melakukan riset yang mendalam dan selanjutnya mempresentasikannya kepada manajer investasi. Dalam pelaksanaannya, kamu juga perlu berkolaborasi dengan anggota tim lain untuk bisa memperoleh insight dan memberikan rekomendasi keputusan investasi yang tepat. 

  • 3. Broker

Jurusan di BINUS UNIVERSITY

Lulusan finance juga memberi peluang bagi kamu untuk bekerja sebagai broker. Tugas utama seorang broker adalah menjadi perantara antara penjual dengan pembeli dalam sektor investasi. Sebagai broker, kamu punya tanggung jawab yang luas, meliputi analisis pasar, menjaga relasi dengan klien, dan menjalankan transaksi. 

  • 4. Bankir profesional

Jurusan di BINUS UNIVERSITY

Bekal kuliah jurusan di BINUS UNIVERSITY juga bisa kamu manfaatkan untuk meniti karier sebagai bankir profesional. Di Indonesia, profesi bankir memiliki tingkat persaingan yang relatif rendah dan menawarkan gaji tinggi. Tugas dan tanggung jawabnya pun beragam, berkaitan dengan pemasaran produk bank, investasi, analisis kelayakan pemberian kredit, dan lain sebagainya.

  • 5. Risk Analyst

Jurusan di BINUS UNIVERSITY

Jurusan di BINUS UNIVERSITY yang satu ini juga bisa jadi jembatan kamu untuk menjalani profesi risk analyst. Tugasnya adalah melakukan penilaian risiko keuangan perusahaan yang mencakup berbagai aspek, seperti biaya operasional perusahaan, investasi, dan lain sebagainya. 

Berkaitan dengan tugas risk analyst, kamu bakal terlibat dalam berbagai aktivitas penting perusahaan. Kamu dapat membantu mengusulkan penggunaan teknologi dan strategi baru berkaitan dengan manajemen dan analisis risiko. Kamu juga perlu hadir dalam proses peninjauan kontrak ataupun dokumen bisnis dalam rangka identifikasi risiko. 

  • 6. Treasurer

Jurusan di BINUS UNIVERSITY

Kamu juga bisa memilih karier sebagai seorang treasurer yang bekerja di sektor perbankan. Jabatan ini memiliki peran vital di dalam perusahaan. Kamu punya tanggung jawab mengelola uang sehingga tidak muncul risiko likuiditas. Beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan sebagai seorang treasurer adalah cash forecasting, tata kelola modal kerja, cash management, investment management, fund raising, serta risk management.

  • 7. Auditor

Jurusan di BINUS UNIVERSITY

Terakhir, lulusan jurusan di BINUS UNIVERSITY juga berpeluang menjadi seorang auditor. Tugas auditor yang utama adalah melakukan proses audit laporan keuangan. Untuk menjalankan tanggung jawab tersebut, kamu tidak hanya perlu memiliki tingkat kecermatan tinggi. Namun, kamu juga perlu menjaga independensi dan bersikap objektif. 

Nah, itulah prospek karier yang bisa kamu peroleh ketika memilih berkuliah di jurusan Finance BINUS UNIVERSITY.